10 Cara Kondusif Menurunkan Darah Tinggi / Hipertensi


Image Source: pintasehat.com

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit lantaran naiknya tekanan darah pada pembuluh darah dalam periode waktu yang cukup lama. 

Kenaikan tekanan darah disebabkan oleh penyempitan pembuluh sehingga menimbulkan timbunan lemak dan zat–zat lain. Bagaimana cara menurunkan darah tinggi?

Cara menurunkan darah tinggi

1. Dengan berolahraga

Bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan cepat? Berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit per hari dalam seminggu, sanggup menjadi cara menurunkan darah tinggi secara perlahan namun pasti. Karena bila kau berhenti berolahraga, maka tekanan darahmu akan meningkat kembali. Olahraga yang sanggup kau coba untuk menurunkan tekanan darah ialah jalan, joging, bersepeda, berenang, dan lain-lain. Sehingga sanggup meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan efisiensi jantung. Kombinasi tersebut akan mengurangi tekanan darah kamu.

2. Menjaga berat badan

Menjaga berat tubuh ialah cara menurunkan darah tinggi sehabis melaksanakan olahraga. Menjaga berat tubuh yang sehat untuk tipe tubuh kau sanggup membantu menjaga tekanan darah. Oleh lantaran itu, membuang berat tubuh berlebih sangat penting sebagai keberhasilan dari cara menurunkan darah tinggi

3. Kurangi konsumsi garam

Bagaimana cara menurunkan darah tinggi? Mengurangi garam dan meningkatkan konsumsi potasium atau kalium sanggup menurunkan tekanan darah. Potasium sanggup mengurangi imbas garam terhadap tubuh serta mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Potasium banyak terdapat di makanan olahan susu menyerupai yoghurt, ikan, buah menyerupai pisang dan jeruk, dan sayuran berupa kentang, tomat, dan bayam. Tetapi setiap orang memiliki respon berbeda terhadap garam.

4. Hindari stres

Bagaimana cara menurunkan darah tinggi dikala hamil? Menghilangkan stres sangat penting bagi kesehatan tekanan darah. Cara mencegahnya dengan mengetahui pemicu stres dan cara untuk menghilangkannya. Seperti menonton, mendengarkan musik, jalan-jalan, dan banyak lagi. Dan berfikir yang konkret saja supaya stres tidak menjadi berlebih.

5. Berhenti merokok

Merokok sanggup memicu tekanan darah dan meningkatkan detak jantung. Dalam jangka panjang, zat kimia pada tembakau sanggup meningkatkan tekanan darah dengan merusak dinding pembuluh darah dan mempersempit arteri.
Mulai dari kini berhentilah merokok lantaran sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

6. Beraktivitas di luar ruangan

Cara menurunkan darah tinggi lainnya ialah dengan beraktivitas di luar ruangan supaya kulit terkena sinar matahari. Berdasarkan sebuah studi di tahun 2014, ditemukan bahwa ketika kulit terkena sinar matahari, reaksi kimia tersebut akan mengakibatkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun.

7. Kurangi makanan berlemak

Mengurangi makanan berlemak dan cepat saji sanggup menurunkan darah tinggi, lantaran didalam makanan tersebut mengandung banyak garam dan lemak yang berlebih sehingga sanggup memicu darah Anda menjadi naik. Mulai kini kurangilah makanan berlemak dan cepat saji.

8. Batasi minuman yang berkafein

Bagaimana cara menurunkan darah tinggi secara alami? Kafein dalam teh, kopi, soda, dan coklat sanggup merangsang tubuh menghasilkan aneka macam hormon yang sanggup pengaruhi tekanan darah. Maka sebaiknya Anda batasi porsi minuman-minuman ini. Anda sanggup menggantinya dengan susu atau jus buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Ini ialah cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

9. Minum jus seledri

Seledri sudah usang digunakan di dalam penyembuhan tradisional China untuk cara menurunkan darah tinggi dengan alami. Penelitian sudah menunjukan bahwa minum jus seledri setiap hari menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini didukung oleh tingginya kalium, mineral serta antioksidan yang ada di dalam seledri. Seledri juga diketahui mengurangi hormon stres yang sanggup menimbulkan pembuluh darah mengerut.

10. Makan cokelat

Makan cokelat juga menjadi cara menurunkan darah tinggi. Tapi, konsumsilah cokelat dengan porsi sedikit, lantaran makan cokelat dalam jumlah banyak mungkin tidak akan membantu jantung Anda. Studi menemukan bahwa kakao kaya flavonoid yang sanggup meningkatkan beberapa tanda kesehatan jantung dalam jangka pendek, termasuk menurunkan tekanan darah. Untuk lebih baiknya gunakan abu cokelat murni, yang sangat tinggi dalam flavonoid dan tidak mengandung gula.