10 Manfaat Air Tebu Yang Penting Untuk Tubuh


Image Source: pixabay.com/sugar-cane-licorice-stimulant-276242/
Air tebu mungkin tidak gila lagi bagi masyarakat indonesia sebagai pelepas dahaga di siang hari.
Selain menyegarkan tebu mengandung nutrisi penting menyerupai karbohidrat, protein, dan mineral yang mencakup fosfor, kalsium, zat besi, zinc, dan kalium. 

Selain manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari air tebu ini. Apa manfaat air tebu?

Manfaat air tebu untuk kesehatan

1. Merawat kulit

Salah satu komponen dalam air tebu yakni asam alfa hidroksi, khususnya asam glikolat yang telah dikaitkan dengan imbas antioksidan pada kulit. Bila dikonsumsi secara teratur, manfaat air tebu sanggup membersihkan peradangan kulit dan infeksi. Khasiat air tebu lainnya juga sanggup mengurangi tanda-tanda penuaan menyerupai kerutan, noda, perubahan warna, dan bekas luka.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Air tebu sanggup meningkatkan kadar kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan mangan dalam tubuh. Sumber mineral tersebut merupakan komponen penting untuk memperkuat tulang Anda. Dengan begitu, air tebu sanggup mencegah berkembangnya osteoporosis. Mengonsumsi air tebu secara rutin sanggup menciptakan tulang Anda tetap berpengaruh seiring bertambahnya usia.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Apa manfaat air tebu untuk kesehatan? Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi air tebu murni sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol, baik kolesterol LDL dan trigliserida. Hal ini yang juga sanggup melindungi kesehatan jantung Anda dan mencegah terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah seiring bertambahnya usia.

4. Mengurangi stres dan membantu tidur 

Air tebu mengandung beberapa asam amino yang sanggup menyeimbangkan kadar hormon stres. Asam amino juga sanggup membantu Anda mengatasi persoalan sulit tidur. Dengan mengonsumsi air tebu, Anda sanggup tidur lebih nyenyak dan menciptakan pikiran Anda lebih tenang.

5. Mengendalikan tekanan darah

Apakah khasiat air tebu? Kandungan kalium dalam air tebu ternyata bisa mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga sanggup menurunkan atau mengendalikan tekanan darah secara efektif. Selain itu, air tebu juga sanggup mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Air tebu sanggup membantu Anda untuk merangsang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga sanggup mencegah abuh khusunya pada lambung, hati, dan jalan masuk pernapasan. Karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada air tebu juga sanggup membantu mencegah timbulnya penyakit kronis menyerupai kanker prostat dan kanker payudara.

7. Menjaga kesehatan ginjal

Beberapa penelitian telah memperlihatkan bahwa mengonsumsi air tebu sanggup mengurangi ririko terjadinya abuh jalan masuk kemih dan watu ginjal. Hal ini dikarenakan manfaat air tebu sebagai detoksifikasi badan dan juga sanggup melindungi fungsi sentra detoksifikasi tubuh.

8. Sebagai pengganti gula pasir untuk diabetes

Air tebu mengandung gula alami yang mempunyai indeks glikemik yang rendah, dibandingkan gula olahan. Sehingga boleh dikonsumsi untuk pasien diabetes. Bagi orang yang tidak mempunyai diabetes tipe 2, air tebu bergotong-royong sanggup menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah, bila dikonsumsi secukupnya. Namun, bila Anda mempunyai diabetes tipe 2, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi air tebu ini.

9. Menambah energi

Apa kegunaan dari air tebu? Glukosa alami dalam air tebu sanggup membantu meningkatkan energi pada badan Anda. Tebu mengandung sebuah senyawa aktif dan glukosa alami yang sanggup meningkatkan energi untuk tubuh. Glukosa dan senyawa elektrolit dalam tebu bisa meningkatkan energi alasannya mendorong metabolisme dalam tubuh. Selain itu, zat gula menjadi salah satu penambah energi yang paling besar terutama ketika trend panas.

10. Merawat kandungan ibu hamil

Apa manfaat air tebu untuk ibu hamil? Banyak peneliti yang menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi air tebu selama kehamilan. Pada ibu hamil, manfaat air tebu yakni meningkatkan metabolisme, memperbaiki pencernaan, dan mengurangi tanda-tanda morning sickness. Selain itu, air tebu akan memperlihatkan energi sepanjang hari untuk ibu hamil, alasannya indeks glikemiknya yang rendah.

Air tebu juga sanggup meningkatkan sistem kekebalan badan ibu hamil secara alami, daripada minum obat-obatan atau antibiotik. Air tebu juga sanggup menghilangkan tanda-tanda sembelit serta keluhan yang lain.
Related Posts