Cara Efektif Mengatasi Perut Kembung


Image Source: myagarpac.com

Setiap orang niscaya pernah mengalami duduk perkara perut kembung, tetapi banyak orang kebingungan mencari obat perut kembung yang tepat. 

Kembung disebabkan oleh pembengkakan aneh atau peningkatan diameter di kawasan perut, sehingga perut terasa sangat penuh dan mengakibatkan sakit perut. Bagaimana cara mengatasi perut kembung?

Cara mengatasi perut kembung secara alami

1. Cukup minum air

Bagaimana cara mengatasi perut kembung pada anak? Kembung merupakan tanda bahwa makanan tidak dicerna dengan benar oleh tubuh. Kurangnya asupan air sanggup mengakibatkan perut kembung berlebihan. Cara mengatasi perut kembung yang pertama yaitu dengan minum beberapa gelas air putih untuk membantu dalam menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Jangan mengonsumsi minuman bersoda sebagai pengganti asupan air. Sebagai gantinya, cobalah menambahkan sedikit jeruk limau dan lada hitam yang dicampurkan ke air minum.

2. Kurangi mengonsumsi garam

Apa cara mengatasi perut kembung? Perut kembung sanggup diatasi dengan mengurangi konsumsi garam. Banyak cara yang sanggup Anda lakukan untuk mengurangi asupan garam. Utamakan untuk mengonsumsi makanan segar ketimbang yang diproses. Banyak produk makanan dan buah segar yang rendah kandungan garam.
Berhati-hatilah ketika Anda menentukan pengganti garam. Beberapa makanan yang tinggi kandungan potasium mungkin sanggup membantu mengurangi beberapa duduk perkara terkait konsumsi garam, tapi hal ini justru sanggup mengakibatkan duduk perkara pada ginjal atau jantung.

3. Hindari minuman cantik beralkohol

Cara mengobati perut kembung tradisional ini cukup menghindari minuman yang mengandung alkohol. Waspadai pula konsumsi gula pengganti, menyerupai sorbitol, xylitol, maltitol, isomalt, laktitol, manitol, eritritol dan hydrogenated starch hydrolysates (HSH) yang cenderung menambah rasa kembung.

4. Dengan berolahraga

Cara mengatasi perut kembung dengan cepat tidak perlu resah mencari obat perut kembung, lantaran Anda hanya perlu sedikit bergerak ketika perut terasa kembung. Jangan pernah melewatkan waktu olahraga, jikalau perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman. Olahraga yaitu solusi yang sudah terbukti ampuh mengatasi setiap jenis gangguan pencernaan lantaran membantu mengatur sistem tubuh.

5. Berhenti merokok

Orang yang merokok menelan lebih banyak udara daripada mereka yang tidak. Semakin sering seseorang merokok, semakin banyak udara yang mereka telan. Tentu saja ada banyak manfaat kesehatan lain untuk berhenti merokok. Orang-orang yang memakai rokok elektrik juga menelan lebih banyak udara, jadi menghindari rokok elektrik juga sanggup membantu mengatasi perut kembung.

6. Hindari makanan yang digoreng

Batasi atau bahkan hindari makanan yang digoreng dan makanan mengandung banyak lemak yang sanggup memperlambat pencernaan, sehingga mengakibatkan gas menumpuk dalam perut. Jika Anda terus merasa kembung, maka mungkin saja Anda mengalami duduk perkara kembung kronis dan sanggup menjadi sesuatu yang serius menyerupai penyakit celiac.

7. Pijat perlahan

Bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi? Pijat perlahan perut bayi dengan gerakan searah jarum jam sanggup membantu mengatasi perut kembung pada bayi. Anda juga bsia mengusap-usap punggungnya dengan meletakkan bayi di pangkuan Anda dengan posisi bayi tengkurap.
Gerakan pijat bayi lain yang sanggup dilakukan untuk perut kembung pada bayi yaitu dengan melaksanakan gerakan menyerupai mengayun sepeda. Ayunkan kaki si kecil menyerupai sedang mengendarai sepeda.

8. Menggunakan lemon

Cara mengatasi perut kembung dengan materi alami yaitu memakai buah lemon. Memasukkan beberapa irisan lemon ke dalam minuman memang menawarkan rasa yang menyegarkan. Bukan hanya itu, ternyata lemon juga membantu menstimulasi jalan masuk pencernaan. Ketika pencernaan kuat, badan akan mengurai makanan dengan lebih baik, menyerap lebih banyak nutrisi, dan mencegah perut kembung.
Related Posts