10 Manfaat Buah Markisa Sebagai Antioksidan Sampai Menjaga Kesehatan Jantung


Image Source: pixabay.com/@MissSuki

Markisa termasuk jenis buah yang memanfaatkan bijinya untuk dikonsumsi. Buah ini punya rasa yang asam berpadu dengan anggun sehingga mempunyai sensasi menyegarkan.

Apalagi bila diminum dalam keadaan hambar pada siang hari. Apa manfaat buah markisa untuk kesehatan? Simak klarifikasi perihal buah markisa beserta keuntungannya berikut ini.

Manfaat buah markisa untuk kesehatan

1. Mengandung banyak antioksidan

Apa manfaat makan buah markisa? Markisa mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akhir radikal bebas. Markisa kaya akan vitamin C, beta-karoten, dan polifenol yang berfungsi untuk melindungi tubuh semoga terhindar dari peradangan kronis, penyakit jantung dan kanker. Selain itu, mengonsumsi markisa bisa menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah penuaan dini.

2. Sumber serat untuk tubuh

Buah markisa mempunyai kandungan serat yang tinggi. Satu buah markisa mengandung serat larut sekitar 2 gram. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan susukan pencernaan, sehingga susukan pencernaan ibarat usus jadi higienis dan terhindar dari sembelit. Selain itu, buah markisa juga bisa dijadikan obat pencahar ringan.

3. Mengurangi serangan asma

Apakah khasiat buah markisa? Buah markisa bisa meredakan serangan asma. Karena markisa mengandung vitamin C yang membantu dalam memblokir histamin yang mengakibatkan tanda-tanda asma. Penelitian terbaru telah menerangkan bila buah markisa yakni obat mujarab untuk para penderita asma.

4. Mencegah infeksi

Kandungan vitamin C dalam buah markisa mempunyai antioksidan yang membantu tubuh mencegah dan melawan penyakit serta infeksi. Hal ini juga mempercepat penyembuhan luka dengan melaksanakan perbaikan jaringan tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Jus markisa sanggup membantu menurunkan berat tubuh alasannya yakni rendah kalori (97 kalori per 100 g), natrium, dan lemak. Selain itu, markisa kaya akan karbohidrat dan gula alami sehingga bisa menurunkan kolesterol dan mempercepat proses pemulihan tubuh dengan memenuhi asupan energi akhir berolahraga.

6. Membantu tidur lebih nyenyak

Jus markisa mempunyai imbas menenangkan saraf sehingga bisa merelaksasikan pikiran Anda. Hal semacam ini tentunya sangat membantu para penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur pulas. Oleh karenanya, segelas jus markisa sebelum tidur bisa menciptakan para penderita insomnia tidur lebih nyenyak.

7. Baik untuk kesehatan jantung

Apa manfaat buah markisa bagi tubuh? Buah markisa mengandung flavonoid dan asam fenolat yang bermanfaat melindungi jantung. Buah markisa bisa mengendalikan kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kolesterol jahat menyumbat arteri dan meningkatkan tekanan pada jantung.

8. Dapat mencegah anemia

Apa manfaat buah markisa? Kandungan zat besi yang ada di dalam buah markisa tak hanya berfungsi untuk kesehatan tulang namun juga untuk mencegah anemia. Zat besi yang terkandung dalam buah markisa sanggup memperlancar pembentukan sel darah merah yang ada dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan sel darah merah cenderung akan gampang kelelahan ataupun sering mencicipi pusing secara tiba-tiba. Oleh jadinya rajin mengkonsumsi buah markisa sanggup mencegah kita dari anemia.

9. Mengatur tekanan darah

Masih bekerjasama dengan darah, kali ini buah markisa juga sanggup membantu kita dalam mengatur tekanan darah. Patut untuk diketahui, rutin mengkonsumsi satu buah markisa setiap hari sanggup membantu kita untuk memenuhi seperempat dari kalium yang diharapkan manusia. Kalium merupakan mineral penting yang diharapkan oleh tubuh insan alasannya yakni kiprahnya sebagai vasodilator.

10. Menjaga kesehatan tulang

Apa manfaat buah markisa untuk ibu hamil? Buah markisa kaya akan mineral, ibarat fosfor, besi, magnesium, dan tembaga. Mengkonsumsinya sanggup meningkatkan kepadatan tulang akan mineral dan menciptakan tulang menjadi lebih kuat. Tulang yang berpengaruh dan sehat sangat penting untuk ibu hamil terutama ketika mendekati waktu kelahiran. Mengonsumsi buah markisa juga membantu mencegah atau mengurangi tanda-tanda osteoporosis dan nyeri sendi.