8 Manfaat Minyak Kayu Putih, Ternyata Dapat Jadi Obat Infeksi Juga


Image Source: cdn.idntimes.com

Minyak kayu putih mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Baunya yang khas menciptakan orang yang menghirupnya menjadi lebih damai dan lebih fresh. Namun, selain manfaat tersebut, ternyata minyak kayu putih menyimpan manfaat lain yang lebih banyak lagi dan mungkin belum Anda ketahui. Apa saja manfaat minyak kayu putih?


Manfaat minyak kayu putih

1. Penyembuhan luka

Minyak kayu putih mengandung materi aktif menyerupai citronellol, citronellal, dan 1,8-cineole, yang membuatnya berfungsi sebagai antibakteri. Mengoleskan minyak kayu putih di area sekitar luka sanggup melindungi luka terbuka atau tempat yang teriritasi dari infeksi yang disebabkan oleh mikroba dan paparan udara. Dengan kandungannya ini, minyak kayu putih biasanya ditambahkan pada beberapa produk plester untuk mengobati infeksi atau luka pada kulit. Selain itu, krim untuk menyembuhkan luka pun banyak yang mengandung minyak kayu putih di dalamnya.

2. Penghilang rasa sakit

Manfaat minyak kayu putih sebagai pereda rasa sakit atau analgesik alami sudah cukup terkenal. Menggunakan minyak ini untuk penggunaan luar maupun dalam bisa meredakan rasa sakit apa pun. Ketika sedang sakit gigi atau mengalami infeksi di gigi, cobalah teteskan minyak kayu putih ini untuk segera meredakan rasa sakitnya. Bagi yang sering sakit kepala, manfaatkanlah minyak esensial ini. Pijatkan minyak kayu putih ke dahi, dan Anda akan mencicipi kelegaan eksklusif tanpa harus minum obat kimiawi.

3. Penurun demam

Minyak kayu putih punya dua cara dalam hal menurunkan demam. Pertama, minyak ini melawan infeksi-infeksi yang menciptakan suhu badan kita meningkat. Kemudian berusaha menyingkirkan infeksi dari dalam tubuh, minyak ini juga merangsang kelenjar-kelenjar keringat yang sanggup membantu mendinginkan suhu badan kita.

4. Perawatan kulit

Apa manfaat minyak kayu putih untuk wajah? Minyak esensial kayu putih berfungsi sebagai astringen ampuh sehingga layak dijadikan perawatan kulit rutin kita. Kemampuan antibakteri yang dimilikinya bukan cuman sanggup mencegah infeksi dan noda di kulit, tetapi juga membantu meratakan serta mencerahkan warna kulit kita. Bahkan, minyak kayu putih sering dijadikan salah satu materi dari produk kosmetik dan krim antiseptik.

5. Menghilangkan nyeri sendi

Penelitian memperlihatkan bahwa minyak kayu putih sanggup membantu meringankan nyeri pada persendian. Pemakaian minyak kayu putih direkomendasikan untuk Anda yang menderita rematik, sakit pinggang, terkilir, otot kaku, pegal-pegal, dan nyeri saraf. Mengoleskan minyak kayu putih pada tempat sendi atau otot yang terasa nyeri dan memijatnya sanggup membantu meringankan tekanan dan nyeri pada sendi dan otot tersebut. Karena minyak kayu putih mempunyai imbas relaksasi pada sistem saraf dan otot. Minyak kayu putih sanggup meningkatkan ajaran darah pada area yang terasa nyeri sehingga sanggup mengurangi peradangan.

6. Meredakan problem pernapasan

Apa manfaat menghirup minyak kayu putih? Minyak kayu putih sanggup meredakan problem pernapasan, menyerupai batuk, pilek, sakit tenggorokan, asma, bronkitis, dan sinusitis. Menghirup uap minyak kayu putih  juga sanggup meringankan pilek dan hidung tersumbat. Karena kandungan antibakteri dalam minyak kayu putih sanggup menghilangkan basil pada kanal pernapasan. Uap minyak kayu putih juga sebagai dekongestan apabila dihirup sanggup membantu mengurangi hidung tersumbat dan tanda-tanda bronkitis. Selain dengan cara dihirup, mengoleskan minyak kayu putih ke penggalan dada dan tenggorokan juga bisa meredakan tanda-tanda batuk dan pilek.

7. Menebalkan rambut

Apa manfaat minyak kayu putih untuk rambut? Minyak kayu putih punya kandungan yang bisa membersihkan dan meremajakan kulit kepala sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Kayu putih juga membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga racun tidak menumpuk di kulit kepala supaya akar rambut mendapat nutrisi serta oksigen yang cukup untuk tumbuh. Minyak kayu putih juga bersifat anti-inflamasi, antibakteri sehingga akar rambut berpengaruh dan tidak gampang rontok.
Caranya:
  • Campur 2 sdm minyak zaitun dan 10 tetes minyak kayu putih di mangkuk, hangatkan di atas air panas. 
  • Jangan dihangatkan di atas api atau microwave, nutrisinya akan hilang. 
  • Cuci rambut dan keringkan. 
  • Kemudian oles pada kulit kepala yang sudah bersih. 
  • Pijat-pijat sebentar supaya meresap.
  • Bungkus rambut yang sudah dioles minyak dengan handuk berair yang hangat. 
  • Biarkan kurang lebih 20 menit, dan keramas lah. 
  • Lakukan 3-4 kali seminggu secara rutin. 
  • Minyak kayu putih juga menawarkan kenyamanan pada kulit rambut lantaran mendinginkan dan menyegarkan.

8. Menghilangkan jerawat

Apa manfaat minyak kayu putih untuk jerawat? Minyak kayu putih bersifat anti-inflamasi (anti radang) dan anti-bakteri sehingga bisa membunuh basil pada jerawat dengan baik. Minyak kayu putih membantu membunuh basil di permukaan dan dalam pori-pori, membantu meredakan infeksi merah pada jerawat yang meradang dan membantu mengeringkan jerawat dengan cepat.
Caranya:
  • Bersihkan dahulu wajah Anda dengan basuh muka.
  • Lalu ambil minyak kayu putih dan oleskan pada jerawat dengan cotton bud. 
  • Biarkan sampai minyak kayu putih mengering, oles lagi 2-3 kali jikalau minyak mengering.

Itulah beberapa manfaat dari minyak kayu putih yang bisa didapatkan. Semoga artikel ini membantu.