9 Manfaat Labu Kuning


pixabay.com/@stevepb

Labu kuning di Indonesia sering diolah menjadi kolak selama bulan puasa. Sedangkan di luar negeri, labu kuning diukir dan dijadikan hiasan ketika halloween. Ternyata flora berwarna orange ini mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh lantaran kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Apa manfaat labu kuning bagi kesehatan? 

Manfaat labu kuning bagi tubuh

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi labu kuning menjadi salah satu cara memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda untuk menangkal aneka macam macam penyakit. Kandungan vitamin A yang terdapat pada labu bisa membantu tubuh melawan infeksi, virus dan penyakit menular.  Bahkan, minyak labu membantu melawan aneka macam nanah basil dan jamur. Karena labu kuning mengandung hampir 20 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan, hal ini bisa membantu Anda pulih dari pilek lebih cepat dimusim hujan.

2. Mencegah kanker

Apa manfaat labu kuning? Kandungan beta-karoten yang tinggi pada labu selain untuk mata dan kulit, juga ternyata membantu melawan kanker. Penelitian mengatakan orang yang mengonsumsi masakan yang kaya beta-karoten mempunyai risiko lebih rendah terhadap beberapa jenis kanker, terutama kanker prostat dan kanker paru-paru. Kandungan dari antioksidan dari vitamin A dan C dalam labu kuning bertindak sebagai pelindung sel dalam tubuh Anda dalam melawan radikal bebas penyebab kanker.

3. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan folat, karotenoid, dan magnesium di dalam labu kuning membuatnya sangat baik bagi kesehatan jantung anda. Magnesium akan bekerja sebagai relaksan pembuluh darah sehingga sanggup menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung. Selain itu, labu kuning juga sanggup mencegah terjadinya aterosklerosis yaitu suatu keadaan di mana dinding pembuluh darah arteri mengeras akhir penumpukkan lemak pada dinding dalamnya.

4. Menurunkan tekanan darah

Labu kuning sangat kaya akan kalium. Mengonsumsi masakan yang mengandung kalium, sama pentingnya dengan mengurangi asupan natrium untuk menurunkan tekanan darah. Asupan kalium ke dalam tubuh juga mengurangi kemungkinan Anda untuk terjangkit stroke, pembentukan kerikil ginjal dan mempertahankan kepadatan tulang. Selain labu, masakan lain yang mengandung kalium yang tinggi ialah nanas, tomat, jeruk, bayam, dan pisang.

5. Mempercantik kulit

Manfaat labu kuning lainnya ialah merawat kecantikan kulit. Labu kuning kaya akan aneka macam vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang diharapkan tubuh semoga tetap sehat dan muda. Lebih dari itu, buah yang satu ini juga bisa menimbulkan kulit selalu kenyal dan lembut. Kandungan beta-karoten dalam labu menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV. Itu sebabnya, mengonsumsi masakan yang kaya akan beta-karoten sanggup menciptakan Anda lebih abadi muda.

6. Menajamkan penglihatan

Apa manfaat sayur labu kuning? Kandungan beta-karoten yang terdapat di dalam labu, menimbulkan buah ini kaya akan vitamin A. Beta-karoten, yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, berfungsi untuk membantu retina menyerap dan memproses cahaya. Pasalnya penurunan fungsi retina bisa mengakibatkan kebutaan bila tidak ditangani dengan baik. Selain itu, labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang bisa membantu mencegah katarak dan bahkan memperlambat perkembangan degenerasi makula.

7. Rendah kalori dan tinggi serat

Apa manfaat makan labu kuning? Jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan, labu kuning bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk dijadikan masakan diet. Selain rasanya yang lezat – menyerupai ubi jalar, labu kuning juga membantu Anda menurunkan berat tubuh lantaran rendah kalori dan karbohidrat. Tidak hanya itu, mengonsumsi labu kuning akan menciptakan kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan labu mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi yang berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan. Dengan merasa kenyang lebih lama, maka Anda sanggup terhindar dari aneka macam kudapan yang akan menciptakan Anda gemuk.

8. Menjaga sistem pencernaan

Apa manfaat labu kuning untuk bumil? Seperti halnya jenis sayuran lain, labu juga mempunyai kandungan serat tinggi yang sangat berkhasiat untuk menjaga sistem pencernaan dan menghindarkan gangguan menyerupai sembelit dan lain sebagainya. Fungsi lain dari serat ialah menjaga berat tubuh si ibu hamil semoga tetap berada dalam ukuran normal dan wajar.

9. Memberikan nutrisi penting  

Apa manfaat labu kuning untuk bayi? Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam labu sangat cocok untuk perkembangan balita. Kalsium dan magnesium membantu membangun tulang kuat, zat besi untuk memproduksi hemoglobin atau sel darah merah, fosfor untuk fungsi pencernaan, fungsi otak, pembentukan protein, keseimbangan hormon, dll.  Vitamin C ialah unsur gizi penting untuk sistem kekebalan yang kuat, sementara vitamin A ialah untuk penglihatan mata yang lebih baik .


Itulah beberapa apa manfaat labu kuning bagi kesehatan? yang bisa didapatkan dengan mengonsumsinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.