Cara Berguru Main Gitar Mandiri, Lengkap Dengan Foto Dan Video Tutorialnya


Cara Belajar Main Gitar Mandiri, Lengkap dengan Foto dan Video Tutorialnya (foto: Andiborneo)

Jika melihat ada orang lain, sahabat atau saudara yang mahir bermain gitar, kadang kita merasa ngiri.

Kamu tidak perlu khawatir, pada artikel ini kau akan berguru hanya perlu paling usang sekitar dua pekan, sehabis itu kau akan menjadi gitaris yang handal.

Alat musik gitar sangat terkenal di kalangan kaum muda sekarang. Alat musik ini sanggup menghasilkan banyak sekali musik terkenal yang tentunya sudah tidak abnormal di indera pendengaran kita. Semua genre musik selalu menggunakan alat musik ini untuk menambah keindahannya, mulai dari musik dangdung, pop, jezz, rock, indie, metal, dan yang lainnya tidak pernah lepas dari efek gitar.

Selain itu, gitar juga sanggup memberi kesan keren bagi yang memegangnya (tentu juga memainkannya). Lihat musisi yang memegang gitar ketika berada di sebuah konser, ia akan terlihat lebih keren dengan memainkan alat musik ini.

Tidak hanya musisi, namun orang biasa yang sanggup memainkan alat musik ini juga terlihat keren. Apalagi ketika sedang nongkrong bersama teman, kita sanggup menghangatkan suasana dengan bernyanyi diiringi bunyi musik dari gitar.

Nah dalam artikel ini kita akan mengulas mengenai cara belajar main gitar dengan mudah kususnya bagi kau yang masih pemula. Kamu tidak perlu beli buku berguru main gitar, sekolah atau les untuk sanggup memainkannya.

Belajar gitar itu ialah suatu masalah yang susah tapi praktis loh. Terkadang ada orang yang telah mempunyai talenta untuk sanggup bermain gitar sehingga sangat praktis ketika berguru gitar. Namun ada pula orang yang kurang berbakat dalam bermain gitar sehingga pada ketika berguru gitar agak sulit untuk menguasainya.

Yang pasti, tak ada yang tak mungkin bagi orang yang mau belajar. Yakin deh, apalagi kalau kau melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Nah, berikut akan kami paparkan tips-tips belajar main gitar untuk pemula yang wajib kalian perhatikan supaya kau cepat sanggup dan benar-benar handal sebagaimana kami kutip dari moondoggiesmusic.co.

Kunci Dasar Gitar untuk Pemula



Cara berguru main gitar awal, umumnya gitar biasanya mempunyai 6 senar, dimulai dari senar paling bawah yang paling kecil, hingga paling atas yang paling besar. 2 jenis gitar yang paling sering digunakan, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Pada dasarnya kedua jenis gitar tersebut mempunyai nada yang menyerupai pada setiap senarnya. Yang membedakan keduanya, yaitu pada tuning nya. Berikut sinar gitar yang menghasilkan nada,
  • Senar 1 (paling bawah) menghasilkan nada E’ → 1 : E’
  • Senar 2 (atasnya senar 1) menghasilkan nada B → 2 : B
  • Senar 3 (atasnya senar 2) menghasilkan nada G → 3 : G
  • Senar 4 (atasnya senar 3) menghasilkan nada D → 4 : D
  • Senar 5 (atasnya senar 4) menghasilkan nada A → 5 : A
  • Senar 6 (paling atas) menghasilkan nada E → 6 : E

Kunci dasar pada gitar dibagi menjadi 2, yaitu kunci dasar atau biasa dan kunci dasar gitar minor. Kunci utama yang paling sering dipakai ialah C mayor, G mayor, A mayor, E mayor, dan D mayor. Tiap kunci mempunyai penempatan jari pada senar yang berbeda. Agar lebih praktis kau sanggup melihat tutorial gambar atau video.

Kunci Dasar C


Kunci gitar C menyerupai Pada Gambar diatas, pastinya kau sanggup mencobanya secara belajar sendiri di rumah.

Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.



Kunci Dasar D



Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.



Kunci Dasar E



Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.



Kunci gitar F


Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.



Kunci Dasar G



Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.



Kunci Dasar A



Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.



Kunci Dasar Dm



Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.



Kunci Dasar Em



Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.



Kunci Dasar Am



Berikut pada gambar di bawah ini cara-cara pemposisian atau penempatan posisi jari.



Jika kau ingin segera menguasai cara bermain gitar ini, maka yang paling penting ialah kau harus konsisten dan rajin latihan kunci-kunci di atas.

Setelah kalian paham seluk beluk mengenai kunci dasar gitar, waktunya juga kau perlu memahami seluk beluk gitar.


Bermain Gitar untuk Pemula

Ada beberapa hal yang harus kau perhatikan jikalau ingin berguru gitar. Belajar gitar tidak sanggup secara instant, butuh proses yang panjang dan kerja keras.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan berguru gitar untuk pemula.

Kenali bagian-bagiannya



Gitar akustik maupun gitar elektrik semuanya terbuat dari kayu dan logam. Senar gitar yang dilapisi logam, tersebut akan bergetar untuk menghasilkan nada-nada. Tubuh kayunya akan meresonansi bunyi semoga menghasilkan nada-nada khas gitar.
  • Bagian leher gitar berupa kayu panjang, datar di satu sisi (disebut papan fret) melengkung di sisi lainnya. Untuk menandai beberapa nada, pada papan fret diberikan garis-garis metal (garis fret).
  • Senar pada gitar akan melewati kepala gitar dan biasanya dipasangkan pada kenop penyetop yang sanggup diputar untuk mengencangkan atau melonggarkan senar. Senar juga melewati bab bridge untuk dipasangkan pada badan gitar.
  • Gitar akustik mempunyai lubang bunyi di tubuhnya, lubang tersebut berfungsi meresonansi suara. Pada gitar listrik terdapat 3 elemen pickup magnetis yang akan memberikan bunyi ke amplifier.
: 5 Hal Ini Bikin Kamarmu Layaknya Studio Musik, No 5 Wajib Kamu Siapkan!

Pegang Gitar dengan Benar



Kamu harus mengetahui bagaimana memegang gitar yang benar, sebelum kau bermain gitar patikan kau sudah memegangnya dengan benar. Jika kau tidak kidal, kau sanggup menggunakan tangan kiri untuk menekan senar-senar gitar pada leher gitar, dan menggunakan ajun untuk memetik atau menggosok senar yang berada di dedap lubang bunyi atau brigde.
  • Untuk bermain gitar, pastikan kau dalam posisi nyaman. kau sanggup duduk di kursi atau bangku. Pastikan gitar yang kau pegang dalam posisi horisontal. Pegang bab belakang gitar semoga gitar menyentuh perut dan dada, pastikan juga posisi gitar bertumpu pada kaki secara umum dikuasai kamu.
  • Letakkan gitar di paha, pastikan gitar berada di pangkuan kamu. Anda sanggup menggunakan tangan kiri untuk menahan leher gitar dan menstabilkan suara. Jari jempol sanggup kau gunakan untuk menahan gitar di bab leher yang melengkung, sedangkan keempat jari berada di bab fret (atau bab datar gitar), alasannya keempat jari ini yang nantinya akan dipakai untuk menekan kunci-kunci gitar.
  • Biasanya, walaupun kau sudah berguru gitar dengan benar, kau juga akan tetap merasa tidak nyaman, tetapi jangan khawatir, itu sudah biasa untuk pemula, kau akan mencicipi memegang gitar tidak nyaman, tangan terasa pegal dan sakit. Lama-kelamaan niscaya juga akan terbiasa.

Stem Gitar



Agar bunyi yang dihasilkan oleh gitar tidak sumbang kau harus mengatur senar gitar, semoga bunyi yang dihasilkan sanggup terdengar pas.
  • Kamu sanggup mempelajari dan menghafal nama setiap senar, dimulai dari senar yang paling kecil yang berada paling bawah hingga senar yang paling tebal yang terletak di paling atas. Urutannya yaitu, E, B, G, D, A, dan E.
  • Menyetem sanggup dipakai dengan alat khusu untuk menyemtem gitar. Apabila kau tidak ingin membelinya, kau sanggup menyetemnya secara manual. Dengarkan nada-nada yang dihasilkan oleh gitar sudah terdngar lezat atau belum, atau sanggup juga kau menyetem gitar dengan membandingkan bunyi gitar dengan piano.

Berlatihlah menekan fret pada senar



Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, fret ialah garis yang dibatasi logam yang terletak tegak lurus di leher gitar untuk memisahkan nada-nada. Tekan senar hanya dengan ujung jari kalian, pastikan kalian menekan senar denan sempurna sesuai kunci.

Pakai pick

Pick atau plektrum ialah benda kecil yang terbuat dari plastik yang biasana dipakai untuk membunyikan gitar. Kamu sanggup menggunakan pick semoga bunyi yang dihasilkan oleh gitar sanggup terdengar lebih mantap dan tangan kau juga tidak sakit.

Belajar Menyetem Chord Gitar


Menyetem gitar niscaya tidak akan sanggup kau hindari jikalau kau berurusan dengan gitar. Agar bunyi yang dihasilkan cantik dan cocok dengan nada gitar sebetulnya Anda harus mengetahui bagaimana cara menyetem gitar. Ada beberapa metode yang sapat kau gunakan untuk menyetem gitar, yaitu menyetem dengan tuning standar, menyetem gitar menggunakan tuner (aplikasi android juga bisa), menyetem menggunakan teknik harmonik. Kamu sanggup menggunakan beberapa metode tersebut untuk menyetem gitar akustik maupun gitar elektrik.

Selain menggunakan beberapa metode tersebut untuk menyetem gitar, kau juga sanggup menyetem gitar secara manual. Menyetem gitar secara manual sebetulnya sanggup dilakukan siapa saja, alasannya cara ini sangat sederhana. Berikut cara yang sanggup kau gunakan untuk menyetem gitar secara manual.

  • Pada fret ke-5, tekanlah senar 6, tanpa menekan fret manapun, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan.
  • Pada fret ke-5, tekanlah senar 5, tanpa menekan fret manapun, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan.
  • Pada fret ke-5, tekanlah senar 4, tanpa menekan fret manapun, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan.
  • Pada fret ke-4, tekanlah senar 3, tanpa menekan fret manapun, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan.
  • Pada fret ke-5, tekanlah senar 2, tanpa menekan fret manapun, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan.

Praktis bukan cara menyetem gitar secara manual. Namun, untuk pemula, niscaya kau tidak mengetahui cara-cara tersebut. Kamu sanggup menyetem gitar dengan tuning standar, alasannya tuning standar biasanya banyak dipakai untuk lagu-lagu yang berada di pasaran. Kamu juga sanggup menyetem gitar dengan tuning standar secara manual. Berikut beberapa hal yang sanggup kau lakukan untuk menyetem gitar dengan tuning standar secara manual.

  • Dengarkan lagu yang mempunyai intro atau lagu yang diawali dengan chord E. Dengan chord E kau sanggup mengerti nada E meskipun tidak dipetik.
  • Coba dengarkan beberapa lagu tersebut. Setelah itu sesuaikan nadanya dengan 6 senar gitarmu.
  • Selanjutnya, kau sanggup menggunakan metode tersebut untuk menyetem gitar secara manual.

Selain menyetem gitar dengan cara tersebut, kau juga sanggup menyetem gitar dengan instrumen lain. Kamu sanggup mencocokan nada gitar dengan instrumen lain, misalkan piano. Tidak hanya gitar, kau juga sanggup menggunakan cara ini untuk menyetem bass juga. Sesuaikan nada gitar atau bass dengan nada piano, pastikan nada yang dihasilkan semirip mungkin dengan nada pada piano.

Beberapa cara tersebut sanggup kau gunakan untuk menyetem gitar, kau sanggup menggunakan aplikasi, atau yang lainnya. Kamu juga sanggup menyetem gitar sendiri secara manual.

Tips Bermain Gitar untuk Pemula



Ada beberapa hal yang sanggup kau lakukan semoga kau lebih praktis berguru gitar. Seperti yang kau lihat di konser-konser, gitarisnya sanggup menjiwai permainannya. Kamuakan lebih praktis berguru apabila sanggup menjiwai permainan juga. Berikut beberapa tips bermain gitar untuk pemula.

Gunakan acuan untuk berguru (internet atau buku)

Seperti yang sudah kita tahu bersama, bahwa internet menyediakan banyak sekali info yang kita butuhkan. Termasuk terkait berguru gitar. Kamu sanggup melihat kunci-kunci gitar dari internet. Apabila kau resah atau lupa kunci gitar, kau sanggup pribadi browsing.

Di internet kau juga sanggup menemukan banyak sekali lagu lengkap dengan chord nya. Selain dari internet, kau juga sanggup berguru kunci dan chord lagu dari buku. Kamu sanggup membeli buku terkait yang akan sangat membantu proses berguru gitar yang sedang kau lakukan.

Mulai dengan berguru satu lagu

Berlatihlah dengan berguru satu lagu. Pilih satu lagu yang mudah, dengan chord yang simple.

Belajar satu lagu itu hingga kau sanggup memainkannya dengan lancar. Jangan berpindah ke lagu yang lain apabila kau belum menguasai benar satu lagu itu.

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian.
Related Posts