Disebut Buah Surga, Ini Segudang Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

Banyak penelitian yang telah menunjukan bahwa buah delima mempunyai keajaiban yang sangat  Disebut Buah Surga, Ini Segudang Manfaat  Buah Delima Bagi Kesehatan
Segudang Manfaat  Buah Delima (Foto: idntimes.com)

Ada beberapa buah yang tertera dalam al-Qur’an. Salah satunya buah delima.

Banyak penelitian yang telah menunjukan bahwa buah delima mempunyai keajaiban yang sangat beragam. Ini diantaranya...

Buah delima yang mempunyai nama latin Punica granatum, merupakan jenis buah yang masuk ke dalam kelompok berry. Buah yang mempunyai diameter sekitar 5-12 cm ini mengandung banyak sekali nutrisi, menyerupai protein, karbohidrat, serat, dan vitamin yang diharapkan oleh tubuh, termasuk vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, serta vitamin K.

Buah delima juga mengandung aneka mineral, yaitu kalium, magnesium, zinc, dan tembaga, serta kaya antioksidan polifenol dan antosianin. Tak hanya itu, buah delima juga rendah kalori dan lemak, sehingga memungkinkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Dibandingkan buah lainnya menyerupai apel, jeruk, anggur, atau semangka, nama buah delima memang tak terlalu terkenal di Indonesia. Namun, buah yang juga disebut pomegranate ini punya banyak manfaat gila bagi kesehatan.

Walaupun mengonsumsi delima membutuhkan perjuangan, alasannya bijinya banyak, badan kita butuh keistimewaan buah ini.

Delima ialah salah satu buah yang paling sehat di bumi. Banyak penelitian yang telah mengatakan bahwa buah merah delima ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi badan Anda, termasuk menurunkan risiko segala macam penyakit.

Dalam Al-Qur’an, bahkan buah delima disebut buah nirwana bersama kurma.

Allah SWT berfirman, “Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, kemudian Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tumbuhan yang menghijau. Kami keluarkan dari tumbuhan yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada gejala (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman,” (QS. Al An’am: 99).

Di dalam keduanya (surga) juga ada buah-buahan dan pohon kurma dan delima,” (QS. al Rahman ayat 68).

Nah tanpa basa-basi lagi, apa manfaat buah delima bagi kesehatan? Dilansir dari idntiimes.com, berikut 6 kasiat luar biasa buah delima.

Manfaat buah delima


Buah delima(idntimes.com)

1. Menormalkan Perut

Kulit buah delima, termasuk daunnya, ternyata bisa dipakai untuk menenangkan gangguan perut atau diare lho.

Minum teh yang dibentuk dari daun buah ini juga membantu menyembuhkan duduk perkara pencernaan. Jus delima juga sanggup mengurangi duduk perkara perut lainnya menyerupai disentri dan kolera.

2. Menyehatkan Kulit

Hal yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah manfaat buah delima untuk kulit.

Antioksidan dalam delima bisa menjauhkan basil dan jerawat lainnya dari permukaan kulit kita.

Kupasan kulit delima bisa melawan jerawat juga lho. Kulit buah delima pun sanggup dimanfaatkan sebagai pelembab kulit alami manusia, khasiatnya bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit.

3. Menurunkan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Mengonsumsi jus delima secara rutin sanggup menjaga fatwa darah yang baik ke dalam tubuh. Anda juga bisa mengonsumsi jus delima untuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

4. Menangkal Kanker

Buat yang belum tahu, delima mengandung antioksidan tingkat tinggi yang disebut flavonoid. Flavonoid ini diketahui efektif menangkal banyak sekali radikal bebas penyebab kanker.

Orang yang mempunyai risiko tinggi terkena kanker prostat harus mulai minum jus delima.

Manfaat buah delima bagi wanita juga sebagai penangkal kanker payudara.

: Buah Delima, Makanan Seribu Khasiat yang Jelas Dirincikan dalam Al Qur’an dan Hadist

5. Menyehatkan Gigi dan Mulut

Bagi Anda yang punya duduk perkara gigi, ternyata delima sangat baik untuk menjaga kondisi verbal dan gigi. Delima, dengan sifat antibakteri dan antiviralnya, membantu mengurangi imbas plak gigi dan banyak sekali penyakit mulut.

6. Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Kalau Anda kebetulan sedang mengalami radang tenggorokan atau amandel, coba deh olah kulit delima yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari, kemudian rebuslah. Kemudian, saring ramuannya dan biarkan cuek beberapa saat. Setelah itu, pakailah berkumur, pasti nyeri di tenggorokan bisa mereda.

Bagaimana, sudah jatuh cinta dengan manfaat buah delima? Mulai kini rajin-rajin ya makan buah delima, dan rasakan segudang manfaatnya.
Related Posts