Cara Mengatasi Bibir Kering Biar Segar Tahan Lama


Image Source: pixabay.com/mouth-lips-dry-lips-girl-smiling-2160205/

Bibir merupakan salah satu penggalan badan yang menjadi pujian bagi beberapa wanita. Untuk membuatnya tetap sehat, bibir juga perlu perawatan. 

Memakai lipstik supaya bibir terlihat lebih indah justru sanggup menciptakan bibir terlihat jelek saat sedang kering dan pecah-pecah.

Bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah? Berikut cara mengatasi bibir kering.


Cara Mengatasi Bibir Kering

1. Banyak minum air

Bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah? Cobalah dengan banyak minum air. Ini merupakan salah satu cara paling gampang untuk menciptakan bibirmu tetap lembap. Kekurangan cairan dalam badan sanggup mengurangi kelembapan bibir sehingga mengakibatkan bibir menjadi kering. Oleh sebab itu, minumlah air dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas dalam sehari.

2. Jangan menjilat bibir

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas yaitu jangan menjilat bibir. Mungkin banyak yang kurang tahu kan, ternyata menjilat bibir justru akan menciptakan bibir kering bukan malah melembapkannya. Karena itu, kurangi kebiasaan menjilat bibir mulai sekarang.

3. Memakai lip balm

Lip balm sanggup menciptakan bibir tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembaban bibir. Lip balm sanggup melindungi bibirmu dari sinar matahari, angin, dan udara hambar atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi. Kandungan emolien dalam lip balm juga berfungsi untuk melembutkan bibir. Vitamin atau senyawa lain juga sering ditambahkan untuk membantu meregenerasi jaringan dan juga untuk perlindungan. Beberapa lip balm kadang ditambahkan SPF 15 untuk melindungi bibir dari sinar matahari.

4. Jangan terlalu sering memakai produk perawatan wajah

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas selanjutnya dengan melindungi bibir dari produk perawatan wajah. Produk perawatan wajah, menyerupai krim anti jerawat, krim anti penuaan, atau masker, biasanya mengandung materi kimia yang ditujukan untuk mengangkat lapisan kulit mati atau untuk mengeringkan jerawat. Ingat, bibir mempunyai lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan lapisan kulit pada wajah. Sehingga jikalau bibir terpapar materi kimia, maka bibir akan kering. Sebaiknya, oleskan petroleum jelly atau lip balm ke bibir untuk menghalangi bibir terpapar materi kimia tersebut.

5. Pilih lipstik yang sesuai

Cara mengatasi bibir kering akhir lipstik yaitu dengan menentukan lipstik tanpa alkohol. Kandungan alkohol dalam lipstik, menyerupai pada lipstik jenis matte atau lipstik yang tahan usang cenderung untuk mengurangi kelembapan bibir sebab alkohol cepat menguap. Namun, sebab alkohol merupakan salah satu unsur penting dalam lipstik, beberapa produsen memakai alkohol dari flora yang berfungsi sebagai emolien atau senyawa yang sanggup melembutkan bibir. Beberapa lipstik juga sudah mengandung materi pemanis yang sama menyerupai materi yang terkandung dalam lip balm yang berfungsi untuk melembapkan bibir.

6. Gunakan madu sebelum tidur

Cara mengatasi bibir kering salah satunya memakai madu sebelum tidur. Madu merupakan cara mengatasi bibir kering secara alami. Ketika sebelum tidur, oleskan madu tipis-tipis pada bibir kemudian biarkan sampai pagi. Madu mempunyai sifat anti kuman dan bisa melembabkan bibirmu. Usahakan untuk memakai madu yang asli, sebab madu palsu banyak mengandung adonan gula.

7. Menjaga makanan

Pepaya, kacang serta biji-bijian mengandung vitamin, mineral dan asam lemak yang menciptakan kulit bibir lembut dan lentur. Selain itu, Jika kau menginginkan bibir supaya tak gampang kering, kurangi konsumsi masakan pedas dan asin. Kedua masakan tersebut sangat berperan berpengaruh untuk menciptakan bibir cepat kering. Di samping itu, masakan abnormal dan bagus juga mengakibatkan kita lebih gampang lapar.

8.Banyak makan buah dan sayur

Cara efektif mengatasi bibir kering yaitu dengan buah-buahan dan sayur-sayuran sebab merupakan masakan yang sehat. Perbanyaklah makan buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C jikalau bibirmu terasa kering dan mulai pecah-pecah. Seperti apel, jeruk, pepaya, brokoli, kubis, dan kembang kol sebab banyak mengandung vitamin C.