Cara Mengatasi Insomnia Dengan Gampang Tanpa Dampak Samping

Image Source: unsplash.com/@entersge

Kurang tidur merupakan penyebab dari banyak sekali menurunnya fungsi tubuh, mulai dari konsentrasi yang rendah hingga daya tahan badan melemah.

Bagaimana cara mengatasi insomnia? Bagaimana cara untuk menghilangkan insomnia?

Mari kita bahas satu-persatu.


Tips-Tips Mengatasi Insomnia(Susah Tidur)

1. Hindari stress

Istirahatkan badan sehabis beraktivitas yang panjang. Luangkan waktu untuk menetralisir stress yang didapatkan dari kegiatan di siang hari, khususnya ketika menjelang tidur. Hilangkan stres dengan melihat ke pemandangan alam yang hijau,atau melaksanakan teknik teknik relaksasi menyerupai meditasi atau yoga. Dengan begitu, stress yang Anda alami akan berkurang dan menciptakan badan Anda lebih rileks.

2.Redupkan cahaya atau matikan lampu ketika tidur

Apa cara menghilangkan insomnia? Ketika akan tidur cahaya yang terlalu jelas di dalam kamar sering menjadi penyebab sulitnya tidur. Apabila Anda mengalami insomnia, redupkan lampu kamar atau matikan ketika menjelang tidur. Mematikan lampu ketika menjelang tidur juga bisa memicu pengeluaran hormon dalam badan untuk relaksasi, sehingga mempercepat rasa kantuk dan tertidur. Selain untuk mengatasi insomnia, mematikan lampu juga bermanfaat banyak untuk kesehatan tubuh.

3.Mandi air hangat

Mandi air hangat akan membantu Anda untuk merilekskan badan sebelum tidur. Air hangat sanggup membantu merilekskan otot-otot badan sehabis seharian bekerja atau beraktivitas. Mandi air akan membantu meringankan rasa capek dan pegal pegal sehabis beraktivitas. Ketika badan terasa lebih ringan dan rileks, maka tidur pun akan lebih nyaman dan cepat.

4.Olahraga teratur

Olahraga sanggup membantu badan tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Jika metabolisme badan berjalan lancar, maka kesulitan tidur atau insomnia tidak akan terjadi. Aktivitas yang berat di pagi dan siang hari menciptakan badan membutuhkan istirahat yang cukup ketika malam hari. Melakukan olahraga juga sangat efektif mempercepat tidur disaat badan sudah kelelahan.

5. Jangan memakai ponsel menjelang tidur

Jangan mencoba memainkan ponsel dan gadget lainnya ketika menjelang jam tidur datang. Meski sulit kebiasaan ini perlu diterapkan alasannya ini merupakan cara mengatasi insomnia secara alami. Pasalnya, cahaya yang dipancarkan ponsel bersifat merangsang otak dan akan menciptakan anda susah terlelap.

6. Minum susu

Bagaimana cara mengatasi insomnia secara alami? Susu mengandung triptofan yang sanggup membantu menenangkan badan dan menciptakan badan lebih rileks, sehingga tidur menjadi lebih mudah. Cobalah untuk mengonsumsi susu hangat setiap hari sebelum tidur. Cara mengatasi insomnia dengan materi alami ini dipercaya bisa membantu Anda biar lebih cepat terlelap.

7. Konsumsi kiwi 

Mengkonsumsi makanan yang kaya melatonin memungkinkan badan untuk tidur lebih nyenyak. Obat herbal cara mengatasi insomnia yakni dengan mengonsumsi buah yang kaya melatonin menyerupai kiwi. Riset menyampaikan bahwa mereka yang makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat ahad menyampaikan peningkatan efisiensi, kualitas dan kuantitas tidur.