Cara Menghilangkan Kutu Air Hanya Memakai Materi Dapur


Image Source: mujahadah.net

Kutu air merupakan ruam pada kulit di antara jari kaki atau telapak kaki yang disebabkan oleh jamur. Akibatnya, kulit kaki akan terkelupas, pecah-pecah, dan berisi cairan terutama pada sela-sela jari kaki. Tak hanya itu, Anda juga akan mencicipi gatal di telapak dan jari-jari kaki. Bagaimana cara menghilangkan kutu air?

Cara menghilangkan kutu air

1. Cuka apel

Bagaimana cara menghilangkan kutu air di telapak kaki? Asam asetat yang terkandung dalam cuka diyakini mempunyai sifat antijamur, sehingga bisa mengatasi kutu air di telapak kaki.
Caranya:
  • Cuci kaki sampai higienis dengan sabun dan air hangat. Keringkan dengan handuk. 
  • Kemudian, campur satu cangkir cuka dengan 4 cangkir air.
  • Rendam kaki dengan larutan ini. 
  • Terakhir, keringkan kaki dengan handuk. 
  • Jika infeksinya kutu airnya sangat kecil, cukup oleskan dengan kapas atau kain lap yang sudah dicelupkan dalam larutan cuka. 
  • Tekan kain atau kapas selama beberapa menit, lakukan cara ini dua kali sehari.

Ingat, jangan gunakan handuk tersebut untuk penggalan badan lain guna mencegah penyebaran jamur.
Selain itu, jangan gunakan air larutan yang sama untuk rendaman selanjutnya.

2. Bawang putih

Bawang putih merupakan cara menghilangkan kutu air secara alami lantaran mengandung antiseptik alami yang sanggup membantu mengobati kutu air di telapak kaki. Penelitian menunjukkan, kandungan ajoene dalam bawang putih diduga bisa mengobati kutu air.
Caranya:
  • Siapkan 2-3 siung bawang putih yang sudah dipotong-potong.
  • Masukkan dalam wadah dan tambahkan air.
  • Rendamlah kaki selama 30 menit. 
  • Anda juga bisa mengoleskan adonan dua siung bawang putih dan minyak zaitun secukupnya ke kulit yang terinfeksi. 
  • Jangan lupa memakai kapas atau cotton bud saat mengoleskan.


3. Teh

Kandungan polifenol dan asam tannic yang terdapat pada teh hijau bersifat antijamur, sehingga sanggup mengatasi kutu air di telapak kaki. Untuk mendapat keuntungannya ialah dengan merendam kaki Anda kedalam seduhan teh.
Caranya:
  • Rendam 6 kantung teh hitam celup ke dalam satu liter air hangat. 
  • Kemudian rendam kaki Anda dalam larutan teh atau oleskan larutan teh ke kaki dengan bola kapas beberapa kali sehari. 

4. Garam laut

Bagaimana cara menghilangkan kutu air di kaki? Larutkan satu cangkir garam maritim ke ke dalam air hangat, kemudian rendam kaki Anda dengan larutan air garam tersebut selama 20 menit, kemudian keringkan. Garam maritim mempunyai sifat antibakteri dan antijamur yang kuat, sehingga sanggup mengatasi kutu air di telapak kaki sekaligus menghambat penyebarannya.

5. Tea tree oil

Tea tree oil mengandung aneka macam macam materi alami yang sanggup kita gunakan untuk menyembuhkan aneka macam macam problem kulit, dan salah satunya kutu air. Tea tree oil juga berkhasiat untuk membunuh aneka macam macam bakteri, jamur, dan kuman penyebab problem kulit. Bahan ini mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang berkhasiat untuk mencegah dampak jelek radikal bebas sehingga kesehatan kulit tetap terjaga. Caranya cukup oleskan minyak ini ke area yang terkena kutu air, dan lakukan 3 kali sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

6. Daun sirih

Cara menghilangkan kutu air di kaki secara alami ialah memakai daun sirih merupakan materi herbal yang mempunyai sifat antiseptik. Sehingga daun sirih sanggup secara efektif untuk membunuh kuman penyebab kutu air. Untuk menghilangkan kutu air, kita cukup mencampur daun sirih dengan garam. Dengan mencampurkan daun sirih dan garam sanggup menjadikannya kombinasi antiseptik yang baik untuk membunuh kuman. Gunakan rebusan air sirih tadi untuk merendam kaki yang terkena kutu air.

7. Soda Kue

Seperti garam dapur, soda camilan bagus juga kaya akan kandungan antiseptik yang efektif untuk membunuh kuman atau jamur penyebab kutu air. Untuk mengobati kutu air, Anda cukup merendam kaki yang terkena kutu air ke dalam air hangat yang telah dicampurkan dengan soda camilan bagus selama 20 menit. Lakukan setiap pagi dan sore. Kandungan antiseptik dalam soda camilan bagus efektif membunuh jamur kutu air secara bertahap.

8. Minyak kelapa 

Minyak kelapa juga efektif untuk cara menghilangkan kutu air dengan cepat karena bersifat anti inflamasi. Di dalam minyak kelapa terdapat suatu zat berjulukan asam laurat yang efektif membunuh jamur penyebab kutu air. Selain membasmi jamur penyebab kutu air, minyak kelapa juga berkhasiat sebagai pelembab alami yang efektif untuk meningkatkan nutrisi kulit, sehingga kulit bekas kutu air akan lebih sehat. Untuk mengobati kutu air, anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang terjangkit kutu air. Lakukan hal tersebut setiap hari biar kutu air Anda segera sembuh.

Demikian artikel bagaimana cara menghilangkan kutu air? Semoga bermanfaat.