Cara Menurunkan Panas Anak Dengan Gampang Tanpa Ke Dokter


Image Source: klikdokter.com

Demam bergotong-royong bukan penyakit, melainkan reaksi sistem imun terhadap infeksi, penyakit, atau kondisi lain yang mendasarinya. Anda bergotong-royong tidak perlu untuk minum obat penurun panas jikalau demamnya termasuk ringan.

Suhu badan akan menurun dengan sendirinya dengan cukup beristirahat. Namun jikalau Anda ingin cepat kembali fit untuk sanggup beraktivitas menyerupai sedia kala, ada banyak cara yang ampuh untuk menurunkan panas dalam tubuh. Bagaimana cara menurunkan panas anak?


Cara menurunkan panas anak

1. Kompres dengan air hangat

Bagaimana cara menurunkan panas anak? Mengompres anak dengan air hangat mungkin sebuah cara yang sering dilakukan orangtua untuk sanggup membantu menurunkan demam anak. Ini merupakan sebuah cara yang sudah dipraktekkan turun-temurun. Sebenarnya, cara ini hanya sanggup menurunkan demam anak sementara, bahkan juga mungkin tidak sama sekali sanggup menurunkan demam pada beberapa anak. Beberapa anak mungkin juga tidak nyaman dengan kompresan di dahinya. Namun, cara ini masih sanggup Anda lakukan sebagai upaya untuk menurunkan demam anak.

2. Mandi air hangat

Walaupun anak sedang demam, anak harus tetap mandi atau hanya di lap. Mandi air hangat (29,4-32,2° C) dianggap sanggup membantu mengatasi demam anak. Air hangat yang mengenai kulit anak ketika mandi akan membantu mendinginkan badan dan menciptakan suhu badan anak sedikit menurun (1-2° C selama 30-45 menit). Jika Anda memakai air masbodoh untuk anak mandi, justru sanggup menciptakan anak menggigil dan menciptakan suhu badan anak naik.

3. Berikan parasetamol atau ibuprofen

Bagaimana cara menurunkan panas anak dengan cepat? Dua jenis obat ini memang populer ampuh untuk menurunkan panas demam. Umumnya, ibuprofen lebih disukai alasannya sanggup menurunkan panas demam anak lebih cepat daripada parasetamol. Parasetamol mempunyai imbas menurunkan panas yang lebih lambat dari ibuprofen. Sesuaikan takaran obat ini sesuai usia anak dan jangan gunakan dua jenis obat sekaligus. Ibuprofen memang sanggup menurunkan panas lebih cepat, namun tidak cocok untuk anak berusia di bawah enam bulan alasannya mempunyai imbas samping yang lebih berpengaruh dan berbahaya untuk kelompok usia anak yang lebih muda.

4. Banyak minum cairan

Cara menurunkan panas yang keempat yaitu banyak minum cairan. Menurut dokter William Schaffner dari Vanderbilt School of Medicine, kita harus banyak minum cairan ketika sedang sakit. Minum cairan di sini sanggup air putih, teh tawar atau anggun hangat, atau jus buah segar. Untuk jus buah, usahakan tidak memakai gula.
Minum 1 hingga 2 cangkir per hari. Sebab, uap panas akan mengencerkan lendir dan memicu produksi keringat.

5. Perbanyak makan buah

Bagaimana cara menurunkan panas pada anak secara alami? Buah-buahan menyerupai keluarga jeruk, jambu biji, kiwi, pepaya, stroberi, nanas, dan mangga kaya akan vitamin C, antioksidan yang mendukung sistem kekebalan badan dalam melawan bisul sehingga mempercepat penyembuhan.
Pilihlah buah segar bukan produk buah kalengan atau jus buah kemasan dengan pelengkap gula. Asupan gula yang tinggi sanggup menghambat sistem kekebalan badan Anda.

6. Makan yang banyak

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak ketika demam. Sehingga, asupan makan yang banyak sanggup membantu demam anak lebih cepat sembuh. Semakin tinggi demam anak, maka semakin besar pula kebutuhan gizi anak. Biasanya nafsu makan anak berkurang dikala ia demam, apalagi dikala demam malam hari. Hal inilah yang sanggup memperlambat kesembuhan anak. Cobalah berikan makanan yang gampang dicerna menyerupai roti, biskuit atau bubur. Tapi jangan terlalu dipaksa, jikalau ia tidak ingin memakannya. Biarkan ia makan sedikit demi sedikit, hingga mengantuk dan tertidur.

7. Menggunakan kunyit 

Obat alami cara menurunkan panas anak selanjutnya yaitu kunyit. Kunyit mempunyai kandungan minyak atsiri, curcumin, turmeron, dan zingiberen yang bermanfaat sebagai antibakteri, anti-peradangan, dan antioksidan. Fungsi lainnya selain menurunkan panas pada anak yaitu meningkatkan daya tahan tubuh.