Cara Menyembuhkan Amandel Tanpa Operasi


Image Source: lampung.co

Radang amandel merupakan salah satu penyakit yang penularannya bisa sangat cepat dari satu orang ke orang lainnya. Untuk mencegah penularannya,  mengobati dengan segera yaitu tindakan yang tepat. Ada banyak obat- obatan untuk radang amandel. 

Jika Anda lebih suka memakai obat alami, Anda bisa mencoba obat alami radang amandel yang gampang ditemukan di rumah. Bagaimana cara menyembuhkan amandel? Bagaimana cara mengobati amandel pada anak?

Cara menyembuhkan amandel dengan materi alami

1. Air garam

Bagaimana cara menyembuhkan amandel secara alami? Obat alami radang amandel yang paling gampang yaitu dengan cara berkumur memakai air garam hangat. Air hangat mempunyai imbas menenangkan amandel, sedangkan garam bertindak sebagai antiseptik alami yang membantu mengurangi peradangan dengan membunuh virus dan bakteri. Anda bisa mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Lalu kumur-kumur dengan larutan tersebut, namun pastikan Anda tidak menelannya.

2. Kunyit

Bagaimana cara menyembuhkan amandel tanpa operasi? Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan antiseptik alami yang cukup kuat. Makara tidak heran, kalau kunyit bisa membantu melawan infeksi amandel dan bisa melegakan tanda-tanda amandel yang sangat mengganggu kegiatan menelan Anda. Jika suka mengonsumsi susu, Anda bisa menambahkan segelas susu hangat dengan satu sendok teh abu kunyit dan sejuput lada hitam. Minum ramuan kunyit ini pada malam hari selama 2-3 hari berturut-turut. Cara ini dipercaya ampuh untuk mempercepat penyembuhan radang amandel.

3. Bawang putih

Bagaimana cara mengatasi amandel yang bengkak? Sebagai salah satu obat alami yang sudah dipakai semenjak lama, bawang putih dipercaya untuk memperkuat sistem kekebalan badan sebab kaya akan kandungan antioksidan serta antibakteri dan senyawa antiviral sehingga efektif untuk melawan virus akhir pilek, flu, dan radang amandel. Salah satu cara untuk memakai bawang putih sebagai obat alami radang amandel yaitu dengan memakan bawang putih utuh. Namun kalau Anda tidak tahan dengan aroma dan rasa yang menyengat dari bawang putih, Anda bisa mencampurkannya dengan teh herbal.

4. Air perasan lemon dan madu

Khasiat lemon untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Lemon mempunyai sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-inflamasi sehingga ampuh merawat infeksi dan peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya bisa meningkatkan kekebalan badan terhadap infeksi.
Caranya:
  • Gunakan perasan air lemon (1 buah).
  • Berikan sedikit garam. 
  • Satu sendok teh madu ke dalam segelas air hangat. 
  • Aduk hingga tercampur semua, kemudian minum secara perlahan. 
  • Lakukan rutinitas ini dua kali dalam sehari untuk mempercepat penyembuhan.

5. Istirahat 

Ketika amandel meradang, Anda sebaiknya istirahat dulu di rumah. Karena dengan beristirahat yang cukup bisa mempercepat proses penyembuhan. Tubuh yang sedang mengalami infeksi membutuhkan banyak energi untuk melawan bakteri. Karena itu, usahakan untuk tidak melaksanakan acara yang berlebihan menyerupai bekerja, sekolah, atau berolahraga hingga Anda sembuh.

6. Makan kuliner yang lembut

Radang amandel umumnya menciptakan malas makan sebab sulit menelan. Sebagai gantinya, pilih kuliner yang lembut, berkuah, dan gampang ditelan. Makanan menyerupai bubur, sup, nasi tim, atau kentang tumbuk (mashed potato) bisa jadi pilihan Anda. Sebaiknya hindarilah dulu gorengan atau kuliner pedas sebab bisa menciptakan amandel dan tenggorokan Anda semakin iritasi.

7. Kayu manis

Bagaimana cara menghilangkan penyakit amandel? Tidak hanya sebagai bumbu kuliner atau kue, kayu cantik ternyata juga bisa membantu meredakan radang amandel. Hal ini dikarenakan kayu cantik kaya akan sifat anti-mikroba sehingga bisa menghambat pertumbuhan basil dan mikroorganisme lainnya yang menempel di amandel. Dengan begitu, kayu cantik membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.
Caranya:
  • Masukkan satu sendok teh abu kayu cantik ke dalam segelas air panas. 
  • Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu. 
  • Selama minuman ini masih panas, hirup uap airnya. 
  • Setelah airnya sudah menghangat Anda bisa mengonsumsinya.
  • Minum ramuan alami ini 2-3 kali sehari selama seminggu.
Selain memakai beberapa bagaimana cara menyembuhkan amandel secara alami? yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga harus memperhatikan asupan kuliner kalau sedang radang amandel. Hindari kuliner yang berminyak menyerupai gorengan dan santan.