Daftar Buah Yang Baik Dan Buah Yang Dihentikan Untuk Ibu Hamil


Image Source: parenting.firstcry.com

Buah Untuk Ibu Hamil - Makanan yang baik untuk ibu hamil selalu menjadi perhatian khusus bagi siapapun yang ingin mempunyai janin dan bayi yang sehat. Karena jikalau tidak, akan sangat beresiko tidak baik bagi janin yang di kandungnya.

Salah satunya ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi masakan sehat yang mengandung zat gizi lengkap, terutama buah-buahan, lantaran mengandung banyak vitamin dan mineral yang diharapkan tubuh ibu dan janin.

Lalu buah apa saja buah untuk ibu hamil? Jenis buah untuk ibu hamil? Yuk simak dibawah ini.

Buah-Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

1. Pisang


Image Source: pixabay.com
Pisang kaya akan kalium dan menyediakan kalori yang cepat diubah menjadi energi untuk mencegah kelelahan. Kalium sendiri juga sanggup membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh. Pisang juga mengandung zat besi yang sanggup membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Selain itu, pisang gampang untuk dicerna sehingga sanggup menjadi alternatif masakan jikalau ibu hamil sedang mengalami mual dan muntah.

2. Jeruk


Image Source: pixabay.com
Jeruk mempunyai kandungan vitamin C, folat, dan serat. Dan juga hampir 90% kandungannya yaitu air sehingga membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kandungan folat yang tinggi pada jeruk juga sanggup membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin dan mencegah janin lahir cacat.

3. Alpukat


Image Source: pixabay.com
Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, serta kalium. Alpukat sanggup membantu mengurangi morning sickness, membantu perkembangan otak, sistem saraf dan jaringan bayi. Namun, alpukat mengandung lemak tinggi, sehingga jikalau memakannya terlalu banyak sanggup menimbulkan kenaikan berat badan.

4. Mangga 


Image Source: pixabay.com
Mangga mempunyai kandungan kalium, vitamin C, dan vitamin A yang tinggi. Kalium dalam mangga sanggup membantu menjaga tekanan darah dan cairan dalam tubuh. Vitamin C sebagai antioksidan yang sanggup menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sedangkan vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi.

5. Berry


Image Source: pixabay.com
Buah-buahan berry (blueberrry, strawberry, dan raspberry) mengandung kalium, folat, dan vitamin C yang tinggi. Kalium selain untuk menjaga tekanan darah, juga diharapkan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot. Folat dan vitamin C sanggup membantu untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Selain itu buah-buahan ini juga mengandung serat yang sanggup membantu sistem pencernaan ibu hamil.

Buah-Buahan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Akan tetapi, tidak semua jenis buah-buahan baik dikonsumsi ibu oleh hamil. Ada juga beberapa jenis buah-buahan yang jutsru dihentikan untuk ibu hamil. Lalu buah apa saja yang dihentikan untuk ibu hamil? 

1. Pepaya


Image Source: pixabay.com
Apakah buah pepaya baik untuk ibu hamil? Jawabannya tidak baik. Karena buah pepaya mempunyai kandungan senyawa yang diketahui cukup berbahaya untuk kehamilan alasannya sanggup menimbulkan timbulnya kontraksi kehamilan dan juga pelunakan pada jalan lahir. Hal tersebut yang sanggup memicu kelahiran prematur pada janin dan sanggup menimbulkan keguguran.

2. Nanas


Image Source: pixabay.com
Nanas mempunyai kandungan bromelain yang diketahui cukup berbahaya untuk ibu hamil. Karena kandungan tersebut sanggup menciptakan leher rahim menjadi lunak dan terjadi pembukaan yang sanggup menimbulkan kelahiran belum cukup usia, sehingga sanggup memicu keguguran.

3. Durian


Image Source: pixabay.com
Durian mempunyai kandungan asam arachidonat serta alkohol yang sanggup membahayakan kehamilan. Seperti kelahiran prematur lantaran kandungan asam arachidonat sanggup memicu terjadinya kontraksi pada rahim.

4. Melon


Image Source: pixabay.com
Ibu hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah melon terutama yang berjenis melon merah atau cantaluope. Karena kulit luar melon sanggup saja terkontaminasi bakteri, khususnya basil salmonella yang sanggup menciptakan ibu hamil terancam terkena virus TORCH yang sanggup memicu terjadinya kelahiran prematur dan juga cacat pada janin.

Demikian klarifikasi diatas buah untuk ibu hamil muda dan buah yang dihentikan untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat!
Related Posts