Doa Untuk Kedua Orang Tua, Arab Beserta Artinya


Image Source: kiblat.net

Doa Kedua Orang Tua - Kasih sayang orang bau tanah pada anaknya ialah kasih sayang yang awet sepanjang masa, mulai kita dilahirkan, dibesarkan, hingga dinikahkan. Entah berapa banyak pengorbanan yang sudah mereka, ayah dan ibu kita lakukan. Tak ada yang mampu membalas seluruh kebaikan tersebut.

Kedua orang bau tanah kita yaitu bapak dan ibu ialah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Mereka pula yang menawarkan cinta, kasih dan sayang yang murni kepada kita, mereka juga rela berkorban untuk kita tanpa meminta akhir sedikitpun. Apakah doa untuk kedua orang tua?

Oleh sebab itu janganlah menciptakan murka atau kecewa kedua orang bau tanah kita, sebab keridhoan Allah Swt, tergantung pada keridhoan orang tua, dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua, maka dari itu sayangi dan hormatilah mereka. Hadist 



رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ

Artinya:

"Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang bau tanah dan kemurkaan Allah tergantung  pada kemurkaan orang tua"  (H.R Tabrani)

Dari hadist diatas dijelaskan bahwa Allah Swt, akan meridhai atau memurkai kita berdasarkan keridhaan atau kemurkaan orangtua.

Walaupun orang bau tanah kita tidak meminta akhir atas jasa-jasa mereka kepada kita sebagai anak. Namun sudah kewajiban kita sebagai anak menghormati, menyayangi dan menyayangi mereka kembali. Salah satu kewajiban seorang anak kepada orang tuanya ialah doa untuk kedua orang tua, baik yang masih ada maupun yang sudah tidak ada (meninggal dunia). Sedangkan untuk doa kedua orang bau tanah dengan artinya adalah sebagai berikut.


اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya: 

"Wahai Tuhanku, ampunilah saya dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka menyerupai mereka menyayangiku diwaktu kecil"

Kemudian untuk bacaan doa kedua orang bau tanah memohon ampunan kedua orang bau tanah beserta latin dan artinya ialah sebagai berikut.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ


Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya:

"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana ia berdua merawatku dikala saya masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, pria maupun wanita yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah sebab Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

Itulah doa kedua orang bau tanah bahasa arab dan bacaan doa kedua orang bau tanah memohon ampunan, kita sebagai anak juga harus berbakti kepada kedua orang bau tanah kita yang merupakan suatu kewajiban, kita sebagai anak sering kali menyakiti hatinya.
Related Posts