Fakta-Fakta Khasiat Kurma Muda, Solusi Bagi Yang Belum Dikaruniai Momongan


Fakta-fakta Kasiat Kurma Muda, Solusi Bagi yang Belum Dikaruniai Momongan (Foto: bacaterus.com)
Siapa yang tidak mengenal buah kurma? Pastinya kita semua sudah pada tahu terlebih ialah umat muslim.

Namun sudah tahukah Anda dengan khsiat kurma muda? Salah satunya untuk mengobati "maaf" kemandulan...

Kurma merupakan buah yang sangat terkenal di Indonesia walaupun bukan berasal dari tanah air. Biasanya kurma menjadi buah tangan wajib kalau ada orang yang pergi haji, umrah, atau gres pulang dari Arab.

Buah kurma juga biasanya kita temukan di toko-toko buah tanah air dan jadi buah yang sangat dicari pada bulan puasa.

Buah kurma ialah buah kesukaan Nabi Muhammad Saw yang mempunyai begitu banyak manfaat bagi kesehatan.

Ada banyak sekali jenis kurma, ibarat Ajwah, Deglet Noor, Amer Hajj, dan lain-lain. Tapi, ada satu jenis kurma yang cukup unik, yaitu kurma muda.

Khusus untuk kurma muda, mempunyai nama latin Phoenix Dactylifera atau nama populernya “Ruthob”.

Jenis kurma muda ini berbeda dengan buah kurma pada umumnya, kurma muda / ruthob dalam proses pembuahannya masih setegah matang dan merupakan kurma yang fresh.

Kurma muda benar-benar buah segar yang gres saja dipetik dari pohonnya. Berbeda dengan buah kurma pada umumnya yang dipetik dalam keadaan yang sudah berumur dan matang, serta melalui proses pengeringan dan lainnya.

Sedangkan buah kurma muda / ruthob tidak melalui proses pengeringan atau proses lainnya. Bisa dibilang, untuk memperoleh ruthob ini tidaklah mudah.

Biasanya, ruthob bisa diperoleh dengan cara pre-order alasannya ruthob tidak bisa bertahan usang ditempat terbuka. Ruthob hanya bisa bertahan beberapa hari saja sesudah dipetik dari pohonnya.

Dengan begitu, ruthob tidak bisa didatangkan dengan cargo alasannya proses perjalannya bisa memakan waktu paling cepat 15 hari, sehingga ada kemungkinan ruthob ini membusuk dalam perjalanan.

Di Indonesia sendiri, umumnya kurma muda di peroleh dengan cara menitip kepada sobat atau saudara yang sedang pergi haji / umroh yang hanya memakan waktu sehari dalam perjalanan hingga ke Indonesia.

Kandungan Buah Kurma Muda / Ruthob

Tentunya buah kurma muda ini berbeda dengan buah kurma lainnya, selain dari tekstur fisik kandungan nutrisi di dalamnya juga jauh berbeda. Kurma muda lebih kaya kandungan serat dan vitaminnya dibanding buah kurma kering.

Jika buah kurma kering, lebih kaya akan glukosanya. Secara khusus, didalam kurma muda terdapat kandungan vitami A, C dan K. Serta kandungan gula yang ada di dalam kurma muda juga sangat bagus untuk menyuplai energi badan dalam menjalankan acara sehari-hari.

Kandungan vitamin dan mineral serta serat mendominasi menjadi nutrisi utama buah kurma muda (ruthab), kandungan nutrisi lain pada ruthab sama halnya dengan kurma lainnya yaitu protein, gula, minyak, zat besi, asam nicotenic, mineral tembaga, kalsium, welirang dan klorida.

Pada buah kurma juga terdapat kandungan zat berupa hormon biostin yang berfungsi sebagai aktivis dari peristaltic di dalam jaringan darah dan rahim, serta masih banyak lagi kandungan lainnya.

Khasiat Kurma Muda (Ruthab Muda)


Kurma muda (bacaterus.com)

Ada begitu banyak khasiat kurma muda. Bagi Anda yang sedang berusaha punya anak, mungkin pernah atau sering mendapat saran untuk mengonsumsi kurma muda biar promilnya segera berhasil.

Lantas benarkah demikian? Dilansir dari aneka macam sumber, simak fakta-fakta kasiat kurma muda berikut ini;

1. Kurma muda ampuh untuk melawan kanker

Peneliti Dr Arshad H Rahmani dari Qassim University, menyampaikan bahwa hasil penelitian telah menandakan wacana manfaat kandungan buah kurma yang bisa mencegah terjadinya mutasi sel yang mengarah kepada perkembangan sel-sel kanker yang sangat berbahaya. Studi ini diterbitkan di Journal of Clinical and Experimenta Medicine.

Para peneliti menemukan bahwa buah kurma mempunyai sifat anti-kanker, yang berfungsi untuk melawan perkembangan sel kanker.

Buah kurma mempunyai zat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas, yang juga menekan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Senyawa beta D-glucan (salah satu jenis dari zat antidioksidan) mempunyai fungsi anti-kanker. Senyawa ini diterapkan pada binatang percobaan, yang alhasil diambil kesimpulan bahwa zat antidioksidan ini bisa mengurangi pertumbuhan tumor.

Kurma Muda yang tinggi nutrisi vitamin A sangat penting biar Anda sanggup tercegah dari penyakit mematikan, yaitu kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Kandungan lainnya di dalam buah kurma mempunyai manfaat untuk menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Sehingga badan sanggup lebih besar lengan berkuasa dalam melawan penyakit, termasuk kanker

2. Kurma muda untuk keseburan dan penambah stamina

Telah banyak penelitian yang dilakukan terkait kandungan dari kurma muda ini, juga telah banyak orang yang menyatakan akan khasiat kurma muda untuk promil.

Kurma muda bagus untuk meningkatkan kesuburan wanita, adanya hormon botosin yang ada di dalam badan berfungsi untuk merangsang gerak peristaltik di dalam pembuluh darah dan rahim wanita, yang membantu untuk meningkatkan kesuburannya wanita.

Adanya kandungan oksitosin ini juga berfungsi untuk membantu proses kontraksi otot polos dinding rahim, hal itu sangat penting dan membantu istri ketika berafiliasi dengan suaminya.

Kandungan tersebut bekerja untuk merangsang otot polos di dalam uterus (rahim) biar lancar dalam berkontraksi.

Sementara khasiat kurma muda bagi pria, Dr. Aminu Kazeem, seorang pakar kesehatan se*su4l di Energy for Se* Clinic di Lagos, Nigeria, menyampaikan bahwa laki-laki yang mempunyai duduk perkara performa di atas ranjang disarankan mengonsumsi kurma.

Dr. Aminu juga mengungkapkan, “Buah kurma ialah buah satu biji dari pohon palem. Konsumsi buah ini bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma, dan meningkatkan kesuburan pada pria.

Toyin Adeola, seorang pakar nutrisi mengatakan, konsumsi kurma bisa mengatasi impotensi, meningkatkan produksi hormon seksual, juga bagus untuk kesehatan laki-laki maupun wanita.

Buah ini mengandung asam amino untuk meningkatkan stamina di atas ranjang, bagus untuk renta maupun muda,” ujarnya.

3. Khasiat kurma muda bagi ibu hamil dan manfaat kurma muda untuk asi

Pada kandungan buah kurma muda mempunyai zat hormon bitosin yang berfungsi untuk membantu mencegah kondisi serius pendarahan rahim.

Kandungan di dalam kurma muda merangsang produksi hormon bitosin di dalam tubuh. Hormon ini mempunyai tugas yang sangat penting dalam mencegah terjadinya pendarahan, hal ini harus diperhatikan baik-baik oleh ibu hamil.

Hormon tersebut juga bekerja untuk membantu ibu biar sanggup lebih lancar dalam proses pengeluaran ASI.

Di dalam buah kurma muda mempunyai zat oksitosin yang berfungsi untuk membantu meningkatkan produksi ASI ibu.

4. Menjaga kesehatan mata 

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui kalau kurma muda sangat baik untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dan antioksidan yang terkandung dalam kurma muda dalam jumlah besar, sehingga kurma muda jadi sangat baik untuk mata.

Konsumsi kurma muda secara rutin supaya fungsi mata Anda selalu dalam kondisi prima.

5. Meningkatkan daya ingat

Manfaat kurma muda buat anak dan orang dewasa.

Ya, manfaat kurma muda yang selanjutnya ialah sanggup meningkatkan daya ingat.

Kurma muda mengandung kalium yang sangat tinggi, dan kalium ialah zat yang sangat diharapkan oleh otak. Dengan rutin memakan kurma muda, kinerja otak Anda dan juga belum dewasa bisa jadi lebih maksimal.

Bagaimana Cara Agar Pohon Kurma Berbuah di Indonesia? Ini Rahasianya

6. Detoks tubuh 

Manfaat kurma muda yang ketiga ialah untuk detoks tubuh. Ahli kesehatan Islam menyarankan untuk mengonsumsi kurma muda dan kurma biasa dalam waktu yang bersamaan.

Kurma muda teksturnya kering dan dingin, kemudian kurma biasa lembab dan hangat. Perbedaan sifat kedua kurma ini dipercaya sanggup menetralkan obat, makanan, dan racun yang ada di dalam tubuh.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kurma muda mengandung kalium yang sangat tinggi. Kalium sanggup menekan natrium (garam) berlebih yang biasanya dimiliki oleh pasien darah tinggi.

Lalu, kurma muda juga megnandung magnesium, yaitu mineral yang sanggup menjaga pembuluh darah tetap lebar biar darah sanggup mengalir tanpa hambatan. Anda cukup mengonsumsi 5 buah kurma muda dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan kalium dan magnesium harian.

8. Perawatan kulit dan rambut 

Manfaat kurma muda yang terakhir ialah untuk kecantikan kulit dan juga rambut. Wanita Timur Tengah menyebabkan kurma muda sebagai perawatan kecantikan mereka.

Kurma muda mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, serta menghidrasi kulit dengan baik. Kurma juga mempunyai kegunaan untuk mengatasi rambut rontok alasannya mengandung vitamin B.

Biasanya orang-orang memakai kurma muda yang telah dijadikan minyak atau sari untuk perawatan. Bukan kurma muda yang pribadi dikonsumsi, ya.

Nah itulah fakta-fakta khasiat kurma muda, semoga artikel ini bermanfaat.