Gejala Dan Ciri-Ciri Penyakit Ginjal, Cegah Sebelum Parah


Image Source: Liputan6.com

Banyak orang yang mengabaikan tanda-tanda sakit ginjal lantaran menganggapnya bukan duduk kasus serius. Padahal, ginjal yaitu salah satu organ badan penting yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan racun dalam darah. 

Nah, kotoran dan racun tersebut akan dibuang bersamaan dengan urine. Apa saja ciri ciri sakit ginjal? Bagaimana ciri ciri tanda-tanda penyakit ginjal?

Gejala dan ciri ciri penyakit ginjal

Sebelum terlambat, kenali beberapa gejala dan ciri ciri penyakit ginjal paling umum ini:

1. Warna urine berubah

Gejala sakit ginjal yang biasanya muncul dan dirasakan paling awal yaitu perubahan warna urine menjadi lebih keruh dari biasanya. Selain itu, kebiasaan buang air kecil Anda juga sanggup berubah, Anda biasanya jadi lebih sering buang air kecil di malam hari.
Anda juga mungkin merasa nyeri dikala buang air kecil. Jika Anda mengidap gagal ginjal akut, ada kemungkinan air kencing keluar beserta bercak darah. Dalam beberapa kasus, kencing berbusa juga sanggup jadi tanda-tanda sakit ginjal,

2. Badan gampang lelah

Ginjal sehat akan terus memproduksi hormon eritropoietin secara teratur untuk meningkatkan produksi sel darah merah baru. Ketika ginjal mengalami kerusakan, produksi hormon eritropoetin menjadi menurun. Akibatnya, produksi sel darah merah yang membawa oksigen pun menurun sehingga sanggup menciptakan badan lelah.

3. Beberapa serpihan badan akan membengkak

Ginjal yang sudah rusak tidak sanggup lagi menyaring limbah kotoran sebaik dulu sehingga ada banyak protein yang terbuang ke dalam urin. Kurangnya protein dalam darah sanggup mengakibatkan tungkai tangan dan kaki membengkak. Orang yang punya duduk kasus ginjal juga mungkin mengalami pembengkakan pada wajah dan kedua mata.

4. Gatal-gatal

Terganggunya kerja ginjal menciptakan kotoran sisa metabolisme menumpuk yang akan berdampak jelek pada kulit. Penyakit ginjal sanggup menjadikan rasa gatal, ruam kemerahan, serta kulit kering. Jika gatal tersebut terus digaruk sanggup timbul luka atau pendarahan ringan.

5. Selalu mual dan ingin muntah

Sakit ginjal yang sudah akut atau sudah hingga tahap gagal ginjal sering disebut juga sebagai silent killer. Disebut demikian lantaran gejalanya yang sulit dideteksi, menyerupai mual dan muntah. Banyak sekali penyakit ringan yang gejalanya ditunjukkan dengan mual dan muntah, misalnya sakit maag.
Namun dalam kasus penyakit ginjal, tanda-tanda mual dan muntah muncul lantaran tumpukan limbah dan kotoran dalam darah tidak berhasil dikeluarkan. Hal tersebut sanggup mengakibatkan terganggunya pusat refleks muntah di otak dan sistem pencernaan, sehingga terjadilah mual dan muntah.

6. Sesak nafas

Tidak berfungsinya ginjal menciptakan cairan masuk ke dalam paru-paru melalui darah. Hal ini mengakibatkan badan tidak mendapat suplai oksigen yang cukup di dalam tubuh, terutama paru-paru. Kurangnya oksigen dalam darah menciptakan badan sulit berfungsi maksimal sehingga mengakibatkan napas menjadi terengah-engah dan memburu.

7. Sakit pinggang

Bagi yang suka sakit pada serpihan pinggang, baik kanan ataupun kiri sebaiknya Anda waspada. Gejala sakit ini sanggup saja disebabkan oleh watu ginjal. Kadang, tanda-tanda adanya watu ginjal tidak terlalu kelihatan terperinci tapi kemungkinan besar akan menjadikan nyeri pada pinggang akhir terjepitnya watu ginjal dalam ureter.

8. Kurang konsentrasi dan pusing

Ketika ginjal Anda tidak sanggup bekerja dengan baik, oksigen akan sulit disuplai ke seluruh tubuh, terutama ke otak. Kurangnya oksigen ke otak memicu terjadinya pusing, kurang konsentrasi, daya ingat yang lemah, dan kepala yang terasa pusing.

Cara mencegah penyakit ginjal

Berikut beberapa perubahan gaya hidup sehat yang sanggup Anda dan keluarga Anda lakukan untuk mencegah penyakit ginjal:
  • Menjaga tekanan darah biar selalu berada dalam kisaran normal.
  • Jika Anda mempunyai diabetes, kontrol kadar glukosa darah Anda. 
  • Perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. 
  • Olahraga secara teratur, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit ginjal dan bahkan penyakit kronis lainnya.
  • Selalu berhati-hati ketika ingin mengonsumsi obat-obatan, termasuk suplemen, herbal, dan vitamin. 
  • Penuhi kebutuhan cairan badan Anda dengan banyak minum. 
  • Bila Anda termasuk aktif berolahraga, cukupi kebutuhan cairan dalam jumlah yang lebih banyak. Namun kalau Anda terlanjur mengalami penyakit ginjal, patuhi batasan konsumsi cairan harian yang telah ditetapkan dokter.
  • Hindari rokok lantaran sanggup mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah anda. Tekanan darah yang meningkat sanggup mengakibatkan terganggunya fungsi ginjal.
  • Hindari stres yang berlebihan.

Demikian artikel apa saja ciri ciri sakit ginjal? Semoga sanggup menambah wawasan Anda mengenai ciri-ciri penyakit ginjal.