Istimewa!! Ternyata Ini Segudang Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Ternyata Ini Segudang Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan  Istimewa!! Ternyata Ini Segudang Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan
Ternyata Ini Segudang Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan (Gambar: Glitzmedia.co)

Siapa sangka sayur murah ini kaya manfaat!

Labu siam atau yang biasa disebut jepan oleh masyarakat Solo dan sekitarnya ini ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan...

Sechium edule atau yang lebih dikenal dengan labu siam, ialah salah satu jenis sayur yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Sayuran ini sanggup eksklusif dinikmati dengan cara direbus bersama kulitnya. Rasanya yang yummy dan manis menciptakan sayuran ini gampang untuk diolah.

Selain direbus, masyarakat umumnya mengakibatkan sayuran ini sebagai materi untuk menciptakan sayur lodeh, lontong sayur, tumis labu, lalapan, dan lain sebagainya.

Sekilas, labu siam memang tidak menarik dilihat. Meski begitu, sayuran ini sebetulnya mempunyai manfaat kesehatan yang tidak kalah banyak, loh.

Kandungan Gizi Labu Siam

Karena tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh, labu siam ialah salah satu jenis sayuran yang rendah kalori. Tidak heran, jikalau sayuran ini sering direkomendasikan bagi orang yang ingin menurunkan kolesterol dan mengurangi berat badan.

Tidak hanya itu, labu siam kaya akan serat, antioksidan, zat besi, mangan, fosdor, seng, potassium, tembaga, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C. Labu siam juga kaya akan kandungan folat yang membantu pembentukan sel dan sintesis DNA.

Selain itu, sayuran ini juga nyatanya mengandung sejumlah kecil antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid yang sangat penting dalam membantu memerangi radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (SOR) di tubuh yang keduanya berperan dalam penuaan dan perkembangan kanker.

Di wilayah Jawa, labu siam lebih dikenal dengan sebutan jepan, sedangkan di dunia labu siam disebut dengan nama chayote.

Labu siam sendiri bukan merupakan tumbuhan orisinil Indonesia. Seperti namanya, labu siam berasal dari wilayah Siam yang berada di Negara tetangga kita yakni Thailand.

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan


Labu siam (tribunnews.com)

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi dalam labu siam, berikut ini beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan yang harus Anda ketahui, sebagaimana kami lansir dari hellosehat.com;

1. Baik untuk perempuan hamil

Manfaat labu siam bagi ibu hamil sangat luar biasa, kandungan folat (vitamin B9) dalam labu siam sangat anggun untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sang ibu selama kehamilan.

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan folat ketika kehamilan akan mengakibatkan problem kesehatan bagi bayi. Misalnya, cacat tabung saraf, problem jantung, malformasi ekstremitas, bahkan keguguran.

2. Menjaga kolesterol

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, labu siam mengandung sedikit kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Nah, hal ini mengakibatkan labu siam sebagai salah satu masakan yang baik untuk menjaga kadar kolesterol Anda berada dalam batas normal.

3. Mengontrol tekanan darah tinggi

Manfaat labu siam untuk hipertensi adalah dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah lantaran mempunyai sifat diuretik yang ringan.

4. Mengatasi anemia

Kekurangan zat besi sanggup menciptakan seseorang rentan menderita anemia. Nah, ternyata labu siam ialah sumber senyawa tersebut.

Kandungan vitamin zat besi dalam labu siam sanggup membantu hemogloblin mengikat oksigen.

4. Menangkal radikal bebas

Labu siam ialah sumber vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat.

Nah, antioksidan sendiri ialah zat yang sanggup membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain menangkal radikal bebas, kandungan vitamin C dalam labu siam juga membantu mencegah kerusakan kulit akhir radikal bebas penyebab penuaan dini.

Seorang Suami Melubangi Labu dan Memasukkan 4 Butir Telur, Setelah Direbus, Sang Istri Kaget dengan Hasilnya

5. Anti kanker

Kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik pada labu siam sanggup mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Radikal bebas ini jikalau tidak diperhatikan maka sanggup memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Itu sebabnya jikalau Anda mengonsumsi labu secara rutin sanggup membantu mencegah tumbuh kembang sel kanker dalam tubuh.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh para mahasiswa UGM diketahui jikalau labu siam sanggup dipakai sebagai materi dasar pembuatan salep untuk pengobatan alternatif melanoma maligna.

Hal ini dikarenakan labu siam mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang merupakan senyawa metabolit sekunder dan mempunyai sifat sebagai anti kanker.

Jadi, pastikan Anda dan keluarga Anda mengonsumsi labu siam ya!

Manfaat labu siam rebus, atau manfaat labu siam kukus akan lebih Anda rasakan lantaran akan menjaga nutrisinya dan tidak perlu dicampur dengan santan menyerupai ketika menciptakan sambal goreng.

Demikian, biar bermanfaat.