Kenali Tanda-Tanda Asam Urat Sebelum Terlambat, Usia Muda Tak Jadi Jaminan Loh

Kenali Gejala Asam Urat Sebelum Terlambat  Kenali Gejala Asam Urat Sebelum Terlambat, Usia Muda Tak Makara Jaminan Loh
Kenali Gejala Asam Urat Sebelum Terlambat (Foto: hellosehat.com)

Pernah mencicipi sakit pada pergelangan kaki atau tangan? Penyebabnya sangat beragam, salah satunya asam urat.

Meski biasa menyerang orang diusia 40an, tetap hati-hati bagi kalian yang berusia muda...

Penyakit asam urat yakni bentuk arthritis (peradangan pada sendi) yang dikenal masyarakat dengan istilah encok.

Penyebab asam urat adalah terlalu banyaknya kadar purin di dalam tubuh. Purin yakni protein yang ada diproduksi di dalam tubuh dan juga terkandung pada banyak makanan. Semakin banyak makan kuliner yang mengandung purin, semakin besar juga tubuh memproduksi asam urat atau uric acid.

Nah, kadar purin yang tinggi ini akan mengalir di dalam darah dan kesudahannya mengubah asam urat menjadi kristal. Semakin lama, kristal akan menumpuk di sekitar sendi dan jaringan lunak tubuh lainnya.

Akibatnya, sendi dan otot akan terasa linu serta nyeri. Seperti inilah proses terjadinya asam urat pada tubuh Anda.

Sebenarnya, kondisi ini sanggup hilang dalam satu atau dua hari. Purin yang berlebih akan dibersihkan dari darah oleh ginjal dan dibuang dari dalam tubuh bersama dengan urine. Namun, kadar asam urat juga sanggup terus menumpuk di dalam tubuh, dikala ginjal terlalu sedikit membuang asam atau bila terus tubuh memproduksinya dalam jumlah banyak.

Penyakit ini umum terjadi, terutama pada orang pandai balig cukup akal yang berusia sekitar 40 hingga 50 tahun. Namun, orang berusia sekitar 20 tahun atau lebih dilaporkan juga sanggup mempunyai kondisi ini.

Biasanya gejala asam urat pada kaki, gejala asam urat pada tangan berupa nyeri akan Anda rasakan. Jika kondisi sudah tidak mengecewakan parah nyeri tersebut makin tak tertahankan, timbul pembengkakan, dan terkadang diikuti rasa panas menyengat di persendian.

Organ tubuh yang paling sering terkena asam urat yakni persendian tangan, lutut, pergelangan kaki, dan juga jari kaki, mengingat di penggalan tubuh tersebut biasanya daerah menumpuknya kandungan asam urat.

Asam Urat Beda dengan Rematik

Penyakit asam urat dan rematik yakni dua penyakit yang yang dianggap sama, padahal berebeda. Hal ini karena gejala asam urat dan rematik hampir mirip.

Pada umunya, penyakit asam urat dan rematik mengakibatkan rasa nyeri pada persendian tubuh. Sehingga, penyakit asam urat dan rematik termasuk dalam kategori penyakit nyeri sendi.

Jika asam urat muncul karena terlalu banyaknya kadar asam (uric acid) pada tubuh. Rematik atau dalam bahasa medis disebut rheumatoid arthritis yakni penyakit autoinum yang menimbulkan sendi-sendi menjadi kaku dan meradang.

Rematik disebabkan oleh sistem imun yang menyerang jaringan tubuh sehat. Serangan yang 'keliru' ini menimbulkan lapisan tipis sel menutupi persendian dan kesudahannya sendi akan meradang dan bengkak.

Lapisan tersebut juga melepaskan materi kimia yang kemudian merusak tulang rawan dan tulang dalam sendi.

Nah, berikut akan kami paparkan gejala, penyebab serta cara pengobatan asama urat sebagaimana dikutip dari banyak sekali sumber;

Gejala Asam Urat


Gejala asam urat (alodokter.com)

Sama ibarat penyakit lainnya, tidak semua orang akan mencicipi tanda-tanda asam urat yang sama. Namun, tanda-tanda asam urat yang umumnya sering terjadi, meliputi:

  • Nyeri sendi mendadak
  • Pembengkakan pada sendi (efusi sendi)
  • Kesulitan untuk melaksanakan aktivitas karena gerakan terbatas
  • Area yang nyeri dan membengkak akan terasa panas
  • Kemerahan pada kulit di sekitar sendi
  • Muncul nodul (pembengkakan parah yang memerah di kulit)

Biasanya tanda-tanda asam urat hanya memengaruhi satu sendi, contohnya asam urat pada kaki. Rasa sakit yang semakin parah menunjukan bahwa peradangan pada sendi juga semakin memburuk.

Area yang paling sering mengalami rasa sendi yakni jempol kaki dan dikenal dengan istilah podagra (peradangan pangkal ibu jari kaki). Banyak orang yang mencicipi asam urat pada kaki atau tangan, namun kondisi ini bersama-sama sanggup terjadi hampir di semua sendi yang ada pada tubuh.

Penyebab Asam Urat

Asam urat tidak hanya menyerang orang-orang berusia lanjut. Sekarang ini, banyak orang di usia muda sudah mempunyai kadar asam urat tinggi. Asam urat merupakan hasil tamat metabolisme kuliner yang kemudian dibuang melalui urine.

Kadar asam urat yang tinggi sanggup disebabkan karena terlalu banyak asupan kuliner yang berpotensi menghasilkan asam urat, terhambatnya pembuangan melalui ginjal, atau kondisi tubuh yang terlalu aktif menghasilkan asam urat melebihi normal.

Kadar asam urat sanggup tinggi disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makan yang mengandung purin tinggi. Masalahnya, dikala mencerna kuliner yang mengandung purin, tubuh akan secara otomatis memproduksi asam urat. Makara siapa saja yang mengonsumsi kuliner dengan purin tinggi akan mempunyai kadar asam urat yang tinggi pula. Termasuk mereka yang berusia di bawah 30 tahun, bahkan masih berusia remaja.

Semakin hari, semakin banyak orang yang tidak memerhatikan pola makan dan apa saja kandungan dari kuliner yang dikonsumsi. Hal inilah yang menciptakan pola makannya menjadi jelek dan sanggup meningkatkan risiko asam urat.

Asam urat pada usia muda juga sanggup disebabkan oleh faktor genetik. Ini artinya mereka yang mempunyai anggota keluarga berpenyakit asam urat berisiko mengalami kondisi yang sama. Apalagi kalau Anda juga kurang menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

Cara Mengobati Asam Urat


Ilustrasi obat asam urat (hellosehat.com)

Jika dipastikan menderita asam urat tinggi, maka beberapa langkah pengobatan berikut ini biasanya akan diresepkan oleh dokter:

Tujuan pengobatan dengan obat asam urat yakni untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah serta mencegahnya untuk kambuh kembali.

  • Sebagai pereda nyeri beberapa obat biasanya akan diresepkan ibarat colchicine, OAINS (obat anti-inflamasi nonsteroid), dan obat-obatan golongan steroid.
  • Untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah dokter biasanya akan meresepkan obat penurun kadar asam urat contohnya allopurinol.
  • Agar asam urat tak kambuh lagi konsumsi kuliner rendah kalori, jaga berat tubuh ideal, hindari kuliner kadar asam urat tinggi ibarat jeroan, biji melinjo atau yang lainnya.

Asam urat bukan termasuk penyakit berbahaya walaupun mengakibatkan rasa nyeri yang menyiksa. Namun bila tidak ditangani dengan baik, sanggup mengakibatkan komplikasi beberapa penyakit sebagai berikut:

  • Penderita mengalami nyeri menyengat akhir timbul benjolan keras efek lanjutan dari radang.
  • Sendi sanggup makin sakit dan rusak yang disebabkan radang
  • Makin banyak benjolan muncul dalam sendi dan mengganggu fungsi tulang rawan
  • Tulang sendi juga tidak sinkron dalam bekerja dengan penggalan tulang lain sehingga sanggup rusak akhir asam urat tidak segera diobati
  • Dampak lanjutan sanggup mengganggu fungsi ginjal dengan munculnya kerikil ginjal efek endapan kadar asam urat dan kalsium yang tinggi.

Oleh karena itu bila penderita mengalami gangguan kesehatan akhir kadar asam urat tinggi sebaiknya segera diobati sebelum muncul gangguan komplikasi ibarat di atas.

: Ini Makanan Untuk Penderita Asam Urat, Terbukti Ampuh Turunkan Zat Purin

Makanan Penyebab Kadar Asam Urat


Makanan penyebab asam urat (cermati.com)

Asam urat tinggi sanggup disebabkan komplikasi banyak konsumsi kuliner tinggi kadar asam uratnya, jarang berolah raga sehingga kadar asam urat tidak sanggup terbakar menjadi energi, dipicu usia dan juga biasanya kuliner tidak sehat tersebut juga mengandung kolesterol tinggi.

Sebagai langkah antisipasi supaya tidak terkena penyakit asam urat, pola makan teratur untuk kadar lemak rendah, banyak serat baik untuk dilakukan. Hindari juga beberapa kuliner dengan kadar asam urat tinggi berikut ini:

1. Hindari Jeroan, pantangan utama penderita asam urat

Jeroan daging sapi, ayam maupun kambing ibarat rempela, babat, kikil, hati, ginjal, kelenjar timus, harus dihindari penderita kadar asam urat tinggi.

Menu ini kaya akan purin sebagai pemicu asam urat tinggi akhir senyawa kimia pecah menjadi lemak dan zat asam urat sehingga bila dikonsumsi berlebih, tidak baik bagi tubuh dalam tubuh.

2. Daging Sapi merah yang kaya purin dan kolesterol

Daging merah baik daging sapi maupun kambing juga kaya akan purin dan kolesterol sehingga perlu dikurangi konsumsinya. Idealnya cukup beberapa gram saja selama konsumsi seminggu supaya tidak mengganggu kesehatan dari sisi kadar asam urat.

Pusat purin yakni pada lemak yang melekat pada daging, sehingga bila mau sehat konsumsi daging, penggalan ini harus dibuang. Pengganti daging merah bila Anda yakni maniak daging, sanggup diganti dengan daging ayam atau kalkun.

3. Seafood, pantangan lain selain jerohan yang wajib dihindari

Seafood juga kaya akan purin dan kalium pemicu asam urat tinggi. Menu enak ini biasanya banyak disajikan dalam bentuk olahan materi kuliner dari udang, kerang, lobster, atau ikan tuna.

Jika dilihat dari hasil riset 86 gram lobster sanggup support lebih dari 66 miligram kolesterol dan akan makin banyak kolesterol dan purinnya bila digoreng.

Makara tinggalkan seafood atau setidaknya kurangi bila Anda yakni penderita asam urat tinggi.

Seperti yang telah kami terangkan diatas, penyakit ini umum terjadi terutama pada orang pandai balig cukup akal yang berusia sekitar 40 hingga 50 tahun. Namun, orang berusia sekitar 20 tahun atau lebih dilaporkan juga sanggup mempunyai kondisi ini.

Oleh karena itu, menerapkan hidup sehat selagi muda yakni solusi terbaik mencegah datangnya asam urat.
Related Posts