Langkah & Cara Memandikan Bayi Gres Lahir, Bunda Tak Boleh Sembarangan

Bagaiamana cara memandikan bayi gres lahir dengan kondusif Langkah & Cara Memandikan Bayi Baru Lahir, Bunda Tak boleh Sembarangan
Langkah & Cara Memandikan Bayi Baru Lahir (Foto: pay-yun.com)

Bagaiamana cara memandikan bayi gres lahir dengan aman?

Bunda tak boleh asal, ini langkah-langkah dan cara yang wajib bunda perhatikan.

Cara memandikan bayi memang susah-susah-gampang. Memandikan si kecil bayi sangat menyenangkan, tetapi Bunda mungkin merasa sedikit gugup untuk melakukannya.

Bagi setiap Bunda yang gres saja dianugerahi seorang malaikat kecil, memandikan si kecil akan menjadi satu acara yang absurd dan terasa menakutkan. Terlebih, Bunda belum tahu bagaimana cara memandikan bayi gres lahir.

Maka, masuk akal saja jikalau Anda merasa gugup kalau harus memandikan bayi Anda.

Akan tetapi, seiring waktunya, Bunda akan menjadi terbiasa memandikan si kecil nantinya. Bunda akan menjadi luwes, dan tidak takut lagi. Bahkan Bunda sanggup memandikan sembari bermain dengan si kecil. Kegiatan memandikan si kecil pun niscaya akan terasa lebih menyenangkan.

Penting untuk mempersiapkan diri dan mengetahui cara memandikan bayi supaya Anda dan bayi tetap nyaman selama prosesnya.

Nah, berikut telah kami rangkum panduan & tahapan cara memandikan bayi gres lahir secara aman, semoga sanggup membantu bunda sekalian. Namun, sebelumnya bunda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Bayi gres lahir sebaiknya mandi seberapa sering?

Bayi yang gres lahir bersama-sama tidak perlu mandi terlalu sering. Yang penting selama Anda mengganti popok bayi, Anda juga ikut membersihkan tubuhnya.

Jika mandi terlalu sering, kulit bayi sanggup jadi kering. Biasanya memandikan bayi yang gres lahir tiga hingga empat kali seminggu atau dua hari sekali sudah cukup.

Akan tetapi, Anda sanggup menyesuaikan sendiri dengan kondisi buah hati. Karena Indonesia yakni negara tropis yang suhunya cukup tinggi dan lembap, Anda mungkin ingin memandikan bayi setiap hari. Ada juga orangtua yang memandikan bayi yang gres lahir dua kali sehari. 

Kapan waktu terbaik untuk memandikan bayi yang gres lahir?

Yang harus Bunda perhatikan jikalau Anda hendak memandikan bayi, hindari memandikan bayi setelah beliau menyusu atau makan. Lebih baik menunggu beberapa ketika hingga perutnya menyesuaikan asupan yang gres saja masuk.

Selain itu pilihlah waktu yang tepat memandikan bayi dimana tidak akan ada yang mengganggu Bunda. Hal ini sangat penting dan jangan meninggalkan bayi bahkan untuk beberapa detik sekalipun pada ketika memandikan bayi. Jika ada hal yang mengganggu dan harus meninggalkan ruangan, bawalah si bayi bersama Bunda.

Anda juga sanggup memandikan bayi di pagi hari ketika suasana hati bayi Anda sedang baik dan ia tidak begitu mengantuk. Memandikan bayi di sore hari juga tidak jadi masalah. Yang penting Anda menjaga supaya ia tidak kedinginan.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir


Cara memandikan bayi gres lahir (hellosehat.com)

Dilansir dari hellosehat.com, ada 2 tahapan yang harus bunda ketahui ketika memandika bayi gres lahir. yaitu ketika tali pusarnya belum lepas, dan setelah lepas. Berikut uraiannya;

Cara memandikan bayi gres lahir yang masih ada tali pusar

Kebanyakan bayi berusia di bawah dua atau tiga ahad tali pusarnya belum lepas. Hati-hati alasannya yakni biasanya tali pusar bayi masih agak berair dan sebaiknya tidak kena air. Butuh cara memandikan bayi gres lahir dan perawatan tali sentra secara khusus.

Untuk itu, Anda sanggup memandikannya dengan cara menyeka tubuhnya dengan waslap atau kain lembut. Perhatikan langkahnya berikut ini.

  • Alasi meja atau permukaan yang datar menyerupai lantai dengan ganjal empuk yang tahan air atau handuk lembut. Anda juga sanggup melakukannya di meja untuk mengganti popok bayi.
  • Baringkan bayi pada punggungnya, tahan potongan belakang kepala dan lehernya dengan salah satu tangan Anda.
  • Usap tubuh, kepala, dan wajah bayi Anda pelan-pelan dengan waslap yang sudah dibasahi dengan air yang cukup hangat.
  • Setelah tubuhnya basah, usap lagi dengan waslap dengan sabun yang sangat lembut dan kondusif untuk bayi yang gres lahir.
  • Untuk membersihkan kedua kelopak matanya, siapkan dua lembar kapas lembut yang tidak banyak seratnya. Mulailah dari potongan mata yang erat dengan hidung dan usap ke arah luar. Ulangi pada kelopak mata satunya dengan kapas yang baru.
  • Pastikan Anda juga menyeka lekukan-lekukan tubuhnya menyerupai ketiak, leher, belakang telinga, dan lutut potongan belakang.
  • Akhiri dengan membersihkan potongan alat kelamin dan pantat bayi, mulai dari depan ke belakang.
  • Angkat bayi dengan kedua tangan Anda dan bungkus dengan handuk kering.

Sebelum menggunakan popok atau baju, peluk dan timang-timang si buah hati alasannya yakni hal ini sanggup memperlihatkan rangsangan bagi indra perabanya sekaligus membangun ikatan yang berpengaruh antara Anda dan bayi

Cara memandikan bayi yang tali pusarnya sudah lepas

Setelah tali pusar bayi Anda lepas dan bekas lukanya mengering, Anda sanggup mulai memandikan bayi di dalam kolam mandi bayi. Caranya pun cukup sederhana. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Siapkan kolam mandi bayi dengan air hangat (dengan suhu kira-kira 37 derajat Celsius) setinggi 5 sentimeter.
  • Dengan kedua tangan Anda, pindahkan bayi ke dalam kolam mandinya dengan posisi berbaring agak tegak.
  • Tahan potongan belakang kepala dan lehernya dengan tangan Anda yang tidak dominan.
  • Mulailah dengan menyeka lembut wajah bayi dengan waslap, diikuti dengan kepala dan sekujur tubuhnya.
  • Tuang sabun mandi yang kondusif untuk bayi gres lahir di waslap.
  • Usap lagi wajah dan seluruh tubuh bayi, jangan lupa untuk membersihkan setiap lekukan dan lipatan tubuhnya (tak perlu hingga ke dalam pendengaran atau hidung).
  • Bersihkan kedua kelopak mata bayi dengan kain lembut atau kapas yang tidak banyak seratnya.
  • Akhiri dengan membersihkan area kelamin dan pantat bayi, mulai dari depan ke belakang.
  • Untuk menstimulasi indra perabanya, biarkan si buah hati menikmati waktu mandinya dan tuangkan air hangat ke perut atau bahunya pelan-pelan.
  • Angkat bayi dengan kedua tangan Anda dan bungkus dengan handuk yang kering.

Peluk dan timang-timang bayi setelah mandi untuk menjalin ikatan dan kasih sayang antara ibu dan anak.

: Tips Membuat Bayi Selalu Wangi dan Segar Sepanjang Hari

Hindari 7 Hal Ini Saat Memandikan Bayi Baru Lahir



Ini beliau beberapa kesalahan yang masih umum dilakukan ketika sedang memandikan bayi, Bunda juga perlu memperhatikannya.

1. Memandikan bayi terlalu sering

Mungkin bunda ingin memastikan bahwa si kecil selalu di dalam kondisi yang bersih. Namun, apakah Bunda tahu bahwa memandikan bayi terlalu sering justru menciptakan kulitnya kering?

Tidak hanya itu, bayi juga bersama-sama tidak perlu dimandikan setiap ketika alasannya yakni tubuhnya tidak kotor. Bunda bahkan sanggup hanya menyeka wajah dan tubuhnya menggunakan waslap sehingga bayi terlihat lebih segar.

2. Mengabaikan rasa tidak nyaman bayi

Rasa tidak nyaman yang terkadang ditunjukkan ketika merasa tidak suka untuk dimandikan.

Tips memandikan bayi gres lahir yang menangis ketika akan mandi ini yakni dengan melaksanakan alternatif menyerupai mengusap mata dan wajah bayi dengan menggunakan waslap yang sebelumnya dicelupkan ke dalam air hangat.

Setelah potongan wajah, bunda sanggup melanjutkan untuk membasuh potongan tubuh bayi lainnya dengan trik yang sama.

3. Tidak menggunakan sabun khusus bayi

Sabun biasa memang akan memperlihatkan busa yang banyak. Tapi tahukah Bunda, bahwa inilah penyebab kulit bayi menjadi kering?

Memandikan bayi, wajib menggunakan sabun dan shampoo khusus untuk kulit bayi dengan kandungan pH netral.

Sekarang ini sudah ada begitu banyak pilihan produk yang sanggup bunda pilih sebagai materi pertimbangan. Baca baik-baik kandungan yang ada di dalamnya sebelum Bunda memutuskan untuk membeli dan menggunakannya ketika memandikan bayi.

4. Tidak menyadari kesalahan kecil penyebab kulit bayi kering

Bunda memang harus mengingat bahwa kulit bayi memang intinya sangat simpel bermetamorfosis kering.

Oleh alasannya yakni itu, jangan lupa mengaplikasikan krim khusus bayi yang sanggup menjaga kelembapan kulitnya. Terutama setelah mandi.

5. Bergonta-ganti shampo

Dikutip dari orami.co.id, Dr. Rini Sekartini, SpOg. mengatakan, bayi gres lahir cukup keramas sebanyak dua kali dalam seminggu. Selain itu, gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut bayi.

Hindari bergonta-ganti produk shampo dan perhatikan keamanannya.

Jangan lupa untuk membersihkan kerak-kerak yang mungkin terdapat pada kulit kepala bayi. Jika berat bayi masih di bawah 2 – 5 kg, sebaiknya cukup gunakan waslap.

6. Mengabaikan pemilihan waktu mandi

Kebanyakan bayi akan pribadi merasa lebih relaks setelah mandi. Maka dari itu, sebaiknya di dalam memandikan bayi Bunda juga perlu memperhatikan pemilihan waktu.

Contohnya yakni ketika sore hari, secara rutin di jam yang sama setiap harinya. Dimana sore hari setelah mandi si kecil sanggup tidur dengan lebih nyenyak alasannya yakni tubuhnya terasa segar dan nyaman.

Setelah tanggapan mandi jangan lupa untuk mengeringkan tubuh bayi menggunakan handuk bayi.

Dalam menentukan handuk bayi bunda juga perlu memperhatikan beberapa hal menyerupai memilih handuk bayi dengan tekstur yang lembut (berlabel “cotton combad”), tidak mengandung parfum atau pewangi dan simpel menyerap air.

7. Tidak memerhatikan kondisi kolam mandi yang licin

Memandikan bayi gres lahir untuk pertama memang terasa sulit bagi ibu baru. Jika tidak dilakukan secara hai-hati sanggup membahayakan bayi.

Air di dalam kolam mandi yang bercampur dengan sabun sangat licin dan bayi rawan terjatuh hingga terbentur. Oleh alasannya yakni itu Bunda kudu hati-hati.

Demikianlah pembahasan lengkap cara memandikan bayi gres lahir, semoga bermanfaat ya Bunda! Oh ya,, jangan lupa untuk share artikel ini kepada Buda lain.