Manfaat Minyak Ikan Memang Luar Biasa, Tapi Pengaruh Sampingnya Juga Mengerikan

Selama ini mungkin Anda sudah tahu manfaat minyak ikan Manfaat Minyak Ikan Memang Luar Biasa, Tapi Efek Sampingnya Juga Mengerikan
Manfaat dan efeksamping minyak ikan (foto: idntimes.com)

Selama ini mungkin Anda sudah tahu manfaat minyak ikan.

Mulai dari manfaat minyak ikan untuk anak, manfaat minyak ikan untuk ibu hamil dan manfaat minyak ikan untuk kesehatan.

Namun tahukah Anda, ternyata mengkonsumsi minyak ikan ada imbas sampingnya?

Minyak ikan sering kali menjadi salah satu materi utama suplemen, baik dalam bentuk kapsul, pil, maupun cairan, dan dipercaya bisa membantu mengatasi bermacam-macam jenis penyakit.

Jika ingin menerima manfaat minyak ikan, maka bisa diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara pribadi atau dalam bentuk suplemen.

Minyak ikan menjadi Istimewa alasannya yakni mengandung omega-3, yaitu asam lemak esensial yang diharapkan untuk kesehatan, tapi tidak diproduksi secara alami oleh tubuh.

Terdapat dua jenis asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA).

Eicosapentaenoic (EPA) yang banyak terdapat di aneka macam ikan bahari dan asam docosahexaenoic (DHA) yang terdapat pada retina mata manusia, sperma, dan otak.

Sebanyak 40% otak insan mengandung lemak tak jenuh jamak, termasuk DHA. Oleh alasannya yakni itu, banyak yang menyatakan bahwa asam lemak omega 3 berdampak pada kecerdasan anak.

Tuna, salmon, sarden, dan makarel yakni contoh-contoh ikan yang kaya dengan kandungan asam lemak omega-3. Tiap 100 gram dari ikan-ikan ini mengandung kurang lebih satu gram asam lemak omega-3.

Banyak jago kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi minyak ikan setiap hari. Meski begitu, ada juga lho kekurangan dan imbas samping dari konsumsi minyak ikan.

Berikut akan kami jabarkan manfaat minyak ikan dan juga imbas sampingnya;

Apa Saja Manfaat Minyak Ikan? 


Sumber: kompas.com

Dikutip dari kompas.com, penelitian menemukan minyak ikan mempunyai sejumlah manfaat, antara lain:

1. Mengurangi kadar trigliserida

Manfaat minyak ikan bagi tubuh - Minyak ikan terbukti sanggup menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Risiko terkena penyakit jantung akan meningkat seiring dengan tingginya kadar trigliserida di dalam tubuh.

2. Memelihara kesehatan jantung

Mengonsumsi ikan yang kaya minyak ikan sanggup membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan, mereka yang mengonsumsi minyak ikan secara rutin berisiko lebih rendah untuk terkena serangan jantung, dan mempunyai tekanan darah yang lebih terkontrol.

3. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Minyak ikan bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis).

Penelitian menunjukkan, konsumsi minyak ikan sanggup mengurangi kadar kolesterol jahat dan mencegah peradangan. Sehingga risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah pun menurun.

4. Baik untuk Ibu hamil

Manfaat minyak ikan bagi ibu hamil - Minyak ikan selain baik untuk kondisi kesehatan secara umum, juga mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil.

Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan sanggup mengurangi risiko preeklamsia, persalinan prematur, dan meningkatkan berat tubuh lahir bayi.

5. Mengurangi kebutuhan akan obat-obatan asma

Manfaat minyak ikan untuk anak - Minyak ikan bisa menurunkan kebutuhan obat-obatan asma pada sebagian anak, namun tidak pada orang dewasa.

: Selain Ikan, Ternyata 6 Makanan Ini Sangat Ampuh Untuk Membuat Otak Encer, Inilah Daftarnya

Efek Samping Minyak Ikan Jika Dikonsumsi Berlebihan


Sumber: IDNtimes

Meski kaya nutrisi dan mempunyai bermacam-macam manfaat, konsumsi minyak ikan dalam takaran tinggi justru bisa membahayakan kesehatan.

Sebagaimana dikutip dari IDNtimes berikut  beberapa risiko yang mungkin ditimbulkan, di antaranya:

1. Konsumsi minyak ikan berlebih sanggup menimbulkan pendarahan

Pendarahan bisa terjadi alasannya yakni kandungan asam lemak omega-3 yang menekan sistem pembuluh darah. Pendarahan bisa terjadi tiba-tiba, apalagi bila dikonsumsi dengan obat pengencer darah.

2. Minyak ikan berpotensi menimbulkan pelapukan tulang

Pada kadar yang tepat, minyak ikan baik untuk pembentukan tulang. Namun, bila dikonsumsi berlebih, akan terjadi penumpukan kalsium di area tulang lunak.

Hal itu berakibat terjadinya pelapukan tulang yang terjadi lebih cepat. Peristiwa tersebut bisa mengancam belum dewasa yang masih dalam masa pertumbuhan tulang.

3. Konsumsi minyak ikan dari pemanis berisiko menimbulkan keracunan vitamin

Suplemen minyak ikan biasanya juga mengandung bermacam-macam vitamin. Jika dikonsumsi melebihi kebutuhan vitamin per hari bisa menimbulkan keracunan dan gangguan kesehatan lainnya.

Salah satu misalnya yakni kelebihan vitamin A dalam pemanis minyak ikan bisa menimbulkan kerontokan rambut.

Ada juga tanda-tanda keracunan lain, ibarat mual-mual dan sakit kepala.

4. Melemahkan sistem imun tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau juga dikenal dengan sistem imun berfungsi mencegah nanah yang muncul. Masuknya asupan minyak ikan berlebih dalam tubuh bisa mengganggu keseimbangan sistem imun tubuh.

5. Konsumsi minyak ikan bisa menimbulkan alergi

Minyak ikan yang berbentuk pemanis terdiri dari bermacam-macam kuliner laut. Anda perlu tahu apa alergi kuliner laut.

Alergi bisa jadi makin parah bila gak ditangani dengan baik. Konsumsi minyak ikan pun gak dianjurkan bagi penderita HIV/AIDS alasannya yakni bisa berdampak pada keseimbangan hormon.

6. Kanker pankreas dan kerusakan hati

Minyak ikan yang cukup terkenal dikonsumsi sebagai pemanis kesehatan tak jarang dikaitkan dengan manfaat kesehatannya terhadap pencegahan kanker.

Namun sejauh ini penelitian menunjukkan, klaim tersebut tidak tepat, alasannya yakni tidak ditemukan adanya imbas konsumsi minyak ikan terhadap penurunan risiko kanker.

Konsumsi minyak ikan berlebih justru bisa menimbulkan kanker pankreas alasannya yakni stres oksidatif yang merusak DNA dalam tubuh.

Sementara, akhir lainnya yakni kerusakan hati alasannya yakni fungsinya sebagai penetral racun bisa tercampur dengan kandungan minyak ikan yang berlebih dalam tubuh.

Jika Anda perlu konsumsi minyak ikan dalam jumlah besar, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter.

Kenali juga jenis minyak ikan dan pemanis yang kondusif buat Anda. Jangan hingga konsumsi minyak ikan bukannya bikin Anda makin sehat, malah bikin makin sakit.

Demikian, biar bermanfaat.