Meski Tak Sesempurna Rasulullah Saw, Tapi 5 Golongan Ini Akan Senang Ketika Janjkematian Menjemput


Gambar ilustrasi dilansir dari islamidia.com

Asyhadu an laa illaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadar rasuulullah...

Mustahil, ada insan tepat di bumi selain Baginda Rasulullah SAW.

Namun, dalam hadist disebutkan 5 golongan insan yang akan mendapatkan kebahagian dikala maut menjemput mereka karena Allah SWT akan memberi ampunan dan Nabi Muhammad SAW akan memperlihatkan syafaatnya...

Nabi Muhammad saw. menyebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Tirmizi, bahwa ada beberapa orang yang akan senang dikala maut menghampiri mereka.

Sebab lewat ajal ia akan bertemu dengan Allah Swt. Terhadap orang-orang tersebut, Allah akan meneguhkan pendirian mereka di jalan yang lurus.

Allah berfirman,

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنتُمْ تُوعَدُون

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” lalu mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kau takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan nirwana yang telah dijanjikan Allah kepadamu” (QS. Fushshilat: 30)

Dilansir dari islam.co, menurut ayat di atas, Imam Abu Laist as-Samarqandi berkata dalam kitab Tanbihul Ghafilin, hanya lima orang berikut ini yang akan berbahagia dikala maut menjemput mereka, yaitu:

Pertama, bagi orang-orang mukmin.

Sekalipun ada azab alam abadi bagi yang melaksanakan larangan-larangan Allah, akan tetapi siksa tersebut tidak abadi bagi orang yang percaya dan beriman kepada Allah dan RasulNya.

Hal itu berkat syafaat Nabi Muhammad bagi umatnya kelak di akhirat, di mana mereka akan dikembalikan ke nirwana sesudah dosa-dosanya dibersihkan.

Sebagaimana akad Allah, bahwa bekerjsama akan masuk nirwana seseorang yang dalam hatinya ada keimanan meski sebesar biji sawi.

Kedua, orang-orang ikhlas.

Allah akan mendapatkan amal perbuatan orang-orang yang tulus dalam beramal.

Bahkan dilipatgandakan. Mereka orang-orang yang akan senang ketika maut tiba.

Ketiga, orang-orang yang bertobat.

Meski sebesar gunung dosa-dosa yang telah dilakukan, bekerjsama ampunan Allah lebih besar.

Maka sungguh berbahagia mereka yang bersungguh-sungguh dalam tobatnya. Sesungguhnya Allah akan mengganti keburukan mereka dengan kebaikan tobat.

Keempat, orang yang zuhud.

Mereka yakni orang yang tidak peduli dengan kenikmatan dunia meski seluruh kenikmatan dibukakan atasnya, ia tetap mendambakan bertemu Rabb-nya.

Mereka tidak perlu khawatir dengan ajal dan hari perhitungan kelak, sungguh mereka akan berbahagia di nirwana yang tidak ada azab di dalamnya.

Kelima, ulama yang mengajarkan kebaikan dan ilmu pengetahuan kepada manusia.

Mereka tidak perlu khawatir dan bersedih terhadap datangnya ajal dan hari akhir.

Sebab amal saleh mereka akan dibalas dengan nirwana yang diperuntukkan bagi mereka dan orang-orang yang mengikuti ajarannya.

Sungguh begitu nikmat islam, sungguh merugi bagi yang meragukannya.

Marilah kita berlomba-lomba dalam kebaikan untuk meraih ridhaNya. Sebab setiap insan berharap ujung perjalanan hidupnya akan ditutup dengam husnul khatimah.

Agar di penghujung nafas akan terkulum kalimat Laa Ilaha illa Allah.

Wallahu’alam.
Related Posts