Penjelasan Lengkap Mengenai Bisul Susukan Kemih Dan Akibatnya


Image Source: tstatic.net

Infeksi susukan kemih atau ISK merupakan infeksi basil yang menyerang kawasan susukan kemih pada tubuh. Infeksi susukan kemih terjadi lantaran kuman masuk ke dalam susukan kemih dan bergerak menuju uretra. Hal ini berlanjut menjadi infeksi basil yang sanggup meluas pada kandung kemih, susukan kencing, ginjal, dan uretra. Apa itu infeksi susukan kemih?

Definisi

Apa yang dimaksud dengan infeksi susukan kemih? Infeksi susukan kemih atau istilah medisnya cystitis yakni kondisi ketika kandung kemih dan pecahan atas uretra meradang (merah dan bengkak). Sering kali peradangan ini disebabkan infeksi bakteri. Kondisi ini menyakitkan serta mengganggu, bahkan sanggup menjadi problem kesehatan yang serius jikalau infeksi menyebar ke ginjal.

Pada umumnya, infeksi kandung kemih sanggup terjadi sebagai reaksi terhadap obat-obatan tertentu serta iritasi. Cystitis yakni infeksi yang sanggup terjadi pada siapa saja. Apakah infeksi susukan kemih berbahaya? Akan tetapi, kondisi ini lebih umum dialami perempuan daripada pria. Kadang-kadang cystitis sanggup jadi kronik (kambuh) dan sulit diobati. Infeksi ini sanggup diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Tidak hanya itu, kondisi ini juga sanggup terjadi sebagai komplikasi dari  penyakit lain. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk warta lebih lanjut. 

Tanda-tanda & gejala

  • Rasa sakit dan terbakar ketika kencing
  • Nyeri dan tekanan di perut pecahan bawah
  • Urin berbau bau atau berwarna keruh
  • Kencing berdarah
  • Sering buang air kecil
  • Demam ringan
Mungkin ada tanda-tanda atau tanda-tanda lain yang tidak disebutkan. Jika Anda mempunyai kekhawatiran wacana gejalanya, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Obat & Pengobatan

Apakah infeksi susukan kemih sanggup sembuh? Pengobatan paling umum untuk cystitis yakni memakai obat antibiotik. Biasanya pil dikonsumsi 3-10 hari untuk menghentikan infeksi bakteri. Dokter mungkin ingin melaksanakan investigasi lain sehabis 1-2 minggu, untuk memastikan infeksi tersebut hilang. Jika infeksi masih sering terjadi, obat mungkin perlu dikonsumsi hingga 6 bulan.

Namun dokter umumnya akan melaksanakan terapi untuk meringankan tanda-tanda dan tanda-tanda interstitial cystitis. Beberapa terapi yang dilakukan dokter meliputi:
  • Mengonsumsi obat oral atau yang dimasukkan eksklusif ke dalam kandung kemih Anda.
  • Prosedur yang memanipulasi kandung kemih Anda untuk memperbaiki gejala, menyerupai peregangan kandung kemih dengan air atau gas (kandung kemih distensi) atau operasi.
  • Stimulasi saraf, yang memakai sengatan listrik ringan untuk meredakan nyeri panggul dan, dalam beberapa kasus, mengurangi frekuensi kencing.

Obat infeksi susukan kemih

1. Antibiotik

Antibiotik biasanya menjadi pilihan pertama untuk obat infeksi susukan kemih. Namun, jenis antibiotik beserta takaran dan durasi pakainya akan ditentukan dokter menurut tingkat keparahan infeksi yang Anda alami. Pada umumnya, antibiotik untuk obat infeksi susukan kencing diminum selama 3-7 hari. Untuk infeksi yang tidak terlalu parah, dokter mungkin merekomendasikan durasi pengobatan yang lebih singkat sekitar satu hingga tiga hari. Pada masalah yang lebih parah, dokter akan menyarankan untuk rawat inap dan menunjukkan antibiotik lewat infus.

2. Perbanyak minum air

Memperbanyak asupan cairan sanggup membantu badan mengeluarkan lebih banyak urin untuk membilas bakteri. Air putih yakni pilihan terbaik Anda, tapi sanggup juga dengan minum jus buah orisinil atau makan buah dan sayuran segar yang mengandung banyak air, menyerupai semangka dan timun, untuk membantu meningkatkan produksi urin.

3. Minum vitamin C

Selain meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, komplemen vitamin C juga membantu meningkatkan keasaman urin yang akan mempercepat proses penyembuhan.

4. Perbanyak istirahat

Istirahat total dan hindari kegiatan tertentu yang sanggup memerangkap panas dan kelembapan di area selangkangan. Suhu basah sanggup menciptakan basil berkembang biak semakin subur. Dokter mungkin menyarankan Anda untuk berpuasa seks dulu hingga infeksinya sembuh total semoga tidak menulari pasangan Anda.

5. Jaga kebersihan pribadi

Selalu perhatikan kebersihan diri sendiri, tak hanya ketika sedang sakit tapi juga sebelum dan sehabis pulih. Untuk menghindari kuman dari kulit sekitarnya menyusup masuk ke susukan kencing. Ketika mandi, lebih baik memakai shower daripada berendam di kolam mandi. Gunakan sabun netral yang tidak berpengharum.