10 Manfaat Susu Kedelai Bagi Tubuh


Image Source: pixabay.com

Susu kedelai merupakan salah satu minuman sehat yang penuh gizi. Susu kedelai kaya asam lemak, protein, serat, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Pengganti susu sapi ini bahwasanya bukanlah susu, namun merupakan sari kedelai berwarna putih yang dihasilkan melalui proses perendaman, penggilingan, dan perebusan kacang kedelai. Dengan kandungan nutrisi yang beragam, manfaat susu kedelai bisa dirasakan oleh setiap orang yang ingin menerima manfaat sehat dari jenis susu lainnya.

Banyak yang mengambil manfaat susu kedelai alasannya ialah minuman tersebut menjadi sumber yang baik untuk serat, magnesium, fosfor, potasium, dan protein. Dalam kedelai sendiri mengandung laktosa serta rendah akan lemak jenuh dan kolesterol. Banyak penelitian sudah memberi bukti bila sari kacang kedelai sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaat dari susu kedelai? Apa manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui?

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Apa manfaat susu kedelai untuk kesehatan? Susu kedelai mengandung protein yang diharapkan insan sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein terbuat dari asam amino yang mempunyai laba mencegah banyak sekali penyakit. Asam amino dan isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai mempunyai fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Beberapa penelitian membandingkan susu kedelai dengan susu sapi dalam menurunkan tekanan darah. Bahwa susu kedelai bisa menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan dengan susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan hingga sedang. Di antara pasien dengan diabetes tipe 2, konsumsi susu kedelai mempunyai imbas yang baik untuk tekanan darah. Sehingga, konsumsi susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

2. Anti oksidan

Efek antioksidan yang dimiliki isoflavone pada susu kedelai mempunyai laba untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Susu kedelai mempunyai imbas anti oksidan dan pelindung hati yang sanggup membantu menurunkan stress oksidatif dan kerusakan yang terjadi didalam tubuh. Kerusakan sel sebagai hasil stres oksidatif dipercaya merupakan penyebab utama dari penyakit kardiovaskular melalui oksidasi LDL dan kanker melalui DNA. Wanita menopause rentan terhadap penyakit kronis yang bekerjasama dengan proses penuaan dan hormon. Isoflavone sanggup meningkatkan kekebalan badan pada populasi tersebut dan menghambat kerusakan oksidatif DNA pada perempuan sesudah menopause.

3. Mengandung karbohidrat 

Apa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil? Secara umum karbohidrat memang berguna untuk memperlihatkan asupan energi di dalam tubuh. Mengingat ibu hamil niscaya membutuhkan energi ekstra untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari, jadi bisa dibilang mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil itu cukup penting. Tujuannya ialah untuk memenuhi asupan karbohidrat yang bisa mengatasi kelelahan. Terutama bagi kau yang suka dengan rasa susu kedelai, mungkin ini bisa jadi pilihan ketika nafsu makan menurun alasannya ialah derita mual dan muntah.

4. Mengurangi tanda-tanda post-menopause

Susu kedelai sanggup mengurangi duduk perkara kesehatan pada perempuan sesudah menopause. Beberapa penelitian menemukan bahwa isoflavone pada kedelai sanggup menjaga kadar estrogen pada perempuan menopause. Sistem imun sanggup tertekan sesudah menopause alasannya ialah imbas penuaan dan berkurangnya estrogen. Isoflavone ialah komponen yang mengandung materi estrogenik dan antioksidan, sehingga bisa membantu menguatkan daya tahan tubuhpada perempuan pada periode ini.

5. Mengurangi risiko kanker payudara

Apa manfaat susu kedelai untuk payudara? Karena kedelai mengandung fitoestrogen yang menyerupai dengan hormon estrogen, maka badan tidak perlu lagi menghasilkan lebih banyak hormon estrogen. Estrogen sendiri bila kadarnya berlebihan sanggup menghidupkan sel-sel kanker pada payudara. Maka, mengonsumsi masakan dari kedelai bisa mengurangi risiko kanker payudara. Fakta tersebut berhasil dicatat oleh para hebat dalam American Journal of Clinical Nutrition. Penelitian ini juga pertanda bahwa risiko kanker payudara bisa berkurang hingga 60 persen kalau Anda rutin mengonsumsi kedelai.

6. Mengencangkan kulit

Susu kedelai sanggup meningkatkan kekencangan kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat perbaikan serat elastin. Serat kolagen maupun elastin akan bekerja sama untuk membantu menjaga semoga kulit tetap kencang. Seperti yang kita tahu, produksi kolagen pada kulit kita akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.

7. Mencegah keriput atau tanda-tanda penuaan

Apa manfaat susu kedelai untuk kulit? Di dalam susu kedelai terkandung isoflavon yang disebut aglikon. Kandungan tersebut bisa membantu mencegah penuaan pada kulit dengan cara mengurangi kerutan-kerutan dan garis-garis halus. Sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan pada bulan Februari tahun 2007 di Journal of Nutritional Sains dan Vitaminology menyebutkan bahwa, mengkonsumsi 40 mg aglikon dari kedelai selama kurang lebih 12 ahad bisa menciptakan kulit perempuan berusia 40 tahun terlihat menyerupai kulit perempuan 30 tahun.

8. Mencegah obesitas

Obesitas sanggup terjadi pada laki-laki maupun perempuan sesudah menopause. Isoflavone pada susu kedelai mempunyai imbas hormonal yang sanggup menghambat adipogenesis yang sanggup menurunkan pelebaran dari jaringan lemak. Hal ini turut mempengaruhi dalam menurunnya kadar LDL kolestrol dalam darah dan sanggup mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

9. Melancarkan pencernaan

Apa manfaat susu kedelai untuk orang hamil? Susu kedelai diketahui mempunyai banyak protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Manfaat yang didapatkan dari susu kedelai ini didapatkan dari kandungan isoflavone yang terkandung di dalamnya. Isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai juga baik dalam meningkatkan perembesan usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

10. Meningkatkan kecerdasan otak 

Kandungan di dalam susu kedelai yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak ialah kandungan lesitin. Sejenis nutrisi yang sangat penting bagi otak. Menurut penelitian, mengonsumsi susu kedelai bisa membantu mencegah penyakit alzheimer.

Demikian apa saja manfaat dari susu kedelai. Semoga bermanfaat.