4 Keutamaan Ayat Dingklik Mulai Dari Penyembuh Penyakit Sampai Kunci Surga

 demikian juga semua ayat dan kandungannya 4 Keutamaan Ayat Kursi Mulai dari Penyembuh Penyakit Hingga Kunci Surga
Image Source: amaljariah.org

Keutamaan Ayat Kursi - Semua surat dalam Al-Qur'an agung dan mulia, demikian juga semua ayat dan kandungannya. Namun, Allah Swt dengan kehendak-Nya menimbulkan sebagian surat dan ayat lebih agung dari yang lain. Dan ayat kursi, dalam surat Al-Baqarah di ayat 255 merupakan salah satu ayat yang paling agung.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya, "Apabila engkau mendatangi daerah tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, pasti Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai waktu pagi." (HR. Al-Bukhari)

Apa keutamaan ayat kursi? Hadits di atas menawarkan keutamaan yang terdapat dalam Ayat Kursi. Apabila kita rutin membacanya, maka kita akan mendapat keutamaan yang sangat banyak. Hendaknya setiap muslim melaksanakannya sehingga bermanfaat baginya.

Ayat Kursi sendiri bukanlah ayat yang panjang dan sulit untuk dihafal, diperbaiki bacaannya, faham maknanya serta diamalkan. Ayat ini mengandung mengenai kerajaan Allah, maka dituntut keimanan dan ketundukkan hati kepada semua firman-Nya tanpa bantahan. Dia harus diagungkan gotong royong didalam hati bukan malah menganggap remeh ibadah, melanggar syariat dimana menyalahi tuntunan Rasulullah Saw dan shahabat didalam menjalankan Islam. Ayat tersebut berbunyi:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ
Artinya:
“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya) tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang sanggup memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.“ (Qs. Al-Baqarah ayat 255)

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya, "Tidaklah Allah membuat langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah meliputi Nama dan Sifat Allah)."

:


Di dalamnya terdapat pemaparan 3 macam tauhid:
  1. Tauhid rububiyah. 
  2. Tauhid uluhiyah.
  3. Tauhid nama dan sifat Allah.
Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, “Ayat dingklik ini mempunyai kedudukan yang sangat agung. Dalam hadits shahih dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam disebutkan bahwa ini merupakan ayat teragung yang terdapat dalam Al-Quran” (Tafsir Al-Quran Al-‘Azhim).

Banyak sekali keutamaan dari ayat kursi. Berikut ini beberapa keutamaan yang sanggup kita ambil hikmahnya. Apa keutamaan dari ayat kursi?

:

Keutamaan ayat kursi

1. Ayat yang paling agung dalam Al-Qur'an

Sebagaimana yang ada pada pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menepuk dada Ubay lalu berkata, “Wahai Abu Mundzir, biar engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).
Apa saja keutamaan ayat kursi? Ayat Kursi dikategorikan sebagai ayat yang paling agung alasannya yakni di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum. Namun ulama berselisih pendapat manakah nama Allah yang paling agung.

2. Keagungannya melebihi langit dan bumi

Apa keutamaan surat ayat kursi? Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah Allah membuat langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah meliputi Nama dan Sifat Allah).”

Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat dingklik merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi.” (HR. At-Tirmidzi)

3. Salah satu bacaan dzikir sebelum tidur

Apa keutamaan baca ayat kursi? Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi daerah tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, pasti Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).

Jadikanlah ayat dingklik sebagai dzikir rutin yang dibaca saat hendak tidur. Selain itu, ayat dingklik juga termasuk bacaan dzikir pagi dan petang.

4. Salah satu penyebab masuk surga

Apa keutamaan membaca ayat kursi? Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi sesudah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk nirwana kecuali kematian.” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Beberapa hadits di atas menawarkan keutamaan Ayat Kursi. Apabila kita merutinkannya, maka kita akan mendapat keutamaan yang sangat banyak. Hendaknya setiap Muslim mengamalkannya untuk hal yang bermanfaat bagi dirinya, terkhusus untuk akhiratnya. Ayat Kursi sendiri bukanlah ayat yang panjang dan sulit untuk dihafal.

Terjawab sudah Apa saja Keutamaan Ayat Kursi. Semoga Allah Swt mudahkan kita untuk mengamalkannya.