5 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Membantu Pengobatan Kanker Sampai Rematik

 ternyata daun sirsak juga ampuh mengatasi banyak sekali penyakit loh 5 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Membantu Pengobatan Kanker Hingga Rematik
5 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Sudah Teruji Klinis (foto: NagaswaraFM)

Tak hanya buahnya saja, ternyata daun sirsak juga ampuh mengatasi banyak sekali penyakit loh.

Sudah teruji klinis, begini manfaat daun sirsak bagi kesehatan Anda!

Meski aslinya merupakan tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan, sirsak ialah buah yang sanggup dengan gampang ditemukan di Indonesia.

Buah dengan nama latin Annona Muricata L ini mempunyai rasa yang anggun dan asam menyegarkan.

Tidak itu saja, buah sirsak yang punya nama lain nangka Belanda ini juga kaya akan serat. Setiap 100 gram daging sirsak mengandung 3,3 gram serat yang sanggup memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari.

Selain mengandung serat, buah sirsak juga mengandung banyak karbohidrat (terutama fruktosa), vitamin C, B1, dan B2 yang baik bagi kesehatan.

Selain daging buahnya yang kaya akan gizi, ternyata daun sirsak juga mengandung senyawa yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Apa saja sih manfaat daun sirsak?


Tanaman sirsak (Sumber gambar: meramuda.com)

Daun sirsak mempunyai segudang manfaat dan mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk melindungi Anda dari penyakit.

Beberapa kandungan nutrisi dalam daun sirsak ialah vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, fruktosa, dan protein. Selain itu, daun sirsak juga mengandung senyawa yang disebut dengan acetogenin.

Senyawa ini terbukti bisa bertindak sebagai antiparasit, antivirus, antiperadangan, dan antimikroba. Hal ini menciptakan daun sirsak kaya akan manfaat.

Nah, berikut diantaranya kasiat daun sirsak bagi kesehatan Anda:

1. Membantu mengobati kanker

Telah banyak penelitian yang memperlihatkan bahwa daun sirsak sanggup menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat.

Salah satu penelitian telah dilakukan oleh National Cancer Institute. Hasilnya mengambarkan bahwa daun sirsak sanggup membantu melawan sel-sel kanker.

Daun sirsak mempunyai senyawa aktif yang disebut dengan acetogenin. Senyawa ini sanggup membantu badan dalam melawan sel-sel kanker.

Cara mengolah daun sirsak jadi obat cukup mudah. Anda bisa mendapat manfaat ini dengan cara merebus 10 lembar daun sirsak segar dalam 3 gelas air. Hasilnya ialah 1 gelas. Minum secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari selama 2 minggu.

2. Membantu mengobati diabetes

Nah, yang kedua adalah manfaat daun sirsak untuk diabetes. Penelitian juga telah memperlihatkan bahwa daun sirsak terbukti sanggup menurunkan kadar gula darah dengan merangsang pelepasan hormon insulin untuk mengubah gula menjadi energi.

Dilansir dari hellosehat.com, hal ini memungkinkan sel-sel badan memakai gula darah sebagai energinya, sehingga kadar gula darah tidak tinggi dan Anda terhindar dari diabetes.

Untuk mendapat manfaat daun sirsak ini, Anda bisa merebus 5 daun sirsak segar dengan 2 gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas. Minum air daun sirsak ini setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

3. Membantu mengobati asam urat

Yang ke-3 ialah manfaat daun sirsak untuk asam urat. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun sirsak bisa membantu badan dalam menyingkirkan asam urat dalam darah.

Anda bisa minum air rebusan daun sirsak untuk mendapat manfaat ini. Caranya ialah rebus 6-10 lembar daun sirsak dengan 2 gelas air hingga karenanya 1 gelas air. Anda bisa minum air rebusan ini sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

: Tak Perlu Keluar Biaya Banyak Buat Cuci Darah, Cukup dengan Daun Sukun, Sebagai Penggantinya

4. Membantu mengobati rematik

Bagi Anda yang punya rematik Anda mungkin bisa memanfaatkan daun sirsak untuk menyembuhkan rematik Anda.

Kandungan antiperadangan yang ada dalam daun sirsak efektif membantu Anda dalam mengobati rematik.

Caranya tidak dengan meminum air rebusannya, tapi dengan cara menaruh daun sirsak (yang sudah direbus dan dilumatkan) pribadi ke tempat sendi Anda yang terkena rematik. Lakukan hal ini dua kali dalam sehari.

Kandungan antiperadangan dalam daun sirsak juga bisa membantu Anda dalam mengobati eksim. Caranya sama, yaitu dengan menaruh daun sirsak yang telah ditumbuk halus ke bab kulit yang mengalami eksim.

5. Membuat tidur Anda lebih nyenyak

Dan yang terahir, daun sirsak yang sudah dibentuk menjadi teh juga sanggup meningkatkan kualitas tidur Anda.

Kandungan triptofan dalam daun sirsak sanggup menciptakan tidur Anda lebih hening dan nyenyak. Anda mungkin juga bisa memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati insomnia.

Penting!


Gamabar ilustrasi (merdeka.com)

Pengobatan alternatif, apapun bentuknya, bukan untuk menggantikan pengobatan dan/atau terapi medis dari dokter, melainkan hanya sebagai tambahan/pelengkap. Artinya, penyembuhan penyakit yang ideal seharusnya tetap mengutamakan pengobatan medis dokter.

Obat herbal juga dihentikan diminum sembarangan alasannya ialah reaksi tiap orang terhadap obat-obatan bisa berbeda satu sama lain. Meski punya keluhan sama, belum tentu obat herbal yang ternyata cocok untuk Anda akan memperlihatkan khasiat yang sama pada anak atau tetangga Anda.

Meski keuntungannya sudah terbukti klinis, alangkah lebih baik jikalau Anda bicarakan terlebih dahulu dengan dokter yang memahami kondisi Anda.

Demikian, biar bermnafaat.