6 Penyebab Darah Rendah / Hipotensi


Image Source: rd.com

Penyebab Darah Rendah - Tekanan darah sanggup dihasilkan ketika jantung sedang memompa darah ke seluruh arteri darah dalam tubuh. Ketika darah mengalir melalui arteri, dan darah menawarkan tekanan pada dinding arteri.

Maka tekanan itulah yang dinilai sebagai ukuran kekuatan anutan darah atau disebut dengan tekanan darah. Jika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal, maka sanggup disebut dengan tekanan darah rendah.

Dan juga pada umumnya banyak orang lebih fokus kepada penyebab tensi darah yang tinggi, lantaran hal tersebut salah satu yang sanggup menyebabkan kematian. Namun perlu diketahui, bahwa tekanan darah yang rendah tidak kalah membahayakan. Lalu apa penyebab darah rendah?

Apakah penyebab tekanan darah rendah? Apa saja penyebab darah rendah? Yuk simak dibawah ini.

:

Berikut Berbagai Penyebab Darah Rendah


Image Source: whitecoathunter.com

1. Sedang hamil

Apa penyebab dari darah rendah yang pertama? Yaitu ketika hamil. Karena dikala hamil peredaran darah perempuan berkembang sangat cepat. Hal tersebut terjadi lantaran selama kehamilan terdapat perubahan hormonal yang menyebabkan pembuluh darah membesar, dan tekanan darah menurun.

Biasanya tekanan darah akan mulai turun pada awal kehamilan dan pada umumnya terjadi ketika usia kehamilan trimester kedua.

2. Sakit jantung

Bagi penderita penyakit jantung memang gampang dijumpai juga serangan darah rendah. Kondisi tersebut mungkin juga dijumpai pada orang yang sakit gagal jantung dan serangan jantung.

Hal tersebut disebabkan lantaran darah yang tidak sanggup dipompa baik oleh jantung yang sedang bermasalah, sehingga terjadi penurunan tekanan darah.

3. Hormon yang berubah

Kondisi kesehatan sering kali sanggup dipengaruhi oleh hormon tubuh. Salah satunya tekanan darah rendah yang berafiliasi dengan penyakit addison.

Penyakit addison merupakan penyakit di mana sistem imun badan menyerang dan merusak kelenjar-kelenjar adrenal. Biasanya penyakit addison akan menyerang dua kelenjar yang berukuran kecil yang berada di atas ginjal.

Kedua kelenjar tersebut yaitu kelenjar yang memproduksi hormon-hormon yang mengendalikan tekanan darah serta menjaga keseimbangan garam dan air yang berada di dalam tubuh.

4. Dehidrasi

Dehidrasi sanggup terjadi ketika badan kekurangan cairan. Selama dehidrasi, darah yang bergantung pada air tidak sanggup memasok peredaran darah ke seluruh tubuh. Sehingga, kondisi tersebut sanggup menurunkan volume darah pada arteri dan vena dan menyebabkan terjadinya darah rendah.

5. Sedang mengkonsumsi obat-obatan

Ketika sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, maka juga sanggup menyebabkan darah rendah. Beberapa obat yang sanggup memengaruhi antara lain alpha blocker (obat darah tinggi), beta blocker, dan obat antidepresan.

6. Anemia

Ketika dikala seseorang mengalami anemia, yang akan terjadi pada badan yaitu kekurangan darah. Kondisi tersebut di mana hemoglobin di dalam badan berada dalam jumlah di bawah angka normal. Dan juga hal tersebut sanggup dipastikan tekanan darah di dalam badan juga akan menjadi sangat rendah.

Demikian klarifikasi diatas perihal apakah yang menyebabkan darah rendah. Semoga bermanfaat!
Related Posts