7 Masakan Penyebab Asam Urat

Image Source: pengensehat.com

Asam urat merupakan penyakit yang sering terjadi pada persendian. Penyebab dari asam urat sanggup saja beragam, salah satu penyebab asam urat terjadi lantaran kadar purin dalam badan bereaksi sehingga menjadikan rasa nyeri pada persendian. Selain menjaga kesehatan tubuh, ada baiknya juga Anda mengetahui makanan-makanan yang sanggup menjadikan asam urat kambuh.

Meskipun asam urat sanggup disebabkan beberapa faktor, pengaturan dalam teladan makan ialah yang terpenting. Makanan yang harus dikurangi pada penderita asam urat yaitu masakan yang mengandung purin. Makanan yang mengandung purin tinggi harus dihindari lantaran akan mengakibatkan asam urat kambuh. Lalu, apa masakan yang mengakibatkan asam urat?

Beberapa masakan penyebab asam urat

1. Ikan laut 

Jenis masakan penyebab asam urat tinggi salah satunya ikan laut. Contohnya menyerupai ikan teri, ikan sarden, cumi-cumi, ikan tuna, ikan makarel, hingga binatang bahari yang bercangkang menyerupai kerang, kepiting, tiram, lobster, atau udang yang mempunyai kadar purin tinggi sehingga sanggup mengakibatkan problem asam urat kambuh. Untuk itu sebaiknya hindari makanan-makanan bahari menyerupai yang telah disebutkan diatas semoga asam urat tidak semakin parah.

2. Daging 

Apa masakan penyebab asam urat? Makanan penyebab asam urat lainnya ialah daging merah. Daging merah memang banyak kita jumpai sebagai olahan makanan. Contohnya daging kambing, sapi, domba, dan daging binatang lainnya lantaran daging-daging tersebut mempunyai kandungan purin yang tinggi dan sebaiknya Anda hindari. Sebagai gantinya Anda sanggup mengonsumsi daging ayam dan masakan yang mengandung protein nabati menyerupai kedelai.

3. Olahan susu

Makanan penyebab asam urat dan rematik berikutnya ialah masakan yang digemari banyak orang. Makanan tersebut menyerupai yoghurt, keju, atau es krim. Dalam sebuah penelitian telah membuktikan, bahwa masakan penyebab asam urat ini sanggup meningkatkan kadar asam urat di dalam badan Anda.

Jika ingin tetap mengonsumsinya, sebaiknya pilih jenis produk olahan susu yang rendah lemak. Alagkah lebih baik lagi bila menentukan olahan susu yang bebas lemak.

4. Jeroan

Jeroan merupakan makanan penyebab asam urat tinggi sehingga harus dihindari bagi penderita asam urat, lantaran kandungan purin yang terdapat pada jeroan ini sangatlah tinggi. Contoh jeroan yang harus dihindari terdiri dari hati, ampela, paru-paru, otak, ginjal, usus, atau limfa dari binatang yang bila diolah mempunyai rasa yang gurih tetapi mengakibatkan asam urat.

5. Minuman yang manis

Minuman yang anggun ternyata sanggup mengakibatkan kadar asam urat pada darah meningkat. Karena rasa anggun tersebut timbul dari gula jenis fruktosa yang merangsang produksi asam urat lebih banyak. Kandungan fruktosa alami sanggup ditemui pada buah apel, pir, anggur dan kurma. Sebuah penelitian menyampaikan bahwa, mengkonsumsi fruktosa yang banyak sanggup berisiko timbulnya asam urat, demikian juga dengan yang suka mengonsumsi minuman manis.

6. Daging kalkun dan angsa

Daging kalkun dan belibis merupakan masakan yang sanggup mengakibatkan asam urat kambuh. Daging kalkun dan belibis bila diolah sebagai sajian dikala makan memang lezat, tetapi daging kalkun dan belibis tersebut mempunyai kandungan purin yang tinggi juga. Untuk itu sebaiknya Anda hindari makanan penyebab asam urat pada kaki olahan daging kalkun dan belibis tersebut.

7. Sayuran hijau

Sauran hijau menyerupai bayam, kacang polong, asparagus, kembang kol dan jamur ialah sayuran yang mempunyai kadar purin yang tinggi. Tetapi mengkonsumsi sayur-sayur tersebut sesekali boleh dikonsumsi lantaran sayur ini tidak menambah kadar asam urat berbeda halnya dengan daging merah dan daging kalkun.

Dari banyak sekali masakan yang telah disebutkan diatas sebaiknya Anda hindari dahulu bagi penderita asam urat. Jika keluhan asam urat yang tinggi masih mengganggu, segeralah konsultasi dengan dokter untuk penanganan yang lanjut semoga tidak hingga parah.

Demikian apa saja masakan penyebab asam urat yang sanggup diketahui. Semoga sanggup bermanfaat.