8 Cara Gampang Mengetahui Ciri-Ciri Madu Orisinil & Yang Palsu

 berikut delapan cara gampang yang sanggup Anda lakukan untuk mengetahui madu yang akan Anda be 8 Cara Praktis Mengetahui Ciri-ciri Madu Asli & yang Palsu
8 Cara Praktis Mengetahui Ciri-ciri Madu Asli & yang Palsu (foto: jytm.co.id)

Jangan hingga tertipu ketika membeli madu.

Agar tidak salah pilih, berikut delapan cara gampang yang sanggup Anda lakukan untuk mengetahui madu yang akan Anda beli orisinil atau palsu.

Harus diakui di balik manisnya madu, ada bermacam-macam khasiat madu yang bermanfaat untuk tubuh. Mulai dari mempunyai kegunaan untuk perawatan kulit, membantu menyembuhkan luka hingga berfungsi sebagai antioksidan.

Madu yaitu salah satu materi minpman alami yang banyak dipakai dan dimanfaatkan di masyarakat.

Madu merupakan materi nectar yang diperoleh oleh lebah dari bunga-bunga. Nectar ini selanjutnya akan dikumpulkan di sarang lebah dan di dalamnya akan mengalami tiga proses pengolahan hingga menjadi madu.

Di tahap pertama, enzim yang dimiliki lebah akan bercampur dengan nectar kemudian masuk ke proses fermentasi untuk nektar. Setelah itu, dari tahap pertama ini akan menghasilkan madu dan pada tahap terkahir semua cairan yang ada dalam madu akan keluar dan menyisakan madu murni saja.

Khasiat madu yang sangat mlimpah menciptakan kebutuhan akan madu di masyarakatpun semakin banyak, namun kebutuan konsumen tersebut tak sebanding dengan jumlah produksi madu itu sendiri. Hal inilah yang kemudian dilirik oknum-oknum bandel untuk menciptakan madu palsu.

Oleh lantaran itu, masyarakat harus jeli dan paham dalam membedakan madu orisinil dan madu palsu.

Agar tidak salah pilih dan tertipu, berikut ini ada beberapa hal yang sanggup Anda jadikan pedoman untuk mengetahui ciri-ciri madu orisinil tanpa campuran;

Ciri-ciri Madu Asli dan Bedanya dengan yang Palsu

Biasanya sebelum membeli, penjual akan mempersilahkan kita mencobanya. Nah gunakan kesempatan tersebut untuk mengetahui apakah madu yang akan Anda beli orisinil atau bukan dengan melaksanakan hal-hal berikut:

1. Ambil madu dengan sendok, kemudian angkat 


pixabay.com/stevepb

Jika ada tester yang diberikan, cobalah memasukan sendok atau pengaduk ke dalam madu. Kemudian, angkat pengaduknya kira-kira 5-10 cm dari tempatnya.

Madu yang berkualitas, cairannya tidak akan putus-putus. Madu orisinil akan sulit untuk diputus alirannya lantaran teksturnya sangat kental. Sebaliknya, kalau madu pada sendok yang diangkat gampang diputus, sebaiknya kau mencari merek lain.

2. Celupkan madu pada air


dietoflife.com

Cara lainnya yaitu dengan mencelupkan madu ke dalam air. Madu murni tidak akan gampang larut dan pribadi jatuh ke dasar gelas yang telah diisi air. Berbeda dengan madu dengan kualitas yang kurang baik, beliau akan gampang larut atau terapung di permukaan air.

3. Meneteskan madu di permukaan kertas


Ark.21

Kertas yang telah dilapisi madu orisinil dengan kualitas baik tidak akan gampang robek atau tembus ke sisi sebaliknya. Namun, apabila kertas yang diolesi madu gampang untuk robek dan tembus, sanggup saja sudah dicampur air dan mengurangi khasiatnya.

: Bukan Sebuah Mitos, Inilah 4 Manfaat Nyata Kunyit Dicampur Madu Bagi Kesehatan

4. Coba bakar setetes madu saja


Youtube

Setelah meneteskan di kertas tadi, anda sanggup mencoba membakarnya.

Madu yang telah dicampur gula, akan menggumpal atau terkaramelisasi. Sedangkan madu yang asli, akan tetap berbentuk cairan dan hanya pertanda buih meski sesudah dipanaskan. Perubahan rasanya pun tidak signifikan.

5. Teteskan madu pada kain


rejekinomplok.com

Madu murni akan diserap oleh kain kalau Anda teteskan. Jika tetesan tersebut menggumpal dan tak terserap kain, sanggup dipastikan madu tersebut palsu.

Anda juga sanggup membuktikan kemurnian dengan mencuci bekas tetesan pada kain. Jika Anda tidak menemukan noda di atasnya, madu Anda murni.

6. Cium aromanya


berkahkhair.com

Madu murni mempunyai aroma yang ringan dan halus yang menarik hati hidung Anda, sedangkan madu palsu biasanya berbau asam.

Namun cara ini memang sulit dan butuh keahlian.

7. Perhatikan warna madu


jualmaduhitamasli.wordpress.com

Madu orisinil takkan sejernih yang dibutuhkan lantaran bagaimanapun juga akan ada sisa sarang lebah atau serbuk sari yang lolos ketika proses penyaringan. Berbeda halnya dengan madu palsu yang teksturnya lebih bersih, jernih, dan juga encer.

Oleh lantaran itu, jangan tertipu dengan penampilan madu yang terlalu jernih lantaran sanggup jadi itu sudah tidak orisinil lagi.

8. Periksa label pada kemasan madu

planethajiumrah.com

Nah ini cara terahir yang sanggup Anda lakukan untuk mengecek keaslian madu, kususnya madu kemasan.

Pada ketika pembelian periksa label dengan hati-hati. Jika Anda menemukan bahan-bahan tambahan, tidak usah membelinya.

Ada banyak alasan mengapa Anda sebaiknya tidak sembarangan membeli madu.

Sebab, madu palsu sudah dibubuhi gula tambahan atau perhiasan lainnya sehingga sanggup memicu kenaikan berat badan, diabetes, ginjal, bahkan kanker kalau dikonsumsi terus-menerus.

Selain itu, proses pembuatan madu palsu tidak terjamin kebersihannya sehingga rawan tercemar aneka macam bakteri berbahaya.

Makara jangan biarkan kesehatan Anda dipermainkan oleh madu palsu. Kenali ciri-ciri madu asli sebelum melaksanakan transaksi.

Demikian, semoga bermanfaat.