8 Hikmah Sikap Jujur Berdasarkan Islam, Biasakan Jujur Mulai Sekarang


Image Source: Slideshare.net

Jujur dalam arti luas berarti kesesuaian antara perkataan, hati dan sikap yang kita lakukan. Jika terdapat ketidaksesuaian antara ketiga tersebut, maka itu yang disebut dengan bohong. Bohong merupakan kebalikan dari kata jujur. Jujur dalam bahasa arab dikenal dengan istilah shidqu atau shiddiq yang berarti berkata benar atau nyata.

Jujur merupakan salah satu sifat mulia Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yang merupakan sosok mulia dan pola tepat bagi seluruh umat manusia. Nabi Muhammad SAW sudah dikenal sebagai pribadi yang jujur dan amanah bahkan semenjak dia belum diangkat menjadi Nabi. Apa sajakah pesan tersirat sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari?

Ada banyak aspek atau bentuk kejujuran dalam kehidupan sehari hari. Sejak kecil setiap orang bau tanah selayaknya sudah mengajarkan untuk senantiasa berbuat jujur dan tidak berbohong. Sejak dalam dingklik sekolah, ibu dan bapak guru juga telah mengajarkan pada setiap siswa untuk senantiasa jujur dalam pembelajaran atau dikala ujian tidak mencontek, tidak membagi jawaban pada siswa lain, dan mengakui kekurangan diri sendiri atau kemampuan sahabat lain.

Dalam islam, jujur mempunyai keutamaan tersendiri dan menyebabkan orang yang mempunyai sifat tersebut mendapatkan pahala dan rahmat dari Allah SWT. Apa saja pesan tersirat sikap jujur yang akan dirasakan umat manusia?

Keutamaan jujur berdasarkan islam

1. Jalan menuju surga

Apa pesan tersirat dari sikap jujur? Jujur membawa manfaat bukan hanya di dunia, tetapi juga menjadi jalan yang mengantarkan seseorang menuju ke surga. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadist:
"Sesungguhnya kejujuran akan memberikan kepada kebaikan, dan kebaikan itu akan mengantarkan ke surga. Seseorang yang berbuat jujur oleh Allah akan dicatat sebagai orang yang jujur. Dan sebetulnya bohong itu akan memberikan kepada kedzaliman, dan kedzaliman itu akan mengantarkan ke arah neraka". (HR Bukhari muslim)
Orang yang jujur akan dicintai oleh Allah SWT. Jujur membutuhkan keteguhan hati, terkadang terasa berat, pahit, dan mengundang resiko. Tetapi segala sesuatu yang diniatkan sebab Allah tentu akan menerima jaminan balasan  yang terindah dari Allah pula yaitu berupa surga.

2. Mendapat derajat yang tinggi

Jujur merupakan salah sifat mulia yang menerima derajat tinggi di sisi Allah, dengan menjadi orang yang jujur akan menerima kemuliaan dan derajat tinggi dari Allah menyerupai dalam firman Allah berikut.

قَالَ ٱللَّهُ هَٰذَا يَوْمُ يَنفَعُ ٱلصَّٰدِقِينَ صِدْقُهُمْ لَهُمْ جَنَّٰتٌ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدًا رَّضِىَ ٱللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا۟ عَنْهُ ذَٰلِكَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ
Allah berfirman: "Ini ialah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka. Bagi mereka nirwana yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, mereka infinit di dalamnya selama-lamanya, Allah ridha terhadap-Nya. Itulah keberuntungan yang paling besar".
Kejujuran menjadi sebuah kebenaran yang kukuh dan bekerjasama pribadi dengan Allah SWT. Kejujuran mencakup perkataan dan perbuatan yang dilaksanakan demi untuk mentaati perintah Allah SWT, hikmah sikap jujur diantaranya adalah berupa derajat yang tinggi tersebut akan diperoleh dalam kehidupan di dunia dan akhirat.

3. Mendatangkan pahala dan ampunan dosa

Setiap perintah dari Allah selalu mempunyai kebaikan di dalamnya, termasuk perintah untuk berbuat dan berkata jujur yang menjadi salah satu amalan mulia, tentunya mempunyai pahalan yang besar juga di sisi Allah menyerupai dalam firman Allah berikut.

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا
Artinya:

Sesungguhnya pria dan wanita yang muslim, pria dan wanita yang mukmin, pria dan wanita yang tetap dalam ketaatannya, pria dan wanita yang benar, pria dan wanita yang sabar, pria dan wanita yang khusyu’, pria dan wanita yang bersedekah, pria dan wanita yang berpuasa, pria dan wanita yang memelihara kehormatannya, pria dan wanita yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. (Qs. Al-Ahzab ayat 35)

4. Mendapat santunan dan doa dikabulkan

Apa pesan tersirat dari sikap jujur? Orang yang jujur akan senantiasa menerima kenikmatan dari Allah, diantaranya menerima santunan dan doa-doa nya dikabulkan. Orang jujur akan disayang oleh Allah, tentunya dalam kehidupan orang tersebut akan senantiasa menerima santunan serta dikabulkan segala hajat nya. Seperti firman Allah berikut.
"Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah pasti Allah akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, pasti Allah akan menyebabkan baginya fasilitas dalam urusannya". (QS Ath Thalaq ayat 2-4)

5. Terhindar dari sifat munafik

Dalam khutbah atau ceramah keagamaan kita sering mendengar mengenai tiga ciri ciri orang munafik yaitu :
"Jika berbicara ia dusta, bila berjanji ia mengingkari, bila diberi amanah ia berkhianat". (HR Al Bukhari)
Dari hadist tersebut insan diingatkan untuk senantiasa berhati hati dalam berbuat dan bersikap, untuk senantiasa jujur dalam perbuatan dan tutur kata biar tidak termasuk golongan orang yang munafik. Seorang mukmin bisa saja mempunyai sifat bakhil atau sifat penakut, namun mustahil berbohong, seorang mukmin akan senantiasa jujur dan terhindar dari sifat munafik menyerupai dalam cerita berikut yang diriwayatkan oleh Malik dari Sofwan bin Sulaim dalam kitab Al Muwatha :

"Ditanyakan kepada Rasulullah SAW : Apakah seorang mukmin bisa menjadi penakut? Beliau menjawab ya. Lalu dia ditanya lagi, apakah seorang mukmin isa menjadi bakhil? Beliau menjawab ya. Lalu ditanyakan lagi apakah seorang mukmin bisa menjadi pembohong? Beliau menjawab tidak!"

6. Mendapatkan ketenangan

Sebutkan pesan tersirat sikap jujur dalam kehidupan! Orang yang selalu jujur akan mempunyai hati yang tenang, dia selalu merasa nyaman dengan perbuatan dan kalimat jujur yang dilakukannya. Apapun urusan yang dilakukan dia tetap mendapatkan kedamaian dalam hati nya sebab segala sesuatu telah dilakukannya dengan benar dan tidak merugikan orang lain. Rasulullah SAW bersabda.
"Tinggalkanlah apa apa yang meragukanmu dengan mengerjakan apa apa yang tidak meragukanmu, sebetulnya kejujuran ialah ketenangan dan sebetulnya kedustaan akan mengantarkan kepada keraguan atau kebingungan".(HR At Tirmidzi no 2518)



7. Disukai semua orang

Umumnya setiap orang akan merasa senang dan senang berada di erat orang yang jujur. Dalam kekerabatan apapun, kejujuran merupakan awal dari kepercayaan, dan kepercayaan ialah awal dari  sebuah hubungan, baik itu pasangan suami istri, persahabatan, ataupun rekan bisnis. Hikmah sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari yaitu akan disukai orang orang di sekelilingnya sebab tidak berkata dusta dan sanggup mendapatkan amanah sehingga merasa tenang berada di dekatnya.

Dalam islam, diperintahkan berlaku jujur untuk memberikan kebenaran sesuai adanya, tidak diperbolehkan berdusta sekalipun hal tersebut terasa pahit, menyerupai hadist yang disampaikan oleh Rasulullah berikut : "Katakanlah yang benar walau itu pahit". (HR Ahmad)

8. Memiliki banyak teman

Jujur dalam lingkungan pekerjaan pun pastinya akan menjadi nilai positif tersendiri baik di mata rekan kerja, atasan atau pemilik perusahaan. Beberapa pesan tersirat dari sikap jujur yaitu akan mempunyai banyak sahabat dan saudara sebab dengan kejujurannya dia mempunyai kedamaian dalam dirinya dan memberi kedamaian pada orang orang di sekitarnya. aturan silaturahmi berdasarkan islam berkaitan erat dengan interaksi baik di lingkungan masyarakat.

Demikian Beberapa pesan tersirat dari sikap jujur  yang sanggup kita ambil untuk dijadikan sebagai pedoman hidup kita. Semoga bermanfaat.