8 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengobati Diabetes


Image Source: idntimes.com

Binahong merupakan salah satu flora obat yang sanggup tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Daun binahong ini mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan banyak sekali macam penyakit ringan sampai berat. Bagi masyarakat Indonesia daun binahong mungkin jarang diketahui, padahal flora ini sanggup dijumpai di pekarangan rumah dan lain-lain.

Daun binahong ini ternyata berasal dari Korea yang diberi nama gendola (Basella rubra Linn). Tanaman binahong ini sanggup tumbuh ditempat-tempat yang cuek dan lembap. Selain gampang untuk didapatkan, daun ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaat dari daun binahong tersebut?

Manfaat daun binahong

1. Dapat mengatasi asam urat

Apa manfaat daun binahong? Asam urat yakni penyakit yang sering terjadi pada persendian tubuh. Bagi penderita asam urat biasanya sering mencicipi kesakitan dan nyeri pada pecahan sendi tertentu. Sehingga menciptakan Anda tidak nyaman dalam beraktivitas.

Daun binahong mempunyai manfaat untuk mengatasi asam urat pada sendi tubuh. Kandungan zat pada daun binahong sanggup menetralisir asam urat yang tinggi pada pecahan persendian. Caranya rebus daun binahong lalu ambil air rebusan tersebut lalu minum setiap hari untuk menyembuhkan duduk kasus persendian ini.

2. Mengobati sakit maag

Manfaat daun binahong salah satunya sanggup mengobati sakit maag. Sakit maag terjadi lantaran lambung memproduksi asam pada lambung yang berlebih. Mengonsumsi daun binahong dipercaya sanggup menetralkan asam lambung sehingga menjadi normal kembali. Manfaat binahong juga efektif menangkal radikal bebas pada badan Anda lantaran kandungan antioksidannya. Dengan kandungan antioksidan tersebut, akan menciptakan badan menjadi lebih sehat dan terhindar dari banyak sekali jenis penyakit yang berbahaya.

3. Mengatasi duduk kasus pada kulit

Apa manfaat daun binahong untuk wajah? Manfaat daun binahong ternyata juga baik untuk kesehatan kulit wajah salah satunya mengatasi jerawat. Kandungan zat yang terdapat pada daun binahong sanggup membunuh basil penyebab jerawat. Selain menghilangkan jerawat daun binahong juga sanggup menghilangkan flek hitam dan komedo. Caranya:
  • Ambil daun binahong secukupnya.
  • Kemudian haluskan daun binahong.
  • Oleskan pada wajah Anda yang timbul jerawat atau komedo.
  • Lakukan secara teratur biar jerawat tidak timbul lagi.

4. Mencegah diabetes

Apa manfaat daun binahong buat kesehatan? Manfaat daun binahong selanjutnya yakni mencegah penyakit diabetes. Karena daun binahong mempunyai senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Sehingga daun binahong mempunyai manfaat sanggup membantu menurunkan kadar gula darah secara maksimal. Selain menurunkan kandungan alkaloid, gula darah akan tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

5. Mengatasi sesak nafas

Daun binahong juga mempunyai manfaat sanggup mengatasi sesak nafas. Dalam penelitian yang sudah dilakukan daun binahong dipercaya sanggup menghilangkan lendir di paru-paru yang menimbulkan sesak napas. Selain bisa menghilangkan lendir penyebab sesak nafas, kandungan antibakteri pada daun binahong juga efektif membunuh basil penyebab infeksi kanal pernapasan akut.

6. Mengatasi duduk kasus dikala haid

Apa manfaat daun binahong bagi kesehatan? Manfaat daun binahong juga sanggup mengatasi duduk kasus haid pada wanita. Bagi perempuan yang mengalami duduk kasus menstruasi menyerupai terlambat haid, nyeri, atau keputihan, mengonsumsi air rebusan daun binahong secara teratur sanggup mengatasi duduk kasus menstruasi tersebut. Karena kandungan zat besi dan mineral dalam daunbinahong efektif dalam melancarkan haid.

7. Meningkatkan nafsu makan anak

Sulit makan pada anak akan menciptakan resah pada setiap orang tua. Sulit makan disebabkan beberapa faktor, contohnya sariawan, makanan tidak cocok, atau mengalami duduk kasus sistem pencernaan. Salah satu cara yang bisa di gunakan yakni dengan memperlihatkan rebusan air daun binahong. Manfaat daun binahong sanggup mengatasi anak yang mengalami kesulitan makan. Tetapi ramuan ini hanya dipakai untuk anak yang usianya 7 tahun ke atas. Jangan memperlihatkan ramuan daun binahong ini pada balita lantaran belum ada penelitian lebih lanjut.

8. Mengobati luka

Apa manfaat daun binahong untuk kesehatan? Daun binahong mempunyai antiseptik dan anti-inflamasi yang sanggup menyembuhkan luka terutama memar atau bengkak. Caranya tumbuk daun binahong secukupnya, lalu tempelkan pada luka tersebut. Tetapi sebelum menempelkan daun binahong tersebut bersihkan dahulu luka tersebut untuk menghindari infeksi.

Demikian apa saja manfaat dari daun binahong yang sanggup kita ketahui. Semoga bermanfaat.