Cara Meruqyah Diri Sendiri Dan Orang Lain Biar Badan Tidak Dihuni Jin


Image Source: serikatnews.com

Ruqyah merupakan bab dari doa, sebagai bentuk memohon sumbangan atau memohon kesembuhan dari gangguan atau bahaya, baik fisik atau batin. Dan juga hal tersebut merupakan kebiasaan semenjak jaman Nabi, Berikut hadist dan pendapat ulama wacana ruqyah.

Dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah,
“sesungguhnya meruqyah termasuk amalan yang utama, termasuk kebiasaan para Nabi dan orang orang shahih yang senantiasa menangkis syetan syetan dari anak adam dengan cara yang diperintahkan Allah dan Rasul Nya.” (Kaifa Tu’Aliju Maridhaka Bi Ar Ruqyah Asy Syar’iyyah hal 41)

Ibnul Atsir mengatakan,
“Ruqyah ialah doa memohon perlindungan, yang dibacakan untuk orang yang sedang sakit ibarat demam, kerasukan, atau penyakit lannya.” (An Nihayah fi Gharib At Atsar : 2/254)

Pendapat Al Qarrafi,
“Ruqyah ialah lafadz khusus yang diucapkan dengan niat untuk kesembuhan dari penyakit dan segala alasannya ialah yang merusak.” (Aunul Ma’bud : 10/264)

Sebenarnya ruqyah berisi ayat-ayat Al-Quran atau doa-doa dari Hadist, yang boleh dilakukan secara langsung untuk diri sendiri dengan cita-cita berlindung kepada Allah SWT atau untuk menyembuhkan penyakit. Lalu bagaimana cara meruqyah diri sendiri?

Bagaimana cara meruqyah diri sendiri dengan mudah? Bagaimana cara meruqyah diri sendiri dengan benar? Yuk simak dibawah ini.

:

Berikut Cara Meruqyah Diri Sendiri dan Orang Lain

1. Mantapkan Hati

Pertamaa awali dengan kemantapan hati bahwa kesembuhan hanya tiba dari Allah SWT, lapang dada dan hadapkan diri dengan kesungguhan, kalau anda percaya maka Allah SWT akan mengabulkannya.

2. Berwudhu 

Berwudhu terlebih dahulu, lantaran ruqyah harus dilakukan dalam keadaan suci. Dalam kondisi suci akan mempermudah proses ruqyah yang dilakukan.

3. Dalam kondisi bersih

Memakai pakaian yang bersih, bebas dari najis, dan menutup aurat. Sehingga jiwa menjadi damai dan tentram serta jauh dari godaan syaitan.


4. Shalat taubat dan shalat sajat masing-masing 2 Rakaat

Hal tersebut dilakukan untuk memohon ampunan terlebih dahulu atas dosa dosa kita sebagai umat insan dan untuk memperkuat memohon hajat atau doa kepada Allah SWT supaya dikabulkan dan menerima ridho Nya.

5. Membaca ayat-ayat tertentu

Ada beberapa ayat suci Al-Quran yang sering dibaca ketika meruqyah diri sendiri dan orang lain dari gangguan jin. Di antaranya ialah surat Al-Fatihah, Ayat Kursi, Surat al-Ikhlas, Surat al-Falaq, dan Surat an-Naas.

6. Mengusap tangan keseluruh tubuh

Mengusapkan tangan ke seluruh badan sehabis ditiupkan dengan ayat-ayat Al-Quran di atas.

7. Ruqyah dengan media air

Bagaimana cara meruqyah diri sendiri dengan media air? Caranya, cukup dengan minum atau meminumkan air yang sudah ditiupkan dengan ayat-ayat Al-Quran di atas.

8. Ruqyah ketika ada anggota badan yang sakit

Caranya, letakkan tangan di atas anggota badan yang sakit. Baca 'Bismillah' sebanyak 3 kali. Lanjutkan dengan membaca doa yang dianjurkan Rasulullah SAW berikut sebanyak 7 kali:

A’UUDZU BI ‘IZZATILLAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU

Artinya: “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang saya rasakan dan yang saya khawatirkan.”

9. Ruqyah sebelum tidur

Gabungkan kedua telapak tangan, kemudian bacakan surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas. Setelah itu tiupkan pada kedua telapak tangan. Kemudian usapkan ke seluruh badan yang sanggup dijangkau. Antara lain mulai dari kepala, wajah dan badan bab depan, diulang sebanyak 3 kali.

10. Ruqyah ketika terluka

Ambil ludah di ujung jari, kemudian letakkan di tanah dan selanjutnya oleskan adonan ludah dan tanah tersebut di bab yang luka. Dan juga sambil membaca doa berikut:

BISMILLAH, TURBATU ARDHINAA BI RIIQATI BA’DHINAA, YUSYFAA SAQIMUNA BI IDZNI RABBINAA

Artinya: “Dengan nama Allah, debu tanah kami dengan ludah setengah dari kami, agar disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah.” (HR. Bukhari 5745 & Muslim 5848)

Demikian klarifikasi diatas wacana cara untuk meruqyah diri sendiri dan orang lain. Semoga bermanfaat!
Related Posts