Faktor Penyebab Usus Buntu Dan Cara Mengobatinya


Image Source: sijai.com

Appendicitis atau penyakit usus buntu yakni kondisi yang menyebabkan peradangan pada usus yang buntu. Usus  yang buntu merupakan sebuah organ berbentuk selang kecil dan tipis yang melekat pada cuilan awal usus besar.

Usus buntu terletak di perut cuilan kanan bawah. Usus yang buntu tidak mempunyai fungsi ketika tersumbat, usus yang buntu sanggup membahayakan dan sanggup berakibat fatal bila tidak segera ditangani. Apa penyebab usus buntu dan gejalanya?

Kondisi merupakan suatu kondisi yang umum dan sanggup terjadi pada semua usia. Namun kebanyakan penyakit ini terjadi pada usia 10 hingga 30 tahun. Penyakit ini sanggup dicegah dengan menurunkan faktor risiko Anda. Diskusikan dengan dokter Anda untuk warta lebih lanjut. Apa saja penyebab penyakit usus buntu? 

Tanda dan tanda-tanda usus buntu

Gejala usus buntu pertama yaitu nyeri perut yang diawali pada area perut tengah atas bersahabat pusar. Nyeri ini biasanya berpindah ke perut kanan bawah. Nyeri ini diperburuk dengan pergerakan batuk dan mengejan. Gejala usus buntu lain sanggup berupa:
  • Mual dan muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Konstipasi atau diare
  • Tidak sanggup kentut
  • Perut membesar
  • Demam ringan
  • Terlalu usang menunda terapi medis sanggup menyebabkan tanda-tanda usus buntu makin menjadi kemudian pecah dan menyebabkan infeksi berat yang membahayakan nyawa.

Konsultasikan kepada dokter bila mempunyai kekhawatiran perihal usus buntu yang Anda alami.

Penyebab usus buntu

Apa saja penyebab terjadinya usus buntu? Sebenarnya hingga ketika ini, alasan seseorang mengalami appendicitis belum diketahui. Tetapi, para hebat percaya bahwa penyebab utama penyakit ini yakni penyumbatan. Penyumbatan ini sanggup disebabkan oleh feses, benda asing, atau kanker. Saat tersumbat, basil sanggup bertumbuh dan berkembang.

Hal ini menyebabkan usus  yang buntu membengkak dan terisi nanah. Jika usus pecah, basil sanggup menyebar dan menyebabkan infeksi ke seluruh tubuh. Pada beberapa kasus usus buntu ini meradang jawaban dari infeksi. Apa saja faktor penyebab usus buntu? 

1. Keturunan

Selain lantaran penyumbatan oleh feses maupun benda asing, faktor genetik ternyata termasuk dalam faktor munculnya usus buntu akut. Sebanyak 56 persen penyebab kondisi merujuk pada faktor genetik. Risiko penyebab usus buntu pada anak setidaknya terikat darah dengan satu anggota keluarga inti yang punya riwayat usus buntu (aktif atau sudah pernah diobati), meningkat sepuluh kali lipat dibandingkan dengan anak yang berasal dari keluarga bebas usus buntu.

Penyebab usus buntu akut diturunkan oleh keluarga dilaporkan terkait dengan sistem HLA (antigen leukosit manusia) dan golongan darah. Mereka juga menemukan bahwa golongan darah A mempunyai risiko yang lebih tinggi mengalami kondisi daripada golongan O.

2. Terkena virus

Apa itu penyebab usus buntu? Dr. Edward Livingston, kepala Operasi GI endokrin di UT Southwestern, menyatakan bahwa kondisi ini mungkin disebabkan oleh infeksi virus atau infeksi yang belum ditentukan. Hasil ini tertuang dalam sebuah makalah yang terbit di Archives of Surgery edisi Januari tahun 2010. Para peneliti juga menemukan kecenderungan peningkatan kasus penyakit appendicitis ini selama trend panas. Meski begitu, belum ditemukan korelasi sebab-akibat niscaya antara kedua faktor ini

3. Kurang makan makanan berserat

Pada dasarnya, makanan bukanlah penyebab appendicits . Akan tetapi, penyumbatan usus yang kemudian meradang sanggup saja terjadi jawaban penumpukan makanan tertentu yang tidak hancur ketika dicerna. Misalnya makanan cepat saji, yang tinggi karbohidrat dan rendah serat. Dalam studi kasus lainnya yang dilakukan di Amerika Serikat, ditemukan bahwa bawah umur yang asupan seratnya lebih dari cukup mengalami penurunan risiko appendicitis hingga 30% lebih rendah dibandingkan dengan anak yang jarang makan serat.

Appendicitis paling sering disebabkan oleh penumpukan feses yang mengeras, tanda sembelit. Serat sanggup meningkatkan berat dan ukuran feses lantaran bersifat menyerap air, membuatnya lebih lunak sehingga lebih gampang untuk dikeluarkan melalui anus. Feses yang keras sanggup menjadi tanda bahwa Anda kurang mengonsumsi makanan berserat.

Obat alami usus buntu sementara di rumah

1. Bawang putih

Bawang putih sanggup membantu mengurangi tanda-tanda peradangan usus buntu, lantaran antiinflamasi yang sanggup menyebabkan penurunan radang. Bawang putih juga sanggup mengurangi sakit perut dan membantu memperbaiki duduk kasus ibarat muntah dan mual. Oleh lantaran itu, Anda disarankan untuk menambahkan bawang putih pada rutinitas harian Anda.
Caranya:
  • Makanlah 2-3 siung bawang putih mentah pada perut kosong setiap hari. 
  • Anda juga sanggup memakai bawang putih pada masakan.
  • Pilihan lain yakni untuk mengonsumsi kapsul bawang putih, tetapi ini sanggup dilakukan hanya bila Anda telah berkonsultasi dengan dokter.


2. Minyak jarak

Minyak jarak sanggup membantu mencegah usus buntu, terutama pada gejalanya. Ini sanggup membantu penyumbatan usus buntu yang mengarah ke mengurangi duduk kasus peradangan. Tidak hanya itu, minyak jarak juga sanggup menunjukkan sumbangan pada duduk kasus sembelit, duduk kasus usus, dan duduk kasus gas bila dikonsumsi secara oral.
Caranya:
  • Siapkan minyak jarak dan kain flanel besar yang dilipat.
  • Berbaringlah dengan dialasi oleh handuk.
  • Tuangkan 2 sendok makan minyak jarak di atas perut Anda, kemudian letakkan kain di atasnya.
  • Ulangi mengonsumsi obat usus buntu ini sebanyak 3 kali seminggu selama 2-3 bulan.

3. Jahe

Jahe kaya akan antiradang alami yang membantu dalam mengurangi peradangan dan nyeri perut. Jahe juga efektif dalam menunjukkan sumbangan pada tanda-tanda lain ibarat mual dan muntah. Agar Anda sanggup mencicipi manfaatnya, Anda sanggup mengonsumsi teh jahe atau memakai jahe untuk memijat cuilan perut.
Caranya:
  • Minum teh jahe sebanyak 2-3 kali sehari. 
  • Untuk membuatnya, didihkan satu sendok teh jahe parut atau iris dalam secangkir air mendidih selama 5-10 menit.
  • Pijat cuilan bawah perut Anda dengan minyak jahe beberapa kali sehari.
  • Anda juga sanggup mengonsumsi kapsul jahe, namun sesudah berkonsultasi dengan dokter.

4. Sari lemon

Sari lemon sanggup membantu meringankan rasa sakit dan radang berkat sifat dari sitrusnya yang sanggup membantu pada gangguan pencernaan dan sembelit. Tidak hanya itu saja, lemon juga sanggup meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah infeksi dan sebagai obat usus buntu alami
Caranya:
  • Keluarkan sari dari satu buah lemon.
  • Campurkan dengan madu alami dengan kuantitas yang sama.
  • Konsumsi adonan ini beberapa kali sehari.
  • Ulangi hal ini setiap hari selama beberapa minggu.


5. Teh mint

Teh mint sanggup membantu menyembuhkan banyak tanda-tanda usus buntu. Ini membantu dalam meredakan mual dan muntah, serta mengurangi duduk kasus gas dan sakit perut. Oleh lantaran itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi teh mint secara teratur untuk mendapat pengaruhnya pada radang usus yang buntu.
Caranya:
  • Buatlah teh mint.
  • Tambahkan satu sendok makan daun mint segar pada secangkir teh mendidih. 
  • Biarkan selama 5-10 menit.
  • Saring dan tambahkan beberapa madu segar ke dalam teh.
  • Minum teh ini 2-3 kali sehari selama beberapa minggu.
  • Untuk memerangi mual dan muntah, Anda sanggup mengunyah beberapa daun mint segar.

Demikian penyebab usus buntu dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat.
Related Posts