Gejala, Tanda, Dan Cara Mengobati Nanah Yang Efektif


Image Source: alodokter.com

Bisul yakni salah satu kondisi kulit yang paling yang sering terjadi. Wanita, pria, tua, dan anak muda bisa saja mengalaminya sewaktu-waktu. Meski begitu, orang yang sedang sakit dan sedang minum obat tertentu yang memengaruhi sistem kekebalan badan akan lebih rentan untuk mengalami bisulan. Beberapa penyakit yang sanggup melemahkan sistem kekebalan badan termasuk diabetes atau gagal ginjal. Jika Anda mempunyai sistem kekebalan badan yang lemah contohnya sebab usia bau tanah atau sebab HIV, Anda juga sanggup rentan bisulan.

Bisul juga mungkin muncul lebih dari 1 benjolan dalam waktu bersamaan. Kondisi ini tidaklah serius dan gampang disembuhkan. Bagaimana cara mengobati bisul?

Tanda dan tanda-tanda bisul

  • Kondisi ini biasanya muncul sebagai ruam kemerahan di kulit yang terasa sakit dikala Anda menyentuhnya. 
  • Lambat laun, ruam kemerahan ini membentuk benjolan kecil yang keras, terisi penuh oleh nanah, dan terasa nyeri. 
  • Benjolan sanggup muncul di area leher, wajah, pinggang, lipat paha, ketiak, dan pantat.
  • Benjolan biasanya berdiameter kira-kira 1,5 hingga 5 cm. Selain itu benjolan ini juga sanggup membesar dan semakin terasa nyeri jikalau disentuh.
  • Beberapa benjolan terdapat di lapisan kulit yang lebih dalam, kemudian muncul dan mengeluarkan cairan berisi darah dan cairan putih. 
  • Setelah benjolan berisi nanah, rasa nyeri akan berkurang tetapi abses dan kemerahan menetap dalam beberapa hari atau beberapa minggu, dan sanggup meninggalkan bekas.
  • Jika tidak diobati dengan tepat, kondisi ini sanggup memasuki pedoman darah dan menginfeksi organ sekitar, menimbulkan infeksi.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan tanda-tanda yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda khawatiran akan sebuah tanda-tanda tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Membedakan benjolan bisulan dan jerawat

Banyak orang yang kebingungan untuk membedakan benjolan tanda bisulan dan jerawat. Karena, keduanya bisa terlihat mirip. Penyebab dan cara mengobati bisul terkadang sanggup menciptakan kulit Anda memerah dan benjolannya terasa menyakitkan jikalau disentuh.
  • Dari segi tampilan. Jika Anda bisulan, benjolan umumnya timbul dari ukuran yang kecil dan selanjutnya akan tumbuh membesar. Selain itu, beberapa benjolan sebab bisulan juga terlihat menyerupai membengkak.
  • Dari segi lokasi. Jerawat biasanya muncul di wajah, dada, atau punggung sebab lokasi tersebut mempunyai kelenjar minyak yang sangat aktif. Sementara jikalau Anda mengalami bisulan, benjolan biasanya muncul di area sering berkeringat atau bergesekan dengan pakain. Misalnya selangkangan, pantat, ketiak, dan paha.

Jika Anda masih galau apakah Anda mengalami bisulan dan jerawat, jangan ragu untuk menanyakan pribadi ke dokter seorang andal kulit. Dokter seorang andal kulit akan menjelaskan secara rinci sekaligus menilik kondisi Anda secara pribadi guna memilih pengobatan yang sempurna sesuai dengan kondisi Anda.

Cara mengobati bisul

Bagaimana cara mengatasi bisul? Ada aneka macam cara mengobati bisul. Anda bisa melakukannya dengan memakai materi alami dan obat yang dijual di apotek.

1. Kompres air hangat

Benjolan berisi nanah sanggup pecah dengan sendirinya dalam 1-2 minggu. Anda sanggup menempelkan kompresan air hangat di lokasi benjolan tersebut untuk mempercepat proses penyembuhan sekaligus mengeringkannya. Kompres air hangat yakni salah satu obat bisul alami yang paling gampang untuk dilakukan. Caranya:
  • Siapkan air hangat serta handuk/kain halus dan bersih. 
  • Celupkan handuk/kain higienis ke dalam air hangat dan peras hingga kering. 
  • Letakkan kain pada benjolan selama 10 menit beberapa kali sehari. 
  • Tetap kompres dengan kain hangat dan berair sesudah benjolan berisi nanah tersebut pecah.

Obat bisul alami satu ini sanggup mengurangi rasa sakit dan memancing semoga nanah di dalam benjolan naik ke permukaan. Jangan lupa, selalu basuh tangan hingga higienis sebelum dan sesudah Anda menyentuh benjolan berisi nanah ini.

2. Jangan dipencet

Obat bisul lainnya yakni jangan pernah Anda mencoba memencet benjolan berisi nanah. Memencet benjolan yang berisi nanah justru sanggup meningkatkan risiko penyebaran infeksi di area kulit sekitarnya. Jika, sudah terlanjut menyebar, kondisi ini sanggup menimbulkan komplikasi serius.

Salah satu yang bisa terjadi apabila Anda nekat memencet benjolan berisi nanah ini yakni selulitis, yaitu jenis infeksi kuman serius pada kulit yang sanggup masuk ke dalam pedoman darah Anda. Hal tersebut sanggup memicu sepsis, alias keracunan darah, yang berpotensi menimbulkan infeksi pada organ dalam badan lainnya. Contohnya endokarditis (infeksi pada jantung) bahkan hingga osteomielitis (infeksi pada tulang).

3. Bawang putih

Bagaimana cara mengobati bisul dengan bawang putih? Bahan alami yang pertama yang sanggup mengobati bisul yang sudah pecah yakni bawang putih. Bawang putih sendiri tentunya sudah tidak absurd lagi di indera pendengaran masyarakat umumum. Kandungan anti bakterinya cocok untuk mengobati bisul yang sudah pecah. Caranya Anda hanya mengoleskan parutan bawang putih pada bisul.

4. Benzocaine

Obat bisul satu ini sanggup membantu meredakan sakit dikala Anda mempunyai benjolan berisi nanah di kulit. Hal ini sebab kandungan pada salep bisul ini sanggup menghalangi sinyal rasa sakit. Gunakan salep sesuai dengan petunjuk dokter atau yang tertera pada label kemasan. Biasanya, penggunaan salep bisul ini sudah bisa mengurangi rasa sakit. Jadi, pastikan Anda tidak berlebihan dalam memakai salep bisul ini sebab mungkin justru sanggup menjadikan imbas samping.

5. Mupirocin

Bagaimana cara menghilangkan bekas bisul? Salep bisul satu ini merupakan antibiotik asam monoxycarbolic yang biasa dipakai untuk mengobati bisul. Jika dipakai sesuai dengan hukum pakai, salep bisul ini sangat efektif dalam melawan dan menghambat pertumbuhan kuman penyebab bisul. Gunakan obat bisul satu ini secara teratur untuk mendapat manfaat maksimal. Lanjutkan penggunaan obat ini hingga yang diresepkan habis. Menghentikan penggunaan obat yang terlalu cepat sanggup menciptakan kuman kembali berkembang.

Demikian bagaimana cara mengatasi bisul? Semoga sanggup membantu dan bermanfaat.