Harga Dan Macam-Macam Paket Umroh 2019


Image Source: Istimewa

Setiap umat Muslim pastinya ingin melakukan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah Swt yaitu ibadah umroh. Ibadah umroh bekerjsama sam dengan ibadah haji hanya saja ketika umroh tidak ada wukuf, mabit dan melempar jumroh. Ibadah umroh biasanya dilaksankan pada hari-hari tasyrik tepatnya pada tanggal 11-13 dzulhijah.

Sebelum melakukan ibadah umroh, biasanya orang-orang akan berlomba-lomba mendaftarkan dirinya ke tour yang telah dipilih masing-masing. Dalam registrasi tersebut biro akan memperlihatkan sejumlah macam-macam paket umroh sebagai sarana untuk pergi ketanah suci.

Berikut akan kami berikan beberapa macam-macam paket umroh.

Macam-macam paket umroh

1. Paket menurut kamar hotel

Paket umroh menurut kapasitas kamar hotel merupakan daerah yang akan dihuni oleh jamaah, paket umroh menurut kamar hotel ini dibagi menjadi tiga, yaitu quard, triple, dan double.

Paket quard Paket quard ialah perjalanan umroh dengan akomodasi satu kamar hotel diisi untuk 4 orang, biasanya untuk para jamaah yang tidak membawa keluarga, istri atau anak.

Paket triple Paket umroh triple ialah akomodasi satu kamar hotel yang diisi untuk 3 orang. Biasanya direkomendasikan untuk orang bau tanah beserta satu anaknya.

Paket double Paket umroh double ialah akomodasi satu kamar hotel diisi untuk dua orang. Biasanya untuk jamaah suami dan istri saja.

:



2. Paket umroh menurut waktu berangkat

Berdasarkan waktu keberangkatan, ada banyak alternatif pilihan paket umroh yang ditawarkan oleh biro perjalanan umroh, antara lain sebagai berikut.
  1. Reguler (Umroh akan dimulai satu bulan sesudah demam isu haji dan waktu ibadah umroh ialah 9 hari).
  2. Ramadhan (Pemberangkatan jamaah dilakukan ketika bulan Ramadhan).
  3. Lailatul Qadr (Pemberangkatan jamaah dilakukan pada final bulan Ramadhan).
  4. Plus wisata (Penambahan perjalanan wisata ke wisata tertentu sesudah ibadah umroh selesai dilaksanakan. Misalnya, plus Dubai, plus Brunei, plus Kairo, plus Eropa, dan sebagainya).
  5. Liburan sekolah (Yaitu pemberangkatan jamaah dilakukan pada waktu liburan sekolah, biasanya pada ketika bulan Juni hingga Agustus).

3. Paket umroh menurut biaya

Paket umroh ini merupakan paket yang menurut besar kecilnya biaya yang harus dibayarkan oleh jamaah, biro perjalanan biasanya memperlihatkan aneka macam paket sebagai berikut.

Paket umroh murah Paket umroh ini mempunyai biaya paling murah dibandingkan dengan paket lainnya. Biasanya harga dibawah dari $1900 atau setara 19 juta.

Paket umroh standard Paket umroh standard yaitu paket yang biayanya berada dalam harga rata-rata yang ditetapkan oleh biro perjalanan umroh pada umumnya. Biasanya harga antara $2000 hingga $2400. Paket standard biasanya menjadi pilihan yang pas dikantong, selain harganya yang tidak terlalu mahal, dan hotel sudah bintang 5. Selain itu jarak antara hotel dan masjid hanya sekitar 200 – 250 meter.

Paket umroh VIP Paket umroh VIP yaitu paket umroh yang biayanya paling mahal dibandingkan dengan lainnya. Harganya kira-kira diatas $2500, perbedaan harga tersebut mempunyai perbandingan akomodasi yang akan diterima oleh jamaah. Jika biayanya murah, akomodasi yang akan diterima tentu ada batasnya menyerupai akomodasi hotel, makanan dan jarak yang sangat jauh antara hotel dan masjidil Haram yang biasanya diatas 600 meter.

Sementara itu, untuk jamaah dengan pilihan VIP tentu akan mendapat akomodasi paling baik dibandingkan dengan paket lainnya, contohnya hotel bintang 5, jarak dengan Masjidil Haram sangat dekat, serta jamaah mendapat beberapa perlengkapan umroh dan sebagainya.

Tips menentukan paket umroh murah

Jika Anda berencana menentukan macam-macam paket umroh murah, berikut ialah hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan.

1. Mencari warta yang akurat perihal biro yang akan dituju. Mintalah acuan dan bertanya pada orang yang pernah menggunakan biro umroh tersebut semoga terhindar dari penipuan.

2. Memilih biro biro travel yang handal, berpengalaman, dan terpercaya. Jangan hingga Anda menjadi korban penipuan akhir paket umroh murah.

3. Memperhatikan akomodasi yang akan didapatkan. Jangan hingga ketika ibadah umroh Anda terganggu akhir akomodasi yang Anda pilih terbatas dan di bawah standard.

4. Cek jarak antara hotel dengan Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Usahakan tidak lebih dari 200 hingga 250 meter jarak antara hotel dan Masjid, untuk menjaga kondisi fisik dan kekhusyukan dalam beribadah.

5. Sesuaikan dana yang Anda punya untuk menunaikan ibadah umroh. Jika paket murah ini ternyata terasa masih mahal sebaiknya mengambil paket umroh standar untuk mendapat akomodasi yang lebih baik dan menjamin Anda terhindar dari penipuan.

Demikian beberapa macam-macam paket umroh. Semoga bermanfaat.