Hindari Kebutaan, Begini Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Medis & Islami

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Medis  Hindari Kebutaan, Begini Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Medis & Islami
Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Medis & Islami (sumber gambar: tribunnews.com)

Mencegah lebih baik daripada mengobati, tidak terkecuali untuk kesehatan mata.

Berikut akan kami paparkan cara menjaga kesehatan mata, baik secara medis maupun Islami.

Mata merupakan salah satu bab badan yang vital. Tanpa indra penglihatan yang baik, kualitas hidup dipastikan menurun. Selain itu, kegiatan akan terganggu. Oleh lantaran itu, menjaga kesehatan mata sangat penting.

Saat ini, gaya hidup insan modern telah berubah. Aktivitas di luar ruangan makin sedikit dilakukan. Bersamaan dengan itu, muncul kebiasaan baru, yakni beraktivitas di dalam ruangan dengan gadget.

Tidak ada salahnya melaksanakan kegiatan tersebut. Namun, kalau berlebihan, kesehatan mata rawan terganggu. Ingat, layar gawai memancarkan sinar biru yang mengancam mata.

Selain itu, berada di dalam ruangan sering menciptakan mata harus bekerja ekstra lantaran hanya mendapatkan cahaya dalam intensitas rendah.

Bukan hal absurd lagi kalau gangguan kesehatan mata cenderung meningkat. Prevent Blindness America mencatat terdapat kenaikan penderita gangguan penglihatan sampai 89 persen dalam 20 tahun terakhir. Sebagian besar penderitanya ialah mereka yang berusia 40 tahun ke atas.

Tentu saja Anda tidak mau mengalami gangguan penglihatan menyerupai itu, apalagi belum dewasa yang kini kasus kerusakan mata dini juga meningkat.

Tentu, untuk menghindarkan Anda dari risiko penyakit mata sampai hilangnya penglihatan yaitu dengan menjaga kesehatan mata.

Nah, berikut yaitu beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata baik secara medis maupun islami.

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Segi Medis


Sumber: mediaindonesia.com

Daris segi medis, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata, diantaranya:

1. Rutin Memeriksakan Mata

Setiap orang, mulai dari belum dewasa sampai usia lanjut, dianjurkan untuk memeriksakan mata ke dokter seorang mahir mata setidaknya 2 tahun sekali. Rutin memeriksakan mata sanggup mendeteksi dini persoalan pada mata jawaban penyakit tertentu, menyerupai diabetes dan tekanan darah tinggi.

Orang cukup umur yang sudah berumur lebih dari 40 tahun bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Ini berkhasiat untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia, menyerupai degenerasi makula, glaukoma, dan katarak.

Sedangkan cara menjaga kesehatan mata anak-anak, setidaknya dua tahun sekali mata anak harus diperiksa untuk mendeteksi persoalan penglihatan yang mungkin sanggup memengaruhi kemampuan belajarnya.

Cari tahu pula riwayat kesehatan mata dalam keluarga. Mengapa? Karena banyak penyakit atau persoalan mata yang diturunkan secara genetik dari orang renta ke anak.

Dengan investigasi mata ke dokter, aneka macam penyakit mata dan gejalanya sanggup terdeteksi lebih dini. Pengobatannya pun tentu akan lebih mudah.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara menjaga kesehatan mata alami yaitu dengan banyak mengkonsumsi masakan bergizi.

Dilansir dari alodokter.com, penelitian menunjukkan bahwa masakan sehat yang mengandung aneka macam nutrisi, menyerupai vitamin A, C dan E, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3, sanggup membantu menangkal persoalan mata. Termasuk katarak dan degenerasi makula.

Berbagai nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, wortel, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

3. Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Elektronik

Menatap layar  komputer atau smartphone terlalu usang sanggup menyebabkan mata lelah. Gejalanya sanggup berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada pundak dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan pandangan menjadi kabur.

Cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer adalah dengan mengistirahatkan mata tiap 20 menit. Alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik, untuk mengurangi ketegangan pada mata.

Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Jika mata Anda terasa kering, seringlah mengedipkan mata.

4. Memakai Kacamata Hitam

Tidak hanya kulit yang perlu dilindungi dari imbas berbahaya sinar ultraviolet matahari, mata juga perlu.

Mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet sanggup mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata.

Oleh lantaran itu, pakailah kacamata hitam yang sanggup memblokir sinar UVA dan UVB, serta kenakan topi ketika berjalan-jalan di siang hari.

: 30 Persen Anak Usia SD Mengalami Penyakit Mata, Ini yang Harus Orang Tua Perhatikan

5. Tidak Merokok

Merokok sanggup meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan serta merusak retina.

Merokok juga bisa menyebabkan penimbunan plak di pembuluh darah dan melemahkan arteri, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

6. Rajin Olahraga

Penelitian mengungkapkan bahwa olahraga sanggup mengurangi risiko kehilangan penglihatan jawaban tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Cara menjaga kesehatan mata juga sanggup dilakukan dengan tidak mengabaikan aneka macam persoalan pada mata. Jika terasa menyerupai ada butiran pasir di mata, bilas dengan air bersih. Apabila mata terasa gatal atau terlihat merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dingin.

Segera periksakan ke dokter mata kalau keluhan pada mata terus berlanjut, atau kalau mata terasa sakit, bengkak, sensitif terhadap cahaya, menyerupai ada bintik-bintik gelap mengambang ketika melihat, atau kalau Anda mengalami gangguan penglihatan.

Cara Menjaga Kesehatan Mata ala Rasulullah SAW.


Gambar ilustrasi dilansir dari kabbarmakkah.com

Dalam islam sendiri gotong royong juga ada cara menjaga kesehatan mata, menyerupai halnya apa yang dilakukan Rasulullah SAW.

Diriwayatkan Abu Daud dalam kitab sunannya, dari Abdurrahman Ibnu Nu'man Ibnu Ma'ad Ibnu Haudzah al-Anshariy, dari ayah dan kakeknya disebutkan bahwa Rasul menyuruh mengolesi mata dengan kerikil celak mata yang dibaluri wewangian misik sebelum tidur.

Rasulullah SAW memerintahkan celak itsmid yang dibubuhi minyak amis menjelang tidur. Namun kata Rasul, orang yang berpuasa hendaknya menjauhinya. Abu Ubaid meriwayatkan bahwa arti dibubuhi minyak amis yaitu minyak kasturi.

Dalam Sunan Ibnu Majah diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah SAW mempunyai daerah celak yang Rasulullah SAW gunakan tiga kali di bab mata.

Sementara dalam riwayat Tirmidzi, dari Ibnu Abbas bahwa kalau menggunakan celak, Nabi SAW menggunakan tiga kali pada mata kanan, dimulai dari kanan dan diakhiri di bab kanan dan dua kali pada bab kiri.

Abu Daud meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda, " Siapa saja yang bercelak seharusnya ia menggunakan bilangan ganjil." Apakah bilangan ganjil itu berlaku pada kedua belah mata? Di mana masing-masing mata dicelaki tiga kali? Atau kanan tiga kali dan mata kiri dua kali?"

Imam Ahmad menjelaskan, " Hal yang perlu diperhatikan dalam mencelaki mata yaitu hendaknya mata kanan didahulukan terlebih dahulu. Hendaknya mencelaki mata dengan bilangan (celakan) ganjil, bisa dilakukan pada mata kanan tiga kali, kemudian mata kiri dua kali atau mata kanan dan kiri masing-masing tiga kali."

Para mahir medis menyampaikan celak mata mempunyai daya guna dan faedah.

Dilansir dari dream.co.id, di antara kegunaan yang paling utama yaitu menjaga kesehatan mata, menjaga kejernihan pandangan mata dan menambah ketajaman daya pandang serta penglihatan mata, sehingga bisa memandang dengan terang dan terang.

Manfaat celak mata juga berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran mata dan memperindah mata.

Adapun dikala paling sempurna untuk celak mata yaitu ketika hendak tidur. Karena pada dikala itu ketenangan mata dan kestabilan gerak mata sangat terjaga, sehingga fungsi celak akan berjalan secara optimal di dikala insan tidur.

Nah itulah cara menjaga kesehatan mata, baik dari segi medis maupun islam.

Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Mata yaitu jendela dunia. Lewat mata kita bisa mengerti, mengetahui, melihat dan masih banyak hal lagi. Oleh lantaran itu menjaga kesehatan mata sangatlah penting Anda lakuakan.

Demikian, biar bermanfaat.