Hipertensi, Jangan Tergantung Obat, Makan 8 Buah Penurun Darah Tinggi Berikut


Image Source: pixabay.com

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan yang umum ditemui terutama pada lansia. Tekanan darah tinggi sering kali tidak mengakibatkan gejala, sehingga hanya sanggup terdeteksi melalui investigasi tekanan darah. Meskipun tidak mengakibatkan tanda-tanda tetapi tekanan darah tinggi termasuk dalam penyakit berbahaya alasannya sanggup meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Ada banyak cara mengatasi tanda-tanda darah tinggi, salah satunya ialah dengan memakai buah penurun darah tinggi. Anda disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari.

Hal ini membantu memenuhi asupan vitamin dan mineral yang diharapkan badan Anda. Saat Anda mempunyai penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, vitamin dan mineral serta serat yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan sanggup membantu menurunkan tekanan darah. Terutama, buah yang mengandung kalsium, magnesium, atau kalium ialah buah yang dianjurkan untuk para penderita tekanan darah tinggi. Apa saja buah penurun darah tinggi?

Buah penurun darah tinggi

1. Kiwi


Image Source: pixabay.com

Nama buah penurun darah tinggi yang pertama ialah kiwi. Ini merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita tekanan darah tinggi. Karena dalam satu buah kiwi terkandung 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium. Ketiga mineral yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda, ternyata terkandung dalam buah ini.

Selain mengandung ketiga mineral tersebut, buah kiwi juga kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan. Antioksidan ini sanggup membantu badan Anda dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh. Walaupun rasanya agak sedikit masam, namun ternyata buah ini mempunyai manfaat yang sangat menguntungkan bagi Anda.

2. Pisang

Image Source: pixabay.com

Buah lain yang juga sanggup membantu menurunkan tekanan darah Anda ialah pisang. Nah, ini merupakan buah yang sangat terjangkau dan gampang Anda temukan. Pasti Anda tidak absurd lagi dengan buah ini sebagai masakan pencuci mulut. Satu buah pisang ukuran sedang ternyata mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang Anda butuhkan setiap hari. Karena kandungan kalium yang cukup tinggi ini, pisang menjadi buah yang cocok untuk sanggup menurunkan kadar tekanan darah.

Selain untuk menurunkan tekanan darah, pisang juga bisa membantu menurunkan kadar hormon stres dalam darah. Untuk itu, mulailah konsumsi pisang setiap hari setidaknya 1 buah sebagai sarapan atau masakan selingan Anda.

3. Buah berry

Image Source: pixabay.com

Buah apa penurun darah tinggi? Buah yang termasuk ke dalam jenis buah berry ialah ibarat blueberry, strawberry, blackberry, raspberry, sampai cranberry. Buah berry mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk memelihara tekanan darah.

Semua jenis berry tentunya baik, namun kalau Anda menginginkan yang mempunyai antioksidan dalam bentuk flavonoid yang paling tinggi, maka Anda bisa menentukan blueberry. Buah ini yummy dimakan pribadi atau bisa Anda campurkan pada oatmeal untuk sarapan. Buah blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Senyawa flavonoid ini, berdasarkan salah satu penelitian, sanggup mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan sanggup membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Buah bit

Image Source: pixabay.com

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal American Heart Association mengatakan bahwa konsumsi jus bit sanggup membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan oleh Queen Mary University of London ini menjelaskan bahwa kandungan nitrat dalam buah bit sanggup meningkatkan kadar gas nitrat oksida dalam sirkulasi darah sehingga membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Penelitian lainnya yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2013 juga mengatakan bahwa tekanan darah sistolik partisipan yang minum jus bit dan apel sanggup menurun sesudah 6 jam, terutama pada partisipan pria. Kandungan nitrat dalam buah bit ini ternyata memang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Anda bisa mengonsumsi buah bit dalam banyak sekali cara, contohnya dibentuk jus, ditambahkan pada sereal sarapan Anda, dipanggang bersama sayuran, dibentuk salad, dan sebagainya.

5. Delima

Image Source: pixabay.com

Buah apa untuk menurunkan darah tinggi? Delima ialah salah satu buah yang dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya ialah penurun darah tinggi. Kandungan kalium dan juga polifenol dalam delima membuatnya bisa menurunkan tekanan darah sekaligus menjadi antioksidan bagi tubuh. Sudah banyak penelitian yang menerangkan hal ini.

Salah satunya ialah penelitian yang dipublikasikan oleh Plant Foods for Human Nutrition. Penelitian ini mengatakan bahwa konsumsi jus delima lebih dari satu gelas setiap hari selama 4 ahad bekerjasama dengan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. Kandungan kalium dan polifenol dalam buah ini mungkin yang mengakibatkan hal ini terjadi.

6. Alpukat

Image Source: pixabay.com

Alpukat dikenal sebagai buah yang mempunyai kandungan lemak tinggi. Meskipun begitu lemak yang ada dalam alpukat merupakan lemak yang baik bagi tubuh.  Satu setengah buah alpukat sanggup menyediakan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang Anda butuhkan. Selain kaya akan mineral dan lemak baik tersebut, alpukat juga mengandung karotenoid yang sanggup membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Saat mengupas alpukat, sebaiknya kupaslah dengan hati-hati. Karena ternyata kandungan banyak sekali senyawa yang baik ini berada sempurna di bawah kulit alpukat.

7. Jeruk

Image Source: pixabay.com

Buah untuk penurun darah tinggi selanjutnya ialah jeruk. Jeruk merupakan buah yang akan akan vitatim C dan vitamin A. Buah jeruk juga mempunyai kandungan yang cukup tinggi. Selain sanggup menurunkan tekanan darah, konsumsi jeruk secara rutin juga sanggup memelihara kesehaan Anda secara menyeluruh.

8. Melon

Image Source: pixabay.com


Buah apa penurun tekanan darah tinggi? Buah penurun darah tinggi selanjutnya ialah melon. Buah ini mempunyai kandungan potassium atau kalium yang juga tinggi. Melon juga mengandung zat lain yang baik bagi badan mulai dari vitamin A. vitamin C, zat besi, vitamin B5, magnesium, kalsium, DNA juga serat.

Demikian buah untuk penurun darah tinggi yang bisa Anda konsumsi sebagai alternatif. Semoga sanggup membantu dan bermanfaat.