Manfaat Bawang Putih Selain Untuk Perhiasan Bumbu Masakan


Image Source: pixabay.com

Bawang putih mempunyai nama lain genus Allium. Bagi masyarakat Indonesia bawang putih mungkin sudah tidak absurd lagi, sebab bawang putih merupakan materi masak yang selalu ada didapur. Hampir semua masakan Indonesia mengandung bawang putih. Rasa dan aroma yang khas menciptakan masakan menjadi lebih sedap dan lezat. 

Selain dipakai sebagai bumbu masak yang terkenal dimasyarakat, bawang putih mempunyai manfaat sebagai kesehatan dan ampuh untuk mencegah banyak sekali penyakit. Lalu, apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan? Berikut yaitu beberapa manfaat mengonsumsi bawang putih.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

1. Mengontrol tekanan darah

Apa saja khasiat bawang putih? Bawang putih mempunyai kandungan polisulfida yang telah terbukti sanggup mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi. Menurut sebuah penelitian ilmiah Maturitas yang dilakukan, kandungan polisulfida akan membantu melebarkan serta membuka pembuluh darah biar tekanan darah tidak terlalu besar. Makan bawang putih rutin selama tiga bulan ternyata sanggup menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

2. Mengatasi jerawat

Apa manfaat bawang putih untuk wajah? Didalam bawang putih terdapat kandungan allicin yang sanggup membantu melawan peradangan didalam badan sebagai penyebab jerawat. Menurut Doris Day, M.D, seorang dokter kulit menyampaikan bahwa bawang putih sebagai penghilang nanah mungkin bisa berhasil sebab kandungan zat yang dimiliki bawang putih bersifat antioksidan dan anti-peradangan.

3. Dapat menjaga kesehatan otak

Penyakit Alzheimer dan demensia merupakan penyakit yang sering dialami banyak sekali kalangan. Ada cara yang bisa dipakai untuk mencegah penyakit tersebut dengan gampang yaitu mengonsumsi bawang putih. Dalam sebuah penelitian dalam Journal of Neurochemistry telah mengambarkan bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih ternyata bisa menjaga otak dari banyak sekali kerusakan kognitif. Unsur kimia yang terdapat pada bawang putih itu berfungsi mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

4. Mencegah risiko kanker

Apakah manfaat bawang putih untuk kesehatan? Bawang putih mempunyai kandungan senyawa welirang bioaktif yang sanggup menurunkan risiko penyakit kanker. Senyawa welirang bioaktif ini berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel badan yang rusak, melindungi badan dari zat karsinogen, dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat. Berbagai penelitian juga mengambarkan bahwa bawang putih sanggup mencegah banyak sekali macam kanker, menyerupai kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker paru-paru.

5. Mencegah penyakit jantung

Selain mencegah risiko kanker, bawang putih juga sanggup mencegah risiko penyakit jantung. Manfaat bawang putih untuk mencegah penyakit jantung caranya dengan mengonsumsinya secara rutin. Karena untuk mencegah pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner. Arteri koroner yaitu pembuluh darah yang memompa darah menuju jantung. Bagi Anda yang mempunyai banyak sekali problem pada jantung dan sistem metabolisme tubuh, mengonsumsi bawang putih bisa menjadi obat alternatifnya.

6. Mengurangi flu

Manfaat bawang putih selanjutnya yaitu sanggup meredakan flu atau pilek. Kandungan allicin yan terdapat pada bawang putih mempunyai fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur. Kandungan zat tersebut yang sanggup membunuh banyak sekali organisme jahat yang sanggup menimbulkan banyak sekali penyakit salah satunya yaitu flu atau biasa disebut pilek.

7. Dapat menghilangkan amis mulut

Apa manfaat dari bawang putih? Selain mengurangi flu bawang putih juga sanggup mengurangi amis mulut. Bau verbal mungkin sangat mengganggu bagi setiap orang. Untuk menghilangkan amis verbal tersebut Anda bisa mencoba mengonsumsi bawang putih sebagai cara yang gampang dipraktekkan. 
Caranya:
  1. Ambil bawang putih secukupnya.
  2. Kemudian basuh hingga higienis bawang putih mentah.
  3. Makanlah bawang putih mentah dengan daun seledri atau kemangi supaya aroma bawang tidak menyengat.
  4. Minum segelas susu rendah lemak tanpa rasa sehabis mengonsumsi bawang mentah.
  5. Setelah itu, sikat gigi dan berkumur hingga aroma bawang putih hilang.
Demikian apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.