10 Macam Pola Seni Rupa Murni


Image Source: wikimedia.org

Seni ialah sebuah pengungkapan lisan seseorang yang tercipta dari imajinasi serta mempunyai estetika. Salah satu cabang seni yang sanggup dilihat atau diraba yaitu seni rupa. Seni rupa tercipta alasannya beberapa unsur yaitu garis, titik, bidang, volume, bentuk, warna, tekstur, dan pencahayaan.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai pola dari seni rupa murni. Sebelum membahas pola dari seni rupa murni perlu diketahui juga, apa itu seni rupa murni? Seni rupa murni ialah adalah salah satu cabang seni yang lebih mengutamakan fungsi keindahan atau estetika lebih cenderung dipakai sebagai hiasan.

Lalu, apa saja pola seni rupa murni? Berikut contoh-contoh seni rupa murni.



Contoh seni rupa murni

1. Relief

Apa pola seni rupa murni? Relief merupakan suatu gambar atau lukisan yang dibuat 3 dimensi (Trimarta) yang digambar diatas bidang 2 dimensi (Dwimarta). Biasanya relief ini sanggup ditemukan atau ditemui di tugu dan candi, relief sendiri mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi. Karena relief dibuat semenjak zaman dahulu dan berisi keyakinan orang-orang terdahulu. Berikut pola relief.


Image Source: wikimedia.org

2. Patung

Patung dan relief merupakan karya seni yang hampir mirip. Tetapi patung ialah ungkapan jiwa dan lisan seseorang yang dibuat 3 dimensi dengan tujuan estetika dan visual. Patung sanggup dijumpai dipinggir jalan, taman tengah kota, gedung, dan lainnya. Patung biasanya berupa gambar manusia, hewan, atau makhluk mitologi. Berikut pola patung.


Image Source: thecolourofindonesia.com

3. Lukisan

Mungkin banyak yang sudah tahu lukisan itu apa? Lukisan merupakan contoh dari seni rupa murni yang dibuat diatas kertas kanvas dengan ukiran cat, kuas, dan peralatan lainnya. Pembuatan lukisan juga hasil dari ungkapan jiwa atau lisan seseorang. Berikut pola lukisan.


Image Source: moondoggiesmusic.com

4. Kerajinan yang digantung

Kerajinan gantungan sangat banyak ditemukan dipasar-pasar atau toko-toko disekitar kita. Contohnya gantungan kunci yang sering kita jumpai. Kenapa gantungan kunci termasuk seni rupa murni? Karena gantungan kunci mempunyai fungsi untuk memberi keindahan atau sebagai hiasan. Berikut contohnya.


Image Source: dictio.id

5. Kerajinan keramik

Apa saja pola dari seni rupa murni? Kerajinan keramik sering kita jumpai dirumah, misalnya ibarat guci atau piring yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Termasuk dalam seni rupa murni alasannya fungsinya sebagai keindahan ruangan atau sebagai hiasan saja. Berikut pola kerajinan keramik.


Image Source: ilmuseni.com

6. Kaligrafi

Seni kaligrafi termasuk dalam salah satu jenis karya seni rupa yang menekankan keindahan yang terbentuk dari huruf yang telah dimodifikasi sehingga mempunyai nilai estetika yang tinggi. Contoh huruf yang dijadikan kaligrafi yaitu huruf Arab, huruf Jawa, huruf Jepang, dan lainnya. Berikut pola kaligrafi.


Image Source: kaligrafi--islam.com

7. Mozaik

Mozaik merupakan karya seni yang terbuat dari rangkaian potongan keramik, kerikil, atau beling yang telah disusun secara rapi. Sehingga membuat suatu hasil karya seni yang mempunyai nilai keidahan yang tinggi. Berikut pola mozaik.


Image Source: sen1budaya.com

8. Ukiran

Ukiran ialah seni memahat kerikil atau kayu untuk dijadikan suatu bentuk atau rupa yang diinginkan semoga mempunyai keindahan tersendiri. Ukiran biasanya berbentuk makhluk hidup ataupun flora dan sering dipakai untuk hiasan dinding rumah. Berikut pola ukiran.


Image Source: lihatsejenak.com

9. Fotografi

Fotografi ialah seni yang dibuat sebagai bentuk lisan dari fotografer, fungsinya sebagai ilustrasi atau hiasan pada buku, media massa, atau dicetak untuk pajangan di tembok rumah atau kantor. Contoh fotografi sebagai berikut.


Image Source: goraden.com

10. Topeng


Apa saja pola dari seni rupa murni? Topeng merupakan karya seni yang sering dijumpai di Indonesia untuk melestarikan kebudayaan leluhur. Topeng terbentuk dari plastik, kayu, plastik, kain, atau logam. Topeng sering dipakai untuk pertunjukan tari-tari tradisional. Contoh topeng sebagai berikut.


Image Source: idntimes.com

Demikian apa pola seni rupa murni yang sanggup kita temui disekitar kita. Semoga bermanfaat.