11 Dampak Samping Daun Sirsak Bagi Kesehatan

 buah berkulit duri ini tidak hanya mempunyai rasa yang enak tapi daunnya pun juga sangat  11 Efek Samping Daun Sirsak Bagi Kesehatan
Image Source: alodokter.com

Sirsak, buah berkulit duri ini tidak hanya mempunyai rasa yang enak tapi daunnya pun juga sangat istimewa. Daun sirsak memang mempunyai beberapa khasiat. Akan tetapi, Anda juga perlu mengetahui beberapa imbas samping daun sirsak bagi kesehatan. Efeknya bisa bermacam-macam dan berbahaya bagi badan Anda.

Apa imbas samping daun sirsak? Meskipun hingga dikala ini belum ada penelitian khusus yang menyampaikan bahwa daun sirsak bisa mengobati banyak sekali macam penyakit, tetapi sudah ada bukti-bukti mengenai imbas samping mengkonsumsi daun sirsak ini.

Anda harus tetap membatasi penggunaannya bila tak ingin terkena imbas samping daun sirsak. Keinginan untuk sembuh dari penyakit-penyakit yang ada dalam tubuh.

Agar lebih tahu mengenai ancaman dan imbas samping daun sirsak ini, akan membahas apakah imbas samping dari daun sirsak dengan singkat, padat, dan jelas.

:

Efek samping daun sirsak bagi kesehatan

Di samping manfaatnya, Anda juga perlu mengetahui imbas samping daun sirsak. Ada beberapa imbas samping daun sirsak bagi tubuh. Efek samping ini bisa muncul bila Anda mengonsumsi daun sirsak secara berlebihan. Berikut ini yaitu beberapa imbas samping daun sirsak bagi tubuh.

1. Mual dan muntah

Apabila Anda mengonsumsi daun sirsak khususnya dalam bentuk air rebusan dalam jumlah yang sangat banyak maka ini bisa menimbulkan Anda pribadi merasa mual. Rasa mual yang dialami ini pun seringkali memicu Anda untuk memuntahkan isi perut Anda. Hal ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada susukan cerna Anda.

2. Bisa membentuk kristal di ginjal

Efek samping daun sirsak bisa menimbulkan air seni menjadi jenuh. Air seni yang jenuh lambat laun akan membentuk kristal di ginjal. Hal ini pun akan memicu terjadinya kondisi watu ginjal yang seringkali menjadikan disuria atau sulit buang air kecil.

Oleh lantaran itu, pengonsumsian teh daun sirsak sebaiknya dipadukan dengan tanaman herbal lainnya yang bersifat diuretik. Tanaman herbal yang bersifat diuretik bisa meluruhkan air seni sehingga tidak jenuh. Beberapa tanaman herbal tersebut menyerupai jinten, adas, dan daun sembung.

3. Bisa menimbulkan diare

Daun sirsak baik yang diminum dalam bentuk air rebusan bisa menimbulkan diare. Air rebusan daun sirsak tersebut bisa menciptakan tinja Anda menjadi cair. Efek samping daun sirsak yang satu ini dilarang diremehkan.

Tubuh Anda bisa menjadi lemah lantaran akan kekurangan cairan. Apabila Anda mengalami imbas ini maka minumlah air putih lebih banyak. Apabila Anda masih lemas maka segeralah pergi ke rumah sakit atau klinik terdekat biar kehilangan cairan tubuh bisa cepat diatasi.

4. Mengalami duduk perkara pada rahim

Pengonsumsian daun sirsak yang berlebihan bisa menimbulkan duduk perkara pada rahim. Daun sirsak dalam jumlah berlebih akan menciptakan dinding rahim berkontraksi. Hal ini bisa berakibat fatal pada perempuan yang sedang hamil dan yang sedang merencanakan kehamilan lantaran meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur.

5. Meningkatkan jumlah keringat

Efek samping daun sirsak bisa meningkatkan produksi keringat. Jumlah keringat akan menjadi berlebih apabila Anda mengonsumsi daun sirsak secara berlebih. Daun sirsak akan meningkatkan suhu badan lantaran merangsang pembakaran di dalam tubuh.

Suhu badan yang meningkat akan menciptakan badan Anda merasa panas dan alhasil banyak mengeluarkan keringat tanpa Anda sadari. Sebaiknya Anda memakai pakaian yang tidak terlalu tebal biar tidak semakin menambah jumlah keringat.

Selain itu, gunakanlah kipas angin atau pendingin ruangan (AC) biar keringat bisa cepat mengering. Jika keringat masih saja deras selama beberapa hari maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

6. Menimbulkan duduk perkara jantung

Daun sirsak bisa mempunyai imbas samping yang serius yaitu bisa menimbulkan duduk perkara pada jantung. Pengonsumsian daun sirsak yang berlebih bisa memengaruhi sistem kardiovaskular Anda sehingga bisa menjadikan duduk perkara atau gangguan jantung. Oleh lantaran itu, penderita jantung sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak.

7. Menyebabkan duduk perkara neurologis dan gerakan

Efek samping daun sirsak bisa menimbulkan gangguan neurologis. Gangguan neurologis ini juga bisa berkembang pada gangguan gerakan. Selain neurologis, daun sirsak yang sering disajikan dalam bentuk teh bisa menimbulkan gangguan neurotoksisitas. Hal ini termasuk imbas samping daun sirsak yang cukup serius.

8. Menyebabkan abses di dalam tubuh

Pengonsumsian daun sirsak dalam jangka panjang baik dalam bentuk teh maupun kapsul bisa menimbulkan terjadinya abses di dalam tubuh. Infeksi yang ditimbulkan ini bisa terjadi cukup cepat. Oleh lantaran itu, janganlah mengonsumsi daun sirsak dalam jangka panjang.

9. Menghilangkan imbas antidepresan

Bagi Anda yang sedang terapi obat-obatan antidepresan lantaran sedang mengalami depresi sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi daun sirsak. Hal ini dikarenakan imbas samping daun sirsak bisa menghilangkan imbas obat antidepresan yang Anda konsumsi.

Pengobatan duduk perkara depresi yang sedang menjadi duduk perkara Anda menjadi terhambat bahkan gagal akhir pengonsumsian daun sirsak. Jadi, apabila Anda sedang minum obat-obatan antidepresan sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak.

10. Menurunkan tekanan darah

Daun sirsak sangat tidak cocok atau mempunyai kontraindikasi bagi Anda yang menderita hipotensi. Hal ini disebabkan imbas daun sirsak bisa melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi berkurang.

Apabila Anda yang sedang mempunyai tekanan darah rendah mengonsumsi daun sirsak maka bisa menciptakan kondisi hipotensi Anda menjadi semakin parah. Anda bisa menjadi semakin lemas dan lesu bahkan pingsan. Oleh lantaran itu, pastikanlah tekanan darah Anda berada dalam kisaran normal sebelum mengonsumsi daun sirsak.

11. Meningkatkan risiko penyakit Parkinson

Beberapa penelitian telah menawarkan bahwa materi kimia yang ada pada penderita penyakit Parkinson ternyata juga ditemukan di dalam daun sirsak. Hal ini pun bisa meningkatkan risiko penyakit Parkinson bagi Anda yang mengonsumsi daun sirsak secara berlebih dan dalam jangka panjang.

Penderita penyakit Parkinson pun juga dilarang satu kalipun mengonsumsi daun sirsak. Ini bisa menciptakan kondisi penderita penyakit Parkinson menjadi semakin memburuk. Oleh lantaran itu, berkonsultasilah lebih dulu dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi daun sirsak untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan.

Nah jadi itulah beberapa imbas samping yang ditimbulkan akhir mengonsumsi daun sirsak yang berlebihan. Untuk mengobati bahaya dan imbas samping daun sirsak Anda bisa pribadi konsultasi dengan dokter.

Demikian apa imbas samping rebusan daun sirsak bagi tubuh. Semoga bermanfaat.
Related Posts