6 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Memakai Obat

cara meredakan sakit kepala tanpa minum obat 6 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Menggunakan Obat
Image Source: liputan6.com

Sakit kepala yaitu penyakit yang paling lazim kita temui sehari-hari. Deretan hal yang sanggup memicu sakit kepala nampaknya tak sanggup ditebak begitu saja. Nah, ada beberapa hal yang sanggup kau lakukan untuk meredakan sakit kepala dengan segera. Cara ini mungkin sanggup kau coba biar sakit kepala tidak semakin parah.

Sakit kepala memang bukan penyakit yang serius tapi cukup mengganggu dan kebanyakan orang berusaha menyelesaikannya dengan obat. Sakit kepala tidak mempunyai jangka waktu tertentu, sanggup berlangsung kurang dari satu jam atau bahkan hingga berhari-hari.

Bagaimana cara meredakan sakit kepala? Ada banyak cara untuk mengatasi serangan sakit kepala, salah satunya dengan minum obat pereda nyeri. Namun ada pula beberapa cara alami yang juga ampuh untuk meredakan sakit kepala Anda. Tidak usah terburu-buru menghilangkan sakit kepala memakai obat-obatan.

Ada cara menghilangkan sakit kepala secara alami, berikut ini akan menunjukkan cara meredakan sakit kepala tanpa obat.

:

Cara meredakan sakit kepala tanpa minum obat

Saat kau mengalami sakit kepala, kau sanggup mengatasinya dengan cara-cara berikut:

1. Memijat Pelipis dan Melakukan Peregangan Kecil

Saat sakit kepala tegang terjadi ketika bekerja, tentu akan mengganggu fokus kamu. Sebaiknya luangkan waktu beberapa menit untuk memijat area pelipis dan melaksanakan peregangan kecil, biar otot-otot kau mengalami relaksasi dan kau sanggup kembali bekerja dengan tegang. Lakukan pula terhadap otot-otot yang kau rasa tegang, contohnya leher dan tangan.

2. Istirahat di Ruangan Gelap dan Tenang

Beristirahat sambil menutup mata di ruangan yang gelap dan sunyi sanggup membantu meredakan sakit kepala, alasannya yaitu umumnya sakit kepala peka terhadap cahaya dan suara. Di kegelapan, biarkan otot-otot yang tegang rileks dengan sendirinya. Kamu juga sanggup menikmati suasana ini sambil mendengarkan musik yang damai atau yang biasa dipakai untuk meditasi.

3. Kompres dengan Air Panas atau Es Batu

Cara ini umum dan sering dilakukan orangtua kau ketika kecil dulu. Cara ini cukup berpengaruh. Coba saja gunakan kompresan air panas untuk merelaksasi area pundak dan leher. Cara ini sanggup meredakan sakit kepalamu. Untuk sakit kepala berdenyut, gunakan es kerikil yang dibalut dengan handuk, lalu tempelkan pada dahi dan pelipis.

4. Minum Air Jahe

Bagaimana cara menghilangkan sakit kepala? Minum air jahe dianjurkan untuk menghilangkan rasa nyeri pada pecahan kepala. Tanaman herbal ini sanggup kau kombinasikan dengan materi alami lainnya, biasanya dengan adonan madu, lemon, kayu manis, daun serai, dan buka pekak. Minum air jahe ini selagi hangat.

Perlu kau ketahui bahwa hawa panas dalam kandungan jahe sanggup berbahaya jikalau kau mengalami hipertensi dan sakit kepala tegang. Minuman ini sanggup menaikkan tekanan darah dalam tubuhmu.

5. Minum Kopi Secukupnya

Mungkin terasa aneh, alasannya yaitu adakala kopi juga menyebabkan sakit kepala. Namun berdasarkan para ahli, kandungan kafein sanggup menenangkan sistem saraf yang tegang. Namun tidak dalam jumlah banyak, cukup satu gelas untuk meredakan sakit kepala.

6. Mengonsumsi Kentang Rebus

Menurut spesialis vitamin, dr. George Obikoya, kalium sanggup menjadi pereda nyeri alami, termasuk sakit kepala. Kekurangan kalium sanggup menyebabkan sakit kepala atau keluhan lainnya. Kentang mengandung kalium yang tinggi, sehingga baik untuk meredakan sakit kepalamu. Sebaiknya konsumsi kentang yang direbus, bukan digoreng.

Itulah beberapa cara sederhana yang sanggup kau lakukan ketika mengalami sakit kepala. Jika sakit kepala tak kunjung membaik segeralah konsultasi kepada dokter biar tidak semakin parah.

Demikian cara untuk meredakan sakit kepala tanpa obat yang sanggup dicoba dirumah. Semoga bermanfaat.
Related Posts