15 Perlengkapan Mandi Bayi Yang Harus Disiapkan Para Ibu Hamil Dan Tips Memilihnya

 perlengkapan mandi bayi yang harus disiapkan para ibu hamil dan tips memilihnya 15 Perlengkapan Mandi Bayi yang Harus Disiapkan Para Ibu Hamil dan Tips Memilihnya
Image Source: babyluna.id

Apa saja perlengkapan mandi bayi gres lahir? Perlengkapan mandi bayi merupakan salah satu hal yang perlu dipersiapkan oleh orang tua. Sebagai orang bau tanah yang baik, kita harus selalu merawatnya dengan baik. Perlengkapan mandi bayi yang berkualitas membantu Bunda menjaga kebersihan dan kesehatan si kecil.

Memilih perlengkapan bayi yang baik dan kondusif harus dilakukan oleh setiap orang tua, termasuk menentukan perlengkapan mandi. Perlengkapan mandi bayi memang jarang diketahui. Kegiatan mandi bayi gres lahir jadi hal yang paling dikhawatirkan ibu baru. Agar berjalan lancar, siapkan perlengkapan ini.

Pada kesempatan kali ini akan menunjukkan beberapa peralatan mandi bayi yang perlu dipersiapkan bagi para ibu hamil yang akan melahirkan. Apa saja peralatan mandi bayi?

Inilah daftar perlengkapan bayi gres lahir yang wajib kau siapkan. Karena si kecil juga perlu perlengkapan mandi bayi setiap hari semoga tak bau, dan selalu sehat ceria.

:

Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir

Apa saja alat mandi bayi yang perlu dipersiapkan? Berikut yaitu beberapa di antaranya:

1. Bak mandi bayi

Memandikan bayi kecil memang tidak mudah, terutama bila Bunda belum terbiasa. Bak mandi khusus bayi akan membantu Bunda memandikan si kecil sekaligus membuatnya merasa nyaman dikala mandi. Demi keamanan, bayi di bawah usia 6 bulan sangat disarankan untuk mandi memakai kolam mandi khusus bayi. Saat menentukan kolam mandi bayi, pastikan kolam mandi gampang dibersihkan dan terbuat dari materi yang tidak gampang berjamur.

2. Alas kolam mandi bayi

Alas kolam mandi bayi akan memudahkan Bunda dikala memandikan si kecil alasannya yaitu bayi bisa didudukkan di ganjal tersebut. Pilihlah ganjal kolam mandi yang anti-slip sehingga si kecil jadi tidak gampang tergelincir dikala dimandikan. Beberapa jenis kolam mandi sudah mempunyai ganjal khusus yang terpasang di pecahan dasarnya. Kalau kolam mandi yang Bunda siapkan belum mempunyai ganjal tersebut, Bunda bisa membeli ganjal kolam mandi ini secara terpisah.

3. Sabun dan shampoo

Bayi tentu saja tidak bisa memakai sampo dan sabun orang dewasa. Kulit bayi lebih tipis dan sensitif dibandingkan orang dewasa, sehingga zat kimia pada produk orang remaja akan menciptakan kulit bayi menjadi iritasi dan kemerahan. Produk bayi yang tidak mengandung pewarna, pewangi, ataupun alkohol, menyerupai Zwitsal Baby Bath Classic dan Zwitsal Baby Shampoo Classic, yaitu pilihan terbaik untuk si kecil.

Zwitsal mengandung materi alami untuk menunjukkan perawatan kulit bayi sesuai kebutuhan bayi yang berbeda. Beberapa materi alami yang terkandung dalam produk bayi Zwitsal di antaranya yaitu Aloe Vera, susu, madu, kemiri, dan seledri. Produk yang tersedia juga tidak hanya sabun dan shampoo, tapi juga produk perawatan lain yang membantu menjaga kesehatan si kecil menyerupai bedak, pelembab, dan krim antiruam popok.

4. Bedak

Bayi lebih rentan mengalami biang keringat. Ini alasannya yaitu pori-pori kulit bayi lebih kecil dibandingkan orang remaja sehingga lebih gampang tersumbat. Pemakaian bedak bayi sangat membantu untuk menjaga semoga kulit bayi tetap kering sehingga tidak mengalami problem biang keringat.

Bunda perlu ingat kulit bayi harus dalam keadaan kering sebelum ditaburkan bedak bayi. Jadi, bila si kecil berkeringat atau gres tamat mandi, keringkan dulu kulit bayi sebelum menaburkan bedak bayi. Bila bedak ditaburkan ketika kulit bayi masih basah, pori-pori kulit bayi justru akan tersumbat dan menimbulkan biang keringat.

5. Meja ganti popok

Saat mengganti baju dan popok si kecil, Bunda membutuhkan permukaan datar dan stabil demi keamanan dan kenyamanan bayi. Karena itu, meja khusus untuk mengganti popok akan sangat membantu Bunda. Idealnya, meja ini hanya digunakan untuk bayi. Bunda tentu tidak ingin mengganti popok bayi di atas meja makan, kan? Produk perawatan bayi juga bisa Bunda simpan dengan rapi di meja ini.

6. Perlak

Setelah memandikan si kecil, perlak sebagai ganjal berganti pakaian akan sangat memudahkan Bunda. Perlak gampang dibersihkan dan menjaga semoga meja ganti popok si kecil tetap kering.

7. Kapas

Saat mengganti popok, cara paling kondusif untuk membersihkan bokong bayi yaitu memakai kapas yang dibasahi dengan air. Kapas juga bisa Bunda gunakan untuk membersihkan mata bayi. Penggunaan kapas ini disarankan selama beberapa ahad pertama usia bayi alasannya yaitu Bunda sebaiknya tidak memakai tisu berair pada bayi yang gres lahir.

8. Baby Oil

Baby oil memang bukan produk bayi yang perlu digunakan setiap saat. Namun, baby oil bisa Bunda gunakan untuk membersihkan problem dermatitis seboroik pada kulit kepala bayi. Baby oil juga membantu Bunda membersihkan kulit bayi dari kotoran yang membandel dan sulit dibersihkan.

9. Tisu basah

Setelah si kecil berusia beberapa bulan, Bunda bisa memakai tisu berair untuk membersihkan kulit si kecil. Pilihlah tisu berair yang hypoallergenic, tanpa alkohol, dan tanpa pewangi. Faktor ini sangat penting semoga kesehatan kulit bayi tetap terjaga.

10. Handuk

Handuk untuk bayi sebaiknya terbuat dari materi yang lembut sehingga tidak menggores kulitnya dan menimbulkan iritasi. Selain itu, sebaiknya handuk berukuran cukup besar untuk membungkus badan bayi sehingga bayi tidak merasa kedinginan. Kini tersedia pula handuk bayi dengan tudung kepala, sehingga kepala bayi pun tertutup semoga bayi tetap merasa hangat. Jangan lupa, sebelum digunakan untuk pertama kalinya, handuk harus dicuci terlebih dahulu ya, Bun.

11. Waslap

Waslap digunakan untuk menyeka badan bayi dikala mandi sehingga memudahkan Bunda membersihkan pecahan yang sulit dibersihkan menyerupai lipatan tubuh. Seperti handuk, waslap juga harus terbuat dari materi yang lembut untuk kulit bayi. Bunda bisa menentukan waslap berbentuk sarung tangan sehingga lebih gampang digunakan dikala memandikan bayi.

12. Gunting kuku

Walaupun masih kecil, bayi mempunyai kuku mungil yang tajam. Kalau Bunda tidak memotong kuku si kecil, bisa-bisa ia menggaruk kulitnya dan menimbulkan iritasi, luka, atau problem kulit lainnya. Karena itu, gunting kuku untuk bayi yaitu salah satu perlengkapan mandi bayi yang tak boleh terlewat. Saat menggunting kuku bayi, Bunda harus memakai gunting kuku khusus bayi yang berukuran kecil dan tidak terlalu tajam sehingga lebih aman.

13. Sisir bayi

Bayi mungil yang tidak mempunyai banyak rambut memang tidak membutuhkan sisir bayi. Tapi bila bayi Bunda mempunyai rambut, lebat atau tidak, rutin menyisir rambut bayi membantu mencegah rambut kusut dan menjaga rambut bayi tetap higienis dan sehat. Dikarenakan kulit kepala bayi masih sangat lembut, sebaiknya hindari sisir untuk orang remaja yang bergigi rapat dan tajam. Gunakan sisir bayi yang berujung lingkaran dan bergigi jarang. Bunda juga bisa menentukan sisir bayi berbentuk sikat yang lembut.

14. Mainan

Dengan mainan yang tepat, waktu mandi akan jadi waktu yang menyenangkan sekaligus waktu untuk menunjukkan stimulasi yang bermanfaat untuk bayi. Bahkan, mainan menyerupai angsa karet atau cangkir plastik kecil bisa memberi stimulasi baik bagi si kecil dikala mandi. Tentunya Bunda harus menentukan mainan yang tahan air, ya.

15. Pengaman keran bathtub

Kalau Bunda memandikan si kecil dalam bathtub, Bunda sebaiknya memasang pengaman khusus pada keran bathtub. Perlengkapan bayi ini memang tidak secara pribadi digunakan oleh bayi dikala mandi. Namun, perlengkapan ini sangat dibutuhkan untuk keamanan bayi dengan cara mencegah kepala bayi terbentur keran bathtub.

Selain perlengkapan mandi bayi di atas, ada pula beberapa perlengkapan lain yang tidak mutlak diharapkan tapi bisa Bunda siapkan pula bila mau. Misalnya, termometer mandi bayi untuk memastikan bahwa air mandi si kecil tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Meski demikian, perlengkapan menyerupai ini tidak harus Bunda miliki alasannya yaitu bisa digantikan dengan peralatan lain yang lebih praktis.


Tips Memilih Perlengkapan Mandi Bayi

Tentu saja, menentukan perlengkapan mandi bayi harus dilakukan dengan memperhatikan beberapa faktor, di antaranya:

1. Aman untuk bayi

Pastikan perlengkapan mandi bayi terbuat dari materi yang kondusif untuk bayi. Misalnya, kolam mandi sebaiknya terbuat dari materi polypropylene plastic yang tidak beracun. Hindari kolam mandi bayi yang terbuat dari plastik daur ulang yang tidak disarankan untuk bayi. Faktor komposisi dan materi perlengkapan mandi bayi ini juga berlaku dikala Bunda menentukan produk perawatan bayi menyerupai sabun dan shampoo.

2. Dibuat khusus untuk bayi

Kebutuhan bayi tentu tidak sama dengan kebutuhan orang dewasa. Jadi, untuk perlengkapan mandi bayi, Bunda sebaiknya memakai perlengkapan yang memang didesain untuk bayi. Misalnya, kolam mandi bayi tidak bisa disamakan dengan bejana biasa. Walaupun sama-sama menampung air untuk mandi, tapi bejana biasa tidak dirancang untuk menunjukkan keamanan dan kenyamanan bayi dikala mandi. Jadi, Bunda sangat disarankan untuk memandikan bayi dengan kolam mandi bayi, dan bukan dengan bejana biasa.

3. Fitur suplemen bagi keamanan bayi

Faktor ini terutama harus diperhatikan dikala Bunda membeli barang menyerupai kolam mandi dan gunting kuku. Misalnya, dikala membeli kolam mandi, Bunda bisa menentukan kolam mandi yang dilengkapi materi anti-slip sehingga tidak akan bergeser atau tergelincir di lantai kamar mandi. Lalu dikala menentukan sampo bayi, fitur tidak pedih di mata menyerupai yang dimiliki oleh Zwitsal Baby Shampoo jadi faktor penting.

4. Harga dan merek perlengkapan mandi bayi

Merek populer dan harga yang mahal bukan jaminan barang yang berkualitas. Karena itu, jangan jadikan merek dan harga tinggi sebagai faktor penentu dikala Bunda membeli perlengkapan bayi. Bunda bisa mencari ulasan dari beberapa perlengkapan mandi bayi menyerupai kolam mandi atau mainan secara online untuk memastikan kualitasnya.

Rekomendasi dari sahabat dan keluarga juga bisa jadi panduan Bunda untuk menentukan perlengkapan mandi bayi. Bunda harus menyesuaikan harga perlengkapan mandi bayi dengan anggaran yang Bunda miliki. Bunda tak perlu membeli perlengkapan bayi yang harganya di luar kemampuan dan kebutuhan Bunda, ya.

Perlengkapan mandi bayi yang berkualitas akan memudahkan Bunda dikala memandikan si kecil, sekaligus menunjukkan kenyamanan dan keamanan pada bayi. Waktu mandi pun menjadi dikala menyenangkan yang menunjukkan stimulasi nyata untuk bayi.

Demikian apa saja perlengkapan mandi bayi yang harus disiapkan buat para ibu hamil. Semoga bermanfaat.
Related Posts