3 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Perubahan yang terjadi pada badan ibu hamil mempengaruhi banyak kebiasaan beraktivitas seh 3 Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil
Image Source: dik.my.id

Perubahan yang terjadi pada badan ibu hamil mempengaruhi banyak kebiasaan beraktivitas sehari-hari. Salah satunya yaitu posisi tidur. Posisi tidur ibu hamil dihentikan dianggap perkara sepele. Janin yang membesar sanggup menciptakan posisi tidur ibu menjadi serba salah. Terlebih perut yang akan terus membesar.

Perut yang kian membesar tentu saja sanggup menciptakan kesulitan untuk tidur. Bagaimana posisi tidur ibu hamil muda yang paling baik dan kondusif pun akan muncul. Selama kehamilan, Anda mungkin menemukan diri bolak-balik di kawasan tidur mencoba banyak sekali posisi nyaman untuk benar-benar terlelap. Sayangnya, posisi tersebut masih belum diketahui oleh para ibu hamil.

Bagaimana cara posisi tidur yang baik untuk ibu hamil? Maka dari itu, penting dicatat perihal posisi tidur sempurna ketika hamil. Dengan posisi yang tepat, Anda (ibu hamil) akan tidur lebih lelap dan nyaman. Tapi kabar baiknya, ada beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dan sanggup Anda coba untuk mendapat waktu istirahat yang maksimal.

Bagaimana posisi tidur yang baik bagi ibu hamil muda? Memilih posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda memang tidak mudah. Ada 3 posisi yang harus Anda tahu. Berikut posisi tidur untuk ibu hamil yang perlu diketahui.


Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

1. Posisi tidur telentang

Jika Bunda masih nyaman untuk tidur telentang, tidak mengapa. Menurut dr. Gde, hingga usia kehamilan 20 hingga 26 minggu, posisi tidur telentang masih boleh dilakukan.

Saat kandungan kian membesar, posisi tidur telentang memang tidak disarankan lagi. Pasalnya, posisi tidur telentang akan memperlihatkan tekanan ekstra pada aorta dan vena cava inferior, pembuluh darah yang merentang di sepanjang punggung untuk membawa darah dari jantung ke sekujur kaki

2. Tidur miring ke kiri

Salah satu cara posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda yang paling disarankan yaitu posisi tidur miring. Hal ini sanggup meningkatkan jumlah darah dan nutrisi menuju plasenta dan janin. Tidak mengherankan kalau para jago banyak yang menyarankan untuk memakai posisi untuk ibu hamil.

Jika Bunda memiliki keluhan menyerupai sesak napas ketika hamil muda, sanggup menentukan tidur dengan posisi miring atau pun tidur dengan punggung disangga bantal.

3. Posisi setengah duduk

Dikutip dari laman Alodokter, posisi lain yang sanggup membantu ibu hamil lebih nyaman ketika tidur yaitu dengan posisi tidur dengan kepala dan punggung atas disangga bantal. Posisi ini sanggup membantu ibu hamil yang mengalami nyeri ulu hati yang mengganggu.

Kondisi  nyeri ulu hati pada ibu hamil  ini sering dipicu oleh hormon progesteron yang merelaksasi otot antara lambung dan kerongkongan (esophagus) sehingga asam lambung dan makanan sanggup berbalik ke esophagus kembali.

Hal lain yang sanggup membantu Bunda untuk mendapat posisi tidur yang nyaman ketika hamil muda, gunakan banyak bantal di sekitar kawasan tidur. Pilih bantal yang lembut biar kepala, tangan, kaki dan punggung sanggup mendapat posisi paling nyaman.

Nah, itulah beberapa hal yang penting diperhatikan untuk mendapat kualitas tidur yang baik selama kehamilan. Dengan posisi tidur yang tepat, dibutuhkan Ibu sanggup tidur dengan nyaman tanpa mengganggu bayi didalam kandungan.

Demikian bagaimana cara posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.