5 Cara Merawat Bunga Mawar Biar Bunganya Banyak Dan Kekal Segar


Image Source: hobitanaman.com

Bunga mawar dikenal sebagai ratunya para bunga. Karena kelopak bunga mawar memang mempunyai bentuk yang sangat indah dan aromanya yang juga khas. Bagi yang menyukai tumbuhan hias menyerupai bunga mawar.

Namun, tidak jarang banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat bunga mawar supaya tetap indah bunga dan tidak cepat mati. Oleh alasannya ialah itu bagaimana cara merawat bunga mawar yang benar?

Bagaimana tips dan cara menanam bunga mawar? Bagaimana cara merawat bunga mawar biar tidak layu? Yuk simak dibawah ini.

Banyak dibaca:

Berikut Cara Merawat Bunga Mawar Yang Benar

1. Pemberian Sinar Matahari

Bunga mawar haruslah mendapat sinar matahari yang cukup. Sebaiknya tumbuhan mawar harus ditempatkan di kawasan yan terkena sinar matahari sepanjang hari. Hal tersebut mempunyai kegunaan untuk membantu dalam proses forosintesisnya supaya sanggup berjalan dengan baik.

2. Pemberian Pupuk

Bunga mawar juga harus diberi pupuk sesuai dengan kebutuhannya. Pupuk yang baik untuk dipakai pada bunga mawar ialah pupuk sangkar yang berasal dari kotoran hewan.

Namun bila anda kesulitan mendapat pupuk kandang, anda sanggup memakai pupuk NPK yang mengandung unsur nitrogen, fosfor, dan kalium.

Tapi perlu diingat pinjaman pupuk terlalu sering pada bunga mawar, justru sanggup menciptakan bunga mawar cepat kering dan alhasil mati.

3. Penyiraman

Cara merawat bunga mawar selanjutnya ialah dengan menyiram secara rutin. Jika cuaca panas, anda sanggup menyiram 2 kali sehari ketika pagi dan sore hari. Tetapi bila cuaca hambar dan demam isu hujan, sebaiknya cukup siram 1 kali sehari ketika pagi hari.

Selain itu, ketika demam isu hujan sebaiknya tidak membiarkan bunga mawar terkena air hujan secara lansung. Maka siramlah dengan penyemprot bunga. Sebaiknya juga rutin melaksanakan penyemproan pestisida supaya mawar tahan terhadap kutu tanaman.

4. Penyemprotan

Penyemprotan insektisida atau fungisida supaya bunga mawar tidak terjangkit hama. Karena bila sudah terjangkit hama, pertumbungan mawar akan terhambat dan alhasil mati.

Anda sanggup melaksanakan penyemprotan minimal sebulan sekali dan jangan lupa untuk membersihkan tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar bunga mawar.

5. Memotong Bunga

Langkah terakhir yaitu dengan memotong tangkai bunga mawar yang mulai mengering. Gunakan gunting stek batang yang bersih. Anda juga sanggup secara rutin memotong tangkai bunga mawar untuk menghasilkan tunas gres yang akan tumbuh lebih baik daripada sebelumnya.

Demikian klarifikasi diatas perihal bagaimana cara merawat bunga mawar biar tumbuh subur. Semoga bermanfaat!
Related Posts