6 Penyebab Diabetes Melitus Yang Dianggap Sepele


Image Source: tribunnews.com

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja baik renta atau muda. Penyakit diabetes yaitu kondisi metabolisme tubuh yang tidak normal sehingga menimbulkan kadar glukosa darah dan urin meningkat akhir metabolisme tubuh yang tidak normal tadi sehingga produksi hormon insulin terhambat.

Hormon insulin sangat penting, sebab untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Banyak faktor yang menjadi penyebab diabetes sehingga menciptakan seseorang menderita penyakit ini. Faktor penyebab diabetes bisa berupa dari teladan makan ataupun gaya hidup yang salah. Lalu, apa penyebab penyakit diabetes melitus? Faktor apa saja yang mengakibatkan diabetes melitus?

Berikut ini beberapa faktor penyebab diabetes melitus dari kebiasaan sehari-hari.

Banyak dibaca:

Penyebab penyakit diabetes melitus

1. Teh manis

Apa yang mengakibatkan penyakit diabetes melitus? Teh anggun merupakan penyebab munculnya diabetes melitus sebab kandungan gula dan kalori dalam teh sangat tinggi sehingga menimbulkan kadar gula naik. Dalam segelas teh anggun mengandung 250-300 kalori, sedangkan kebutuhan kalori dalam tubuh orang cukup umur 1.900 kalori tergantung acara yang dilakukan. Sedangkan kalau biasanya mengonsumsi nasi dan lauk pauk, maka kalori dalam tubuh kita berlebihan yang sanggup menciptakan penyakit diabetes melitus muncul.

2. Kurang tidur

Penyebab penyakit diabetes melitus selanjutnya yaitu kurang tidur. Dampak dari kurang tidur sanggup mengakibatkan metabolisme terganggu. Menurut penelitian yang dilakukan University of Chicago bahwa, kurang tidur selama 3 hari menjadikan kemampuan tubuh untuk memproses glukosa dalam tubuh menurun secara drastis risiko sehingga penyakit diabetes meningkat. Selain kurang tidur mengonsumsi makanan kalori tinggi saat akan tidur juga sanggup memicu kadar gula naik.

3. Stres

Ternyata stres juga bisa menjadi penyebab munculnya diabetes melitus. Ketika sedang stres tubuh akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol. Jika stres terus menerus dilakukan maka sangat berbahaya bagi penderita diabetes melitus. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter kalau stres tersebut tidak hilang.

4. Sering mengonsumsi minuman soda

Apa yang mengakibatkan tanda-tanda diabetes melitus? Selain stres, terlalu sering minum minuman bersoda juga sanggup meningkatkan risiko diabetes melitus. Menurut penelitan The Nurses’ Health Study II bahwa terlalu sering minum minuman bersoda sanggup meningkatkan berat tubuh dan risiko penyakit diabetes melitus. Kandugan pelengkap dan asupan kalori cair akan gampang menciptakan penyakit diabetes melitus sanggup muncul.

5. Mengonsumsi pil kontrasepsi

Peneyeb penyakit diabetes melitus selanjutnya yaitu penggunaan pil kontrasepsi. Menurut penelitian Divisi Metabolik Endokrinologi RSCM, kerja pil kontrasepsi berlawanan dengan kerja insulin. Karena kerja insulin dilawan, pankreas akan bekerja lebih keras untuk memproduksi insulin. Apabila terus dibiarkan, pankreas tidak akan berfungsi dengan baik. Sehingga sanggup menjadi penyebab diabetes.

6. Malas berolahraga

Apa penyebab diabetes melitus? Malas berolahraga juga sanggup memicu timbulnya penyakit diabetes. Jika tubuh kita kurang bergerak maka timbul penyakit gres yaitu obesitas yang timbul sebab selalu makan makanan yang berlemak dan berkalori tinggi. Untuk itu sebaiknya lakukan olahraga teratur 3-4 kali dalam seminggu kurang lebih 30 menit semoga kadar gula dalam tubuh sanggup terkontrol.

Demikian faktor apa saja yang mengakibatkan diabetes melitus. Semoga bermanfaat.
Related Posts