6 Teladan Seni Rupa Terapan Yang Dipakai Sehari-Hari


Image Source: seruni.id

Pada kehidupan sehari-hari kita selalu hidup berdampingan bersama dengan seni salah satunya seni rupa. Dalam penerapannya, seni rupa banyak yang belum diketahui masyarakat apalagi belum mengerti perihal apa yang dimaksud karya seni rupa.

Banyak yang beropini bahwa seni merupakan barang yang hanya sebagai pajangan dinding saja. Padahal seni mempunyai jenis-jenisnya, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Kedua jenis seni itu mempunyai perbedaan yaitu kalau seni rupa murni biasanya hanya dinikmati keindahannya saja, sedangkan seni rupa terapan lebih mementingkan fungsinya saja.

Agar lebih paham lagi mengenai perbedaan tersebut, akan diberikan beberapa contoh seni rupa terapan. Lalu, apa pola seni rupa terapan?

:

Contoh seni rupa terapan

1. Anyaman


Image Source: sahabatnesia.com

Apakah pola seni rupa terapan? Anyaman merupakan salah satu hasil karya dari seni kriya. Anyaman terbuat dari serat alami atau juga sanggup serat sintetis yang dirakit sedemikian rupa. Serat alami yang dipakai misalnya bambu, rotan, serabut kelapa dan akar pepohonan yang dikeringkan sedangkan serat sintetis misalnya plastik atau serat buatan. Benda-benda yang dianyam berguna dan mempunyai nilai estetika yang tinggi, misalnya keset, sapu, dingklik anyaman rotan, keranjang, dan lain-lain.

2. Batik


Image Source: seruni.id

Batik sudah banyak dikenal sebagai ciri khas bangsa Indonesia dan sudah dikenal di manca negara. Batik merupakan hasil karya seni yang sudah diakui tubuh Internasional ibarat UNESCO sebagai warisan budaya leluhur. Batik yaitu jenis seni tradisional dalam seni terapan yang dibuat dari kain dan pewarna semoga membuat penampilan yang menarik.

3. Kerajinan keramik


Image Source: ilmuseni.com

Kerajinan keramik yaitu contoh seni rupa terapan dari tanah liat yang sudah ada semenjak zaman dahulu. Kerajinan keramik selain dinikmati keindahannya, juga sanggup dipakai sebagai perabotan dirumah dan dipakai sehari-hari. Kerajinan keramik ini terbuat dari tanah liat yang sudah yang sudah diproses kemudian dibuat sesuai kebutuhan kemudian dibakar. Contoh kerajinan keramik diantaranya gerabah, porselin, genteng rumah, guci, vas, celengan, dan sebagainya.

4. Kerajinan logam


Image Source: cdninstagram.com

Kerajinan logam biasanya terbuat dari logam dan merupakan contoh dari seni rupa terapan. Kerajinan logam dipakai insan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu pekerjaan rumah dan sanggup dipakai juga sebagai hiasan ruangan. Contoh kerajinan keramik antara lain bejana, perhiasan, daerah minum, peralatan rumah tangga, dan lain-lain.

5. Seni ukir


Image Source: lihatsejenak.com

Seni ukir yaitu karya seni yang sudah usang di ciptakan dan bertahan hingga ketika ini. Media yang dipakai seni ukir ini yaitu kayu atau batu. Dalam pembuatannya seni ukir membutuhkan kreativitas dan keahlian memahat yang baik semoga menghasilkan sebuah karya seni ukir yang bernilai seni tinggi. Contohnya dingklik ukir, patung, almari, hiasan dinding, dan lainnya.

6. Kerajinan kulit


Image Source: warungkita.net

Di Indonesia kerajinan kulit sangat banyak dijumpai, alasannya yaitu kerajinan kulit sangat di gemari masyarakat lokal maupun mancanegara yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Sebutkan pola seni rupa terapan kerajinan kulit? Contoh kerajinan kulit antara lain sabuk, jaket, sepatu, topi, dan lainnya.

Demikian beberapa pola seni rupa terapan yang sanggup kita jumpai dikehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.