Bacaan Ijab Kabul Paling Lengkap Beserta Terjemahannya

 Akad nikah dalam bahasa arab artinya pengucapan ijab kabul  Bacaan Akad Nikah Paling Lengkap Beserta TerjemahannyaCopyright

Bacaan Akad Nikah - Akad nikah dalam bahasa arab artinya pengucapan ijab kabul (Qobul) pernikahan dengan memakai bahasa arab. Walaupun tidak diharuskan memakai satu bacaan tertentu. Akan tetapi, semua kalimat yang dikenal masyarakat sebagai kalimat ijab kabul pernikahan maka status nikahnya sah.

Melafalkan ijab kabul dalam pernikahan tentu akan menjadi momen yang sakral sekaligus momen yang mendebarkan terutama untuk calon pengantin pria. Karena dalam melafalkan ijab kabul sang pengantin laki-laki harus dengan lancar dan tegas dalam pengucapannya.

Selain itu, momen ini mungkin saja hanya akan terjadi sekali dalam seumur hidup. Sehingga tidak jarang akan menciptakan orang menjadi gugup ketika akan menghadapi prosesi ijab kabul.

Prosesi ijab kabul sendiri dapat dibilang sebagai prosesi serah terima dari orang renta perempuan yang hendak melepaskan putrinya untuk dinikahkan dengan sang pengantin pria. Sehingga Ijab kabul ini diucapkan oleh ayah dari pengantin perempuan dan juga pengantin prianya. Namun apa bacaan janji nikah?

Apa bacaan pernikahan atau ijab kabul? Apa bacaan pernikahan yang benar? Yuk simak dibawah ini.

:

Berikut Bacaan Akad Nikah Lengkap Beserta Terjemahannya


Image Source: bimbinganislam.com

1. Bacaan Ijab Kabul dalam bahasa indonesia

Bacaan yang diucapkan oleh wali atau ayah dari pengantin perempuan (ijab):
SAUDARA/ANANDA (nama pengantin pria) BIN (nama ayah calon pengantin pria) SAYA NIKAHKAN DAN SAYA KAWINKAN ENGKAU DENGAN (nama pengantin perempuan) BINTI (nama ayah pengantin perempuan) DENGAN MASKAWINNYA BERUPA (sebutkan mas kwainnya), TUNAI.

Bacaan yang diucapkan oleh pengantin laki-laki (qobul):
SAYA TERIMA NIKAHNYA DAN KAWINNYA (nama pengantin perempuan) BINTI (nama ayah dari pengantin perempuan) DENGAN MASKAWINNYA YANG TERSEBUT DIBAYAR TUNAI.

2. Bacaan Ijab Kabul dalam bahasa arab

Bacaan yang diucapkan oleh wali atau ayah pengantin perempuan (ijab)

Bacaan yang diucapkan oleh pengantin laki-laki (qobul):

Demikian klarifikasi diatas wacana bacaan pernikahan lengkap beserta terjemahannya. Semoga bermanfaat!
Related Posts