Cara Gampang Menciptakan Lampion Dari Botol Bekas

 Tiap tahun gres Imlek masyarakat Chinesee atau Tionghoa biasanya sering merayakan tahun b Cara Praktis Membuat Lampion Dari Botol Bekas
Image Source: bacaterus.com

Tiap tahun gres Imlek masyarakat Chinesee atau Tionghoa biasanya sering merayakan tahun barunya dengan meriah, salah satunya menciptakan lampion. Dan lampion ini majemuk bahanya, kali ini  memberikan tips cara menciptakan lampion dari botol bekas.

Sering kita jumpai botol plastik bekas di kawasan sampah. Botol tersebut menumpuk dan menambah kuantitas sampah. Nah, daripada dibuang mending dipakai sebagai kerajinan yang bermanfaat ibarat lampion. Bagaimana cara menciptakan lampion dari botol bekas?

Sebelum kita membahas cara menciptakan lampion dari botol bekas, ada baiknya kita sedikit berkenalan sejenak dengan sejarah lampion, yuk!

Singkatnya, lampion diyakini bermula pada zaman Dinasti Han Timur Kuno yang bangkit pada tahun 25-220 masehi. Biasanya lampion ini berwarna merah dengan lampu di dalamnya sehingga tampak menyala.

Sejarah Lampion Lentera kasa yakni lentera yang umum dipakai di China. Lentera kasa yakni lentera yang umum dipakai di China. Menurut legenda lentera dipakai bahu-membahu dikala Kaisar Langit murka akhir orang desa membunuh belibis kesayangan-Nya.

Ok. lanjut cara menciptakan lampion dari botol bekas.

Cara dan materi yang dipakai cukup memakai barang-barang bekas yang tidak dipakai lagi di sekitar Anda misalnya botol bekas. Cara membuat, lapisi botol selai dengan kertas krep, gunakan lem, pisau atau cutter, pewarna, dan lainnya.

Lampion sekarang dapat dibuat dengan barang bekas yang tidak dipakai lagi. Yuk simak cara menciptakan lampion sederhana dari botol bekas berikut ini.

:

Cara menciptakan lampion dari botol bekas

Bagaimana cara menciptakan lampu lampion dari botol bekas? Jika dahulu lampion dibuat dari kerangka bambu, sekarang lampion dapat dibuat dari segala macam benda, salah satunya botol bekas. Jika ingin menerapkan cara menciptakan lampion dari botol bekas yang mudah, kumpulkan dahulu alat dan materi yang dibutuhkan.

Bahan-bahan

  • Pisau atau cutter yang tajam. 
  • Tang.
  • Botol air mineral bekas berukuran 600 ml. 
  • Baterai lampu LED berdaya baterai dengan bentuk apa saja, tetapi yang paling ideal yakni bentuk lilin. 
  • Kawat dengan ukuran pendek.

Cara membuat

Bila semua alat dan materi sudah lengkap, silakan mengikuti langkah-langkah menciptakan lampion dari botol bekas berikut ini:
  1. Bilas botol sampai higienis dan lepas label botol tersebut.
  2. Potong bab bawah botol membentuk sebuah celah dengan panjang sekitar 1 ½ inci. 
  3. Ratakan biar penggalan tersebut lebih halus, alasannya yakni memotong dengan pisau akan banyak meninggalkan resistensi. 
  4. Potong di kedua sisi garis sekitar 1 ½ inci. 
  5. Potong sedikit saja sehingga penggalan tersebut tidak terlihat. 
  6. Jika Anda memotong semuanya, maka botol tersebut akan berlubang dan jadi tidak menarik. 
  7. Bor pada bab tengah tutup botol (Buat lubang biar kawat dapat masuk). 
  8. Masukkan kawat ke dalam lubang kemudian tekuk bab atas kawat (agar lampion dapat digantung) dengan tang. 
  9. Rapatkan tutup botol tersebut biar lampion tidak tergelincir. 
  10. Letakkan lampu LED yang sudah diisi dengan baterai di dalam botol. 
  11. Masukkan lampu melalui celah yang sudah di bawah botol. 
  12. Nyalakan lampu LED, tarik kembali tangan Anda dari dalam botol, dan lampion dari botol bekas siap digantung dimana saja!
  13. Jika Anda mempunyai kreativitas Anda dapat menambahkan hiasan pada botol tersebut. Hasilnya ibarat dibawah ini.

 Tiap tahun gres Imlek masyarakat Chinesee atau Tionghoa biasanya sering merayakan tahun b Cara Praktis Membuat Lampion Dari Botol Bekas

Jadi, gampang bukan cara menciptakan lampion dari botol bekas ini? Sehingga dapat dijadikan tumpuan dan dapat mengurangi sampah plastik dimasyarakat.

Demikian bahan dan cara menciptakan lampion dari botol bekas. Semoga bermanfaat.
Related Posts