Cara Menciptakan Tas Dari Tali Kur Yang Lagi Musim Kini Ini

 Indonesia memang sangat kaya dengan budaya dan kerajinan Cara Membuat Tas Dari Tali Kur yang Lagi Trend Sekarang Ini
Image Source: caramudah.com

Indonesia memang sangat kaya dengan budaya dan kerajinan. Hampir setiap tempat di negara Indonesia mempunyai kerajinan. Saat ini kerajinan tas dari tali kur sedang menjadi tren di kalangan masyarakat, terutama kaum hawa. Motif dan warna yang bervariasi menjadi ciri khas tersendiri sehingga menarik perhatian.

Tas yang dibuat dari tali kur cocok dikenakan dalam banyak sekali acara, mulai dari program formal ataupun acara-acara lainnya. Akhir-akhir ini jenis tas yang terbuat dari rangkaian tali yang disebut juga talikur ini semakin banyak dan populer.

Ada banyak produk yang terbuat dari tali kur, mirip dompet, gelang kalung dan tas, lalu bagaimana cara menciptakan tas dari tali kur? Cara menciptakan tas tali kur motif bunga, jagung, sisir, dan banyak lagi motif lainnya. Di artikel ini juga ada materi dan cara menciptakan tas dari tali kur secara lengkap.

:

Cara menciptakan tas dari tali kur

Bahan-bahan

  • Tali kur, pilih warna sesuai dengan selera kamu.
  • Gunting, dipakai untuk memotong tali kur.
  • Korek api, dipakai untuk menyambung tali kur.
  • Retlesting dengan ukuran sesuai dengan tas yang akan kau buat.
  • Bahan, dipakai untuk bab dalam tas.
  • Benang dan jarum, dipakai untuk menyulam materi pada bab dalam tas.

Langkah membuatnya

1. Coba perhatikan gambar dibawah. Ambilah dua buah tali kur dengan panjang 2 meter. Ambil bab tengah tali sebagai acuannya. Kemudian lipat menjadi dua. Sehingga akan menjadi empat bab mirip pada gambar. Anggap saja baris tali tersebut diibaratkan nomor 1 – 4 (nomor 1 dari ujung kiri).

Image Source: sahabatnesia.com

2. Langkah berikutnya yakni ambil tali nomor 4 dan tarik ke belakang dan mengarah ke kiri menuju tali nomor 1.

Image Source: sahabatnesia.com

3. Setelah itu letakkan tali nomor 1 di belakang tali nomor 4. Coba perhatikan gambar dibawah.

Image Source: sahabatnesia.com

4. Kemudian ambil tali nomor 1 dan kunci dengan cara memasukkan tali nomor 1 pada lubang tali yang dibuat oleh tali nomor 3 dan 4.

Image Source: sahabatnesia.com

5. Selanjutnya tali nomor 1 di arahkan ke arah kiri, lalu gunakan tali nomor 4 untuk mengunci dengan cara melipatnya ke arah kanan dan memasukannya ke lubang belakang.

Image Source: sahabatnesia.com

6. Langkah berikutnya tarik berpengaruh tali tersebut dan jadilah satu kepala pada sebagian dasar. Kemudian buatlah dasar kepala dengan jumlah yang genap biar tas seimbang antara kanan dan kirinya. Semakin besar tas yang ingin kau buat, maka akan semakin banyak pula dasar kepala yang harus kau buat.

Image Source: sahabatnesia.com

7. Kemudian untuk menyambung kepala menjadi satu rangkaian. Caranya persis sama hanya saja dua kepala yang dirangkai harus dijadikan dua utas untuk bab kanan dan dua utas untuk bab kiri pada dasar kepala yang berbeda.

Image Source: sahabatnesia.com

8. Berikutnya, buatlah model rangkaian bawah tas biar akhirnya akan lebih cantik dan juga elegan. Berinovasilah sebaik mungkin, biar tas yang kau buat mempunyai harga jual yang sangat tinggi.

Image Source: sahabatnesia.com

9. Jika kau pada tahapan ini, kau sudah berhasil dalam melaksanakan teknik dasar dalam proses pembuatan tas tali kur ini. Selanjutnya tinggal kau teruskan saja hingga selesai.

Image Source: sahabatnesia.com

Itulah langkah awal menciptakan tas dari tali kur, mungkin kalau masih belum paham Anda dapat simak video dibawah ini.



Demikian cara dan langkah menciptakan tas dari tali kur yang dapat Anda coba dirumah. Semoga bermanfaat.