Doa Masuk Dan Keluar Masjid, Beserta Hadist Anjurannya


Image Source: flickr.com

Sebagai umat islam kita di anjurkan untuk berdoa dikala ingin melaksanakan sesuatu perbuatan, salah satunya dikala masuk kedalam masjid dan keluar masjid. Karena masjid merupakan daerah beribadah umat islam terutama untuk melaksanakan sholat.

Oleh alasannya yakni itu, dikala ingin keluar masuk dari masjid, lebih baik untuk untuk membaca doa masuk dan doa keluar masjid terlebih dahulu. Tidak hanya untuk masjid membaca doa ini juga sanggup dikala keluar masuk mushola dan laga alasannya yakni merupakan daerah ibadah juga. Lalu apa doa hendak masuk dan keluar masjid?

Apa doa masuk dan keluar masjid sesuai sunnah? Apa doa masuk dan keluar masjid arab latin dan artinya? Yuk simak dibawah ini.

:

Berikut Doa Masuk Dan Keluar Masjid Beserta Hadist Anjurannya

1. Doa Masuk Masjid



اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bacaan Latin:
"ALLAHUMMAF TAHLII ABWAABA ROHMATIK."

Artinya:
"Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu."

2. Doa Keluar Masjid



اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Bacaan Latin:
"ALLAHUMMA INNII ASALUKA MIN FADLIK."

Artinya:
"Ya Allah, sebenarnya saya memohon keutamaan dari-Mu."

3. Hadist Anjurannya

Berikut ini yakni hadist wacana tawaran membaca doa dikala masuk dan keluar masjid sebagai mana terdapat dalam hadits Abu Sa’id radhiyallahu'anhu:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya:
"Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, 'Allahummaftahlii abwaaba rahmatik' (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: 'Allahumma inni as-aluka min fadhlik' (Ya Allah, saya memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)." (HR. Muslim 713)

Demikian klarifikasi diatas wacana doa masuk dan keluar masjid yang lengkap. Semoga bermanfaat!